Cerita Pengalaman Pertama Ikut Kuliah Online Berbayar

on
Sabtu, 30 Maret 2019


Sekitar setahun terakhir ini, istilah kuliah online semakin menjamur. Baik yang gratis maupun yang berbayar.

Saya pernah beberapa kali ikut kuliah online melalui WA yang tidak berbayar alias gratisan. Hasilnya? Zonk, sih. Bukan karna materinya gak bagus. Tapi karna saya gak serius menyimak materi kuliahnya. Saya belum menganggap serius majelis ilmu bernama kulian online melalui WA itu.

Berdasarkan pengalaman tersebut, saya hampir gak pernah kepikiran mau ikut kulian online berbayar. Takutnya saya tetap gak bisa serius, kan sayang yaaa. Udah bayar, eh gak dapet apa-apa!

Waktu lihat IG Ummu Balqis dan sekolah onlinenya yang bernama @bengkeldiri, saya langsung pengen ikut banget. Karna sadar akhlak dan pengetahuan agama masih compang-camping. Tapi ya itu tadi, maju-mundur, karna bayarnya juga gak bisa dibilang murah untuk ukuran dompet saya.

Berbulan-bulan, keinginan itu saya tunda. Sampai di penghujung tahun 2018, dengan semangat ingin menjadi pribadi yang jauh lebih baik di 2019, akhirnya Bismillah saya mendaftar.

Pengalaman Pertama Ikut Kuliah Online Berbayar

Ternyata ikut kuliah online gratisan dan berbayar, beda sekali rasanya bagi saya.

Apa bedanya?

Mengeluarkan uang sebesar 250 ribu -- yang menurut saya cukup besar -- memberikan efek psikologis yang cukup signifikan untuk saya.

Wah, saya udah ngeluarin uang nih. Jadi harus niat, biar gak rugi. Begitu kira-kira.

Saya menyimak semua materi dengan (cukup) baik. Juga mengerjakan semua tugas (iya, kuliah online juga ada tugasnya) yang diberikan sebagai syarat kelulusan (iya ada lulus dan gak lulus juga, hehe).

Dan apakah kuliah online dengan biaya segitu cukup worth it?

Kalo untuk Bengkel Diri (karna saya ikutnya baru Bengkel Diri aja), worth it sekali!

Uang 250 ribu mah kalo di dompet mungkin dua minggu juga udah gak ada bekasnya ya. Nah ini, 250 ribu dikasih ilmu segitu banyak, seminggu 2x selama 2 bulan.

Efektifkah Kuliah Online?

Kalo untuk saya yang agak susah fokus kalo disuruh duduk diem dengerin penjelasan dosen di kelas, menurut saya kuliah online sangat efektif. Dengan syarat, kitanya bener-bener niat dan menyimak.

Karna apa?

Kuliah online Bengkel Diri ini kuliahnya diberikan melalui grup WA, yang penyampaiannya berupa slide penjelasan materi, dan voice note. Jadi kalo pas gak mudeng atau terdistraksi sesuatu, bisa banget diulang lagi penjelasannya, tanpa kita harus malu karna ketauan gak fokus. Hehe.

Kendalanya?

Karena tau materi bisa didengarkan dan diulang kapan saja, jujur saya jadi agak menggampangkan ketika jam kuliah tiba.

Apalagi jam kuliahnya jam 8 malam, yang mana seringnya saya udah ngantuk dan kebablasan tidur ketika ngelonin Faza.

Dari sesi awal sampai akhir perkuliahan, kayaknya saya gak pernah menyimak materi tepat saat jam kuliah. Hehe.

Satu lagi, tugas kuliah. Dulu aja masih single dan belum punya tanggungan apa-apa, tugas kuliah sering nunggak kan? Lhah apalagi sekarang! Haha. Tapi Alhamdulillah akhirnya bisa terselesaikan semua sih.

Kapok gak ikut kuliah onlien berbayar?

Enggak sama sekali. Insya Allah saya sudah ada rencana untuk mengikuti beberapa kuliah online berbayar lagi. Salah satunya Bengkel Diri 2 (kelas lanjutan). Lagi berusaha nata-nata jadwal nih.

Pokoknya semangat cari ilmu gak boleh padam yaaa meski kita sudah gak di usia sekolah lagi  :)

Ada yang pernah ikut kuliah online juga? Cerita dong gimana pengalamannya ^_^
5 komentar on "Cerita Pengalaman Pertama Ikut Kuliah Online Berbayar"
  1. Saya juga pernah mbak ikutan pelatihan online berbayar. Agak kecewa sih Karen bayar ratusan ribu ternyata materinya hanya “kulit luar”. Tapi kalau bengkel diri ini saya lihat di ig tertarik karena banyak materinya ya. Next mgkin bisa sharing rincian materinya apa aja mbak 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener kak, aku juga pernah ikut kelas online ternyata materi yg dibahas cuma secara umum. terus gak dibuat grup diskusi pula. Agak kzl wkwk

      Hapus
  2. Saya pun dari kemarin kepikiran kuliah online. Kuat nggak ya saya?

    BalasHapus
  3. akuu.. ikutan indonesiax. tapi cuma ditonton aja materinya,tugasnya ga dikerjain. ya karena ituu... gratisan ��

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature