Kamis, 11 Februari 2016

5 Manfaat Penting Mengenakan Jaket Motor dalam Berkendara

dr. Google
Dalam berkendara menggunakan sepeda motor, terdapat beberapa komponen yang harus dipersiapkan. Apalagi jika Anda hobi melakukan touring yang menempuh perjalanan jauh. Disaat melakukan kegiatan tersebut, maka jaket motor touring merupakan salah satu perangkat berkendara yang wajib di gunakan. Ada beberapa brand jaket motor berkualitas merk FOX, KTM, Alpinestar, Dainese yang memiliki kualitas yang bagus sehingga sesuai untuk berkendara dan dikenakan dalam perjalanan dekat maupun jauh. Sehingga memakai jaket tak hanya sekedar untuk melindungi diri dari panas ketika di siang hari ataupun hanya sekedar bergaya semata. Pilihan tersebut pun memang menjadi salah satu manfaat penting dalam berkendara, akan tetapi terdapat pula sisi fungsi lainnya.

Ada beragam sisi fungsi dari sebuah jaket terlebih yang memang dikhususkan bagi pengendara bermotor. Yang mana fungsi tersebut menjadikan manfaat besar, antara lain ialah:

     Lebih menjaga tubuh dari suhu udara sekitar, entah itu saat sedang dingin ataupun panas.
     Melindungi tubuh dari udara sekitar yang dapat membahayakan kesehatan.
     Melindungi diri dari polusi udara dan debu lainnya dalam perjalanan.
     Cocok dipilih sebagai jaket pelindung tubuh, layaknya sebuah helm yang melindungi kepala.
     Memberikan bentuk perlindungan pada tubuh lebih optimal ketika berkendara.

Terdapat beragam keuntungan lebih dari penggunaan jaket motor. Terlebih pemakaian jaket tersebut tak hanya berlaku bagi mereka para racer saja, namun juga semua pengguna kendaraan bermotor terutama dalam menempuh perjalanan yang cukup. Tetapi, tak sedikit pula pihak-pihak yang belum menyadarinya dikarenakan suatu alasan. Bahkan ada pula yang sengaja tak memilih jaket khusus tersebut dikarenakan harga yang lebih mahal. Padahal, tarif tersebut memang mendukung atas kualitas dari produk jaket itu.

Keuntungan menggunakan jaket tersebut akan lebih maksimal bilamana diimbangi adanya pemilihan yang tepat. Untuk memilih jaket itupun ada beberapa caranya, seperti dengan berikut ini:

     Pilih jaket berdasarkan ukuran yang sedang saja, tak kebesaran ataupun terlalu limit.
     Ketahui ketebalan dari jaket tersebut.
     Pastikan di bagian siku terdapat pelindung extra.
     Pilih warna yang lebih cerah karena yang gelap dapat beresiko tak terlihat saat berkendara di malam hari.
     Pastikan bahwa jaket tersebut memiliki sisi pelindung yang lebih optimal, sedari bagian leher hingga pinggang.
     Pilih model jaket yang mudah untuk Anda pakai dan juga nyaman.
     Pastikan bahwa jaket tersebut memiliki bentuk-bentuk perawatan yang mudah.

Jaket khusus yang diperuntukkan bagi pengendara bermotor memang mempunyai desain yang berbeda dan lebih melindungi diri atas pengguna bersangkutan. Dari sini dapat diketahui bahwa model jaket motor tersebut lebih ditujukan demi perlindungan dan keselamatan pengguna selama dalam perjalanan. Seperti contohnya dari udara dan suhu sekitar yang dapat membahayakan tubuh karena saat sedang berkendara suhu sekaligus udara terasa lebih dingin, entah itu di waktu pagi, siang hingga malam sekalipun. Meskipun lebih melindungi, jaket ini juga didesain agar lebih memberikan kenyamanan bagi tiap-tiap penggunanya. Selain jaket sebagai pelindung tubuh, pengendara juga wajib menggunakan helmfull face yang berkualitas agar keselamatan Anda selalu terjaga dengan baik selama perjalanan.

5 komentar:

  1. Kalau ngebut dan lagi ga pakai jaket, rasanya ga enak, nyesek. Nice!!

    BalasHapus
  2. aku sukaaa jaket kulit :D

    BalasHapus
  3. Selain unik juga memiliki nilai jual yang tinggi..
    tuhu pedes

    BalasHapus
  4. yang paling penting sih pake jaket itu buat kesehatan soalnya kalo kena angin langsung saat berkendara nggak baik buat paru - paru + bisa masuk angin :D

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)