Senin, 02 April 2012

Saya Bangga Kuliah di UNISSULA!!!


Ya… saya bangga kuliah di Unissula! Angkuh sekali ya kelihatannya. Tapi itulah yang saya rasakan. Sekali lagi, saya bangga kuliah di Unissula. Tidak peduli seberapa banyak orang yang memandang sebelah mata. Tidak peduli seberapa banyak orang meremehkan. Ada yang memandang remeh karna Unissula bukanlah Universitas Negeri. Ada pula yang memandang sebelah mata karna letak geografis Unissula yang ada di ‘pinggiran Semarang’. Sekali lagi, saya tidak peduli!
Saya tidak pernah keberatan kalau saya dianggap ‘kurang pintar’ sehingga tidak bisa diterima di Universitas negeri. Toh kenyataannya saya memang tidak terlalu pintar, bisa dibilang bodoh malah. Tapi saya amat tidak terima kalau orang – orang meremehkan Unissula hanya karna embel – embel ‘negeri’ yang tak dimilikinya. Hei, tahukah kalian… saya memiliki banyak teman yang kualitas intelektualnya saya yakin amat berani bersaing dengan mereka – mereka yang diterima di universitas negeri paling terkemuka di Semarang sekalipun. Ah, saya kira mereka bahkan bisa saja lebih unggul.
Tulisan ini saya buat insyaallah sama sekali bukan dengan niat menyombongkan Unissula, atau mencibir pihak lain. Saya hanya ingin mengungkapkan ganjalan hati saya yang merasa ada banyak ketidakadilan ‘pandangan’ atas kami yang kuliah ‘hanya’ di universitas swasta. Padahal, bukankah sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak yang bisa kuliah di universitas negeri semata karna ia memiliki materi lebih?! Bukan lantas ia benar – benar ‘unggul’.
Saya bangga kuliah di Unissula. Unissula menjadi perantara bagi banyak sekali hidayah di hidup saya. Allah menggerakkan hati saya untuk menutup aurat sebagaimana mestinya saat saya ada di Unissula. Saya bertemu dan mengenal banyak sekali wanita sholihah yang tidak disibukkan dengan perkembangan mode yang kian membabibuta saat saya ada di Unissula. Saya mendapat ilmu dunia yang disandingkan dengan ilmu akhirat saat saya ada di Unissula.
Ya, bagi saya yang awam ilmu agama Unissula adalah samudra hikmah. Bagi saya yang masih jauh dari berakhlak mulia, Unissula merupakan cahaya hidayah yang berpendar menyejukkan. Tidak seperti universitas umum seperti umumnya, yang konon memiliki pengaturan jam mata kuliah yang menerjang waktu – waktu sholat merupakan hal yang amat biasa. Di Unissula, sholat berjamaah di galakkan. Jika di beberapa universitas umum masih ada beberapa pihak yang mengintimidasi wanita – wanita berjilbab, maka di Unissula berpakaian sesuai syari’at sangat di anjurkan. Kalaupun toh akhirnya ada yang tetap tidak sholat meski jam kuliah sudah di atur amat bersahabat, bukankah itu pilihan masing – masing individu?! Kalaupun toh ada yang tetap ‘berjilbab tapi telanjang’ bukankah itu pun juga pilihan?! Ketika jalan menuju kebaikan sudah di buka lebar – lebar, bahkan didukung serta di anjurkan, tapi ada beberapa orang yang tetap keras kepala memilih ‘jalan lain’, bukankah itu sudah menjadi urusan masing – masing orang?!
Saya bangga kuliah di Unissula! Tidak peduli seberapa banyak orang meremehkannya. Bukankah sudah sejak lama manusia amat pintar membuat ukuran – ukuran keduniawian yang keterlaluan. Menganggap nilai A adalah pintar, dan nilai D adalah memalukan, tanpa pernah mempedulikan bagaimana cara mereka mendapatkan. Ah, tapi bukankah memang hanya Allah yang Maha adil menilai kedudukan setiap orang?!
Terakhir, ijinkan saya menekankan… KEBERKAHAN ILMU amat jauh lebih penting diatas segalanya, dibanding sekedar memperhatikan sebuah universitas memiliki embel – embel negeri atau bukan. Dan ‘negeri’ atau ‘swasta’ tak pernah menjadi variabel yang mempengaruhi berkah atau tidaknya sebongkah ilmu.
Mohon samudra maaf atas khilaf, jika ada kata – kata yang dirasa terlalu pedas.
Wallahu a’lam Bishowwab…

Rosa
Pancur, 25 Maret 2012
**terinspirasi obrolan via sms dg seorang teman

5 komentar:

  1. Aku pernah ke sana, Ca. Pas nganterin adek mau ujian masuk kuliah. Ga kerasa udah 4 tahun yang lalu, hehe. :D Tempatnya adem ya, dan nyaman. Ada aturan harus pakai jilbab juga untuk tamu.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)