Senin, 10 Agustus 2015

Resep Martabak Manis

Hari sabtu kemarin, mumpung di rumah dan lagi kangeeenn banget pengen masak -- setelah beberapa minggu sama sekali ga bisa masak karna tangan sakit -- saya bikin martabak manis. Sebenernya udah ke-4 kali ini sih nyoba bikin martabak manis. Yang pertama gagal total alias bantet total. Haha. Yang kedua, lumayan, tapi kurang yummy gimanaaa gitu. Yang ketiga bantet lagi.

Yah, memang salah satu kelemahan saya, saya tuh enggak disiplin banget nakar-nakar bahan sesuai dengan resep. Jadi suka asal cemplang-cemplung gitu. Resikonya ya ituu... berhasil/enggaknya tergantung mujurnya nasib. Haha

Yang kemarin Insya Allah saya lumayan bener nakarnya. Jadi, bisa lah buat rujukan. Hihi

Okay, saya bagi resepnya di sini, yaa...

Bahan-bahan:
125 gram tepung terigu
3 sendok makan gula pasir
1 butir telur
1 sendok makan margarin, dicairkan
1/2 sendok teh fermipan
1/2 sendok teh backing powder
Garam secukupnya
Air secukupnya 9saya kurleb pake 3/4 gelas belimbing) *bingung gak loh :p*
Vanili secukupnya

Bahan Toping:
Margarin secukupnya
1 Sachet susu kental manis putih
meses coklat secukupnya

Cara membuat:
Campurkan tepung, gula, fermipan, vanili dan garam. Masukkan telur yang sudah dikocok lepas. Aduk-aduk, lalu masukkan air perlahan-lahan, lalu kocok dengan mixer 3-4 menit. Kemudian masukkan margarin yang sudah dicairkan, lalu kocok dengan mixer kembali. *Ohya, mixernya kayaknya harusnya lebih dari 5 menit. Saya ga nyampe 5 menit soalnya mixer malah tiba-tiba konslet cobaakk, jadi hasilnya sarangnya kurang sempurna*. Nah, setelah di mixer, diamkan adonan selama kurleb 30 menit. Setelah 30 menit, tinggal dituang deh ke teflon. Tunggu sampai muncul banyak gelembung, lalu tutup. Ohya, jangan lupa apinya keciillll aja ya. Setelah matang, tinggal dikasih toping deh :)

Nah, ini penampakan hasil martabak manis saya kemarin:

Siap lahap :D

Ini waktu proses memasak, tuh kan banyak lubangnya. Kayaknya itu salah satu tanda2 keberhasilan :D
Bahagiaaaaa banget kalo berhasil gini :))


Ponakan saya yang paling lahap banget makannya :D

Selamat mencobaaaa :))

12 komentar:

  1. Saya sukaaa banget sama jajanan yang satu ini Mbak. Ih sayang banget alat dapur saya belum lengkap. Misal nggak dimixer pasti bantet deh ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga dikasih rizki biar untuk beli mixer ya mbak :)

      Hapus
  2. tapi itu keliatannya udah enak kok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, alhamdulillah emang udah enak sih :)

      Hapus
  3. aku kalo bikin kadang kurang bersarang mbak hehehe, tapi kalo sering praktek pasti nanti jadi bagus ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, saya awal2 juga bantet tet tet. haha

      Hapus
  4. ahhhhh enak dan legit abis ni kalo masuk mulutku hihiiii

    BalasHapus
  5. horeeee berhasilllll prok prok prok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamaaatttt karna sudah mempraktekkan dan berhasil :)

      Hapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)