Kamis, 09 Oktober 2014

Resep Kroket Ekonomis dan Praktis :D

Karna saya pengen nulis tapi bingung mau nulis apa, jadi saya nulis resep aja, ah! Hehe

Emm, sebelumnya mau cerita dikit. Kemarin sore temen kuliah yang biasa saya panggil Kak Tari BBM saya. Dia bilang tertarik untuk mencoba resep Pizza Magic com yang sudah beberapa kali saya praktekkan. Tanyanya detaaiilll sekali. Hihi. Sepertinya masak juga butuh rasa percaya diri ya ternyata. Bahkan meskipun masak untuk kita makan sendiri, tetep harus ada rasa percaya bahwa kita bisa agar akhirnya benar-benar berani mengeksekusi.

Sekarang saya mau berbagi resep kroket suka-suka a la saya. Maksudnya, resepnya mungkin akan banyak perbedaannya dengan resep standar di blog-blog resep profesional. Seringnya sih saya kurangi bahan-bahan yang sekiranya susah di cari, atau saya pas nggak punya. Yah, namanya juga suka-suka :p

Oke, cekidot ;)

Bahan Utama:
3 Butir kentang, rebus
200gr Tepung terigu (saya nggak yakin sih kemarin saya bener2 pake 200gr. Pokoknya biar sekiranya bisa kalis aja lah. Huehehe)
3 sdk makan margarin
1 sdk makan susu bubuk putih
garam secukupnya
gula sedikit saja (silahkan kira-kira sendiri sesuai selera :p)
Mrica secukupnya
1 butir telur
Tepung panir secukupnya

Bahan Isi:
3 batang wortel (yg agak panjang)
1sdk makan maizena
1 siung bawang merah, 1 siung bawang putih - rajang halus
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Mrica secukupnya
Air

Cara membuat kulit:
Haluskan kentang yang telah direbus. Lalu campurkan semua bahan yang telah tersedia, kecuali telur dan tepung panir. Uleni adonan tersebut hingga benar-benar tercampur rata dan kalis. Tambahkan air seperlunya agar adonan terlalu kaku. Jika sudah kalis, sisihkan.


Cara membuat isi:
Potong-potong wortel menjadi potongan dadu kecil-kecil. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, kemudian masukkan potongan wortel. Kemudiantambahkan bumbu-bumbu yang lainnya, serta tuangkan air secukupnya. Biarkan hingga wortel lunak. Setelah wortel matang (lunak), tambahkan tepung maizena. Setelah mengental, matikan kompor.

Eksekusi akhir:
Ambil satu sendok makan adonan kulit. Pipihkan adonan tersebut di tangan, kemudian beri sedikit adonan isi di tengahnya. Setelah itu bulatkan adonan tersebut hingga adonan isi tidak terlihat. Ulangi sampai adonan habis. Setelah semua adonan sudah berubah menjadi bulatan-bulatan, masukka satu per satu ke dalam telur yang sudah di kocok kasar dan di taruh di mangkuk, lalu gulingkan ke dalam tepung panir yang telah di taruh di piring, kemudian adonan siap di goreng, lalu disajikan :D


FYI, masakan saya yang sudah mendapat pujian dari kakak ipar saya yang selama ini pelit sekali memuji tuh baru dua, pizza dan kroket ini. hehe.

Selamat mencoba :))

6 komentar:

  1. Balasan
    1. trus sambil minum teh hangat atau kopi mbak :))

      Hapus
  2. Yummy.... ternyata mudah juga ya bikin kroket. Cuma selama ini aku gak pede bikin adonan sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok dipraktekin mbak... gampang kok.. anti gagal :D

      Hapus
    2. Ada jaminan gak kalo anti gagal ? :p

      Hapus
    3. Insya Allah anti gagal ikaa :))

      Hapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)