Kamis, 04 Desember 2014

#KajianPagi: Posisi Sujud Yang Benar

Bismillah...

Di blogpost kali ini, Insya Allah saya ingin membahas satu dari bermacam gerakan dalam sholat, yaitu sujud.

Sujud adalah salah satu bagian paling istimewa dalam sholat. Yah, semuanya istimewa sih, ya... tapi kalo ada yang teristimewa, mungkin adalah sujud.

Buktinya ada hadist ini:

"Dekatnya seorang hamba kepada Tuhannya adalah ketika dia sujud. Maka perbanyaklah doa" (HR. Muslim, Abu 'Awamah dan Baihaqi)

Selain hadist di atas, dari segi filosofi juga sujud rasanya istimewa sekali, yah. Bayangin aja... kita dengan sukarela meletakkan bagian tubuh yang sering jadi hal yang kita banggakan (otak dan wajah) di lantai yang biasa kita injak-injak. Buat siapa? Buat Yang Maha Segalanya, dong, ya :)

Nah nah... berhubung sujud itu istimewa sekali, pastinya nggak mau dong ya kalo sujud kita asal-asalan. Ingat, sujud itu bagian dari ibadah, dan setiap ibadah ada aturannya -- nggak asal :) Emang apa sih yang harus dipelajari dari sujud? Kan cuma gitu-gitu aja?! Eits, jangan gampangin, ya... Yuk belajar bareng hal-hal yang harus kita perhatikan dari sujud kita.

1. Menuju Sujud

Saat dari posisi berdiri (setelah ruku') menuju sujud, ada hal yang harus kita perhatiin banget nih ternyata. Jadi kata Pak Ustadz Muhtar Arifin Sholeh (narasumber Kajian Pagi YBWSA), yang sampai di lantai duluan tuh nggak boleh lutut duluan -- melainkan harus telapak tangan duluan. Hayooo, pasti banyak deh yang masih lutut duluan yang sampai lantai :)

Nih hadistnya:

"Apabila kamu sujud, maka jangan meletakkan lutut terlebih dahulu seperti unta, namun letakkan kedua telapak tangan sebelum kedua lutut" (Hadist shahih diriwayatkan Ahmad, Abu Daud)

2. Posisi tangan

Saat sujud, tangan juga harus diperhatikan. Siku nggak boleh nempel di lantai.

Terus, nggak boleh terlalu dekat dengan lambung (tangannya harusnya agak membuka).

“Beliau mengangkat kedua lengannya dan melebarkannya sehingga jauh dari lambungnya, sampai kelihatan ketiak beliau yang putih dari belakang.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Tapi kata Pak Ustadz, dalam hal ini ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Kalo perempuan diperbolehkan agak masuk karna untuk menyangga dadanya. Tapi beliaunya nggak nunjukin dasar dalilnya sih :(

3. Wajah

Sujudnya yang tulus, ya, dear... jangan kayak orang terpaksa dan jijik gitu. Lihat deh, kalo orang sujud terus yang nempel cuma keningnya, sedang hidungnya dijauhin dari tempat sujud, kesannya kayak orang nggak ikhlas, kan, ya?! Iya, jadi yang bener hidung itu harus nempel lantai saat sujud.

"Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menempelkan dahi dan hidungnya ke lantai…” (HR. Abu Daud, Turmudzi dan dishahihkan Al Albani

4. Posisi Kaki

Posisi kaki yang benar saat sujud adalah dengan menghadapkan jemari kaki ke arah kiblat, atau lebih gampangnya, jari-jari kaki harus ditekuk.

 “Beliau menghadapkan punggung kakinya dan ujung-ujung jari kaki ke arah kiblat.” (HR. Al Bukhari dan Abu Daud)

Selain itu, posisi tumit harus nempel, ya, dear... jangan jauh-jauhan. hehe

 “Beliau merapatkan kedua tumitnya (ketika sujud).” (HR. At Thahawi dan Ibn Khuzaimah dan dishahihkan Al Albani)

5. Saat Bangun

Yang juga nggak kalah penting dan harus kita perhatikan adalah posisi saat bangun dari sujud untuk berdiri ke rakaat selanjutnya. Saat bangun dari sujud, kita harus bertumpu dengan kedua telapak tangan lho, dear... bukan satu tangan doang :)

Selain itu, saat di rakaat ganjil harus istirahat duduk dulu, enggak langsung berdiri. (Hihi, ini nih saya yang masih sering salah berarti)

6. Thuma'ninah

Ahaa... sebagai penutupnya, point yang juga sangaaatt penting adalah harus thuma'ninah! Sering kan ya kita lihat orang yang sujudnya cepet banget. Kayaknya belom juga dahi beneran nempel di lantai, eeehh udah bangun aja. Hehe. Masih inegt hadist di point 1 tadi, kan? Sujud itu salah satu kondisi dimana kita dekeeettt banget sama Allah. Masa' iya sih kita rela membiarkan moment istimewa itu berlalu begitu saja dengan kilat khusus (Pos kaliii) tanpa dinikmati sedikitpun? So, yuk nikmati sujud kita dengan thuma'ninah saat sujud :)

"Bersujudlah sehingga engkau berthuma'ninah dalam sujud, dan bangunlah dari sujudmu, sehingga engkau berthuma'ninah dalam duduk" (Muttafaqun 'alaih)

Kata Pak Ustadz, sujud itu momentum dimana kita terus diingatkan ulang untuk tawadhu'/tidak sombong. Yang Maha Tinggi itu Allah, bukan kita :)

Maka, yuk perbaiki sujud kita, lalu perbanyak doa di dalamnya. Semoga Allah menggenapkan segala hajat kita dengan Rahmat-Nya, Aamiin :)

Sekian materi kajian pagi yang bisa saya share di sini. Feel free buat komentar, diskusi, ataauuu yang paling penting feel free buat mengoreksi jika memang ada yang salah dari apa yang saya ulas di atas, ya. Saya masih belajar, ilmunya baru setebal kulit bawang, jadi pasti banyak banget salahnya :)

Wallahu A'lam Bisshawwab

6 komentar:

  1. Kebetulan membahas sujud. Sujud itu yang menyentuh lantai lutut atau telapak tangan. kalau nggak salah aku pernah baca di internet, tangan duluan. Cuma kemarin mendengarkan pengajian kok lutut duluan. ada hadits shohih yang membahas hal ini nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy udh dua kali ikut kajian dg tema yg sama (soal sujud).. dua2nya sih menerangkan bahwa yg benar itu tangan dulu... tp wallahu a'lam :)

      Hapus
  2. Yang jelas, ilmu agama gak bisa ngambil dari internet begitu aja, harus punya guru dan pembimbing. Saya juga gak bisa berkomentar, karena saya juga masih belajar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap, betul mbak, ga bisa belajar agama cm lewat google :)

      Hapus
  3. iya nih penting banget lohh...

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)