Kamis, 25 Desember 2014

Mengisi Masa Liburan Dengan Kegiatan Positif

"Libur tlah tiba, libur tlah tiba... hore, hore, hore, horee..."

Yippiii... libur 4 hari buat saya yang kerja terkekang waktu (karna buat pengusaha yang konon waktunya lebih fleksibel) itu lumayan banget, kan, ya?! Selain saya, ponakan saya yang kelas 2 SD juga libur sekolah karna bertepatan dengan setelah tes semester.

Kalo diinget-inget pas jaman sekolah dulu, kalo libur panjang baru mau mulai tuh seneeeeng banget, kan, rasanya? Tapi setelah libur berjalan beberapa hari, jenuh perlahan menghinggapi. Tiap hari isinya cuma nonton tiviiiii terus, sampe Ibu sebel lihatnya. Tapi sayangnya, dulu jaman saya kecil, saya belom punya kesadaran dan kemampuan untuk mencari kegiatan yang bermanfaat buat mengisi liburan. Ibu dan kakak saya juga saat itu wawasannya belom terbuka soal itu.

Nah, belajar dari masa kecil saya itu, saya nggak pengen ponakan saya - Andien - juga mengalami hal serupa. Waktu luang yang sama sekali tanpa manfaat. Saya pengen dia punya kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, tapi tanpa menghilangkan unsur kebahagiaan masa kecilnya.

Pagi ini, di hari libur pertama saya dan hari liburnya Andien yang entah ke berapa (saya nggak tahu persisnya, hehe) , saya ngajak Andien mengasah kreatifitasnya dengan membuat kerajinan dari kain flanel. Dan, wow... ternyata kemampuan dia untuk itungan anak kelas dua SD sudah lumayan banget lhoh, asal saya kasih contoh dan membimbingnya sabar. hehe. Sepagian sudah menghasilkan beberapa bros flanel, yang katanya mau dijual ke temen-temennya. haha

Setelah bosen bikin bros, saya ajak dia baca buku cerita. Kebetulan dia masih punya satu buku cerita tentang Nabi Muhammad yang saya beliin pas ulang tahun dan belom dibaca. *Omaigad, kecil-kecil sudah jadi penimbun buku! Gimana gedhenya? haha*. Sementara dia baca buku ceritanya, saya juga nggak mau kalah dong... baca novelnya Tere Liye yang judulnya Rindu (pinjeman dari temen, hehe).



Kalo saat ini, sayanya ngeblog, dia maen game. hehe. Susah banget, ya, jaman sekarang kalo mau bener-bener melepaskan daya tarik gadget dari anak-anak. Tapi saya pikir gak masalah lah, asal proporsional waktunya. Emm, besok pagi rencananya sih kami mau bersepeda bareng keliling desa menghirup udara segar, sembari memanjakan mata dengan pemandangan sawah yang menghijau.

Kalo kamu, apa kegiatan positif untuk mengisi masa liburanmu?

6 komentar:

  1. Saya sepakat Kebetulan anak saya sedang liburan yang cukup panjang hingga tanggal 5 Januari 2015 mendatang. Mengajak anak liburan ke Perpustakaan bagi kami seperti sudah menjadi tradisi yang tidak boleh dilewati setiap kali liburan panjang sekolah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh... sepertinya menarik ya pak, liburan ke perpustakaan... boleh dicoba sepertinya... saya belom pernah soalnya. hehe

      Hapus
  2. Daripada maen game, mending diajarin bikin cerita. Nah ceritanya kamu posting di blog. Siapa tahu bisa jadi penulis nantinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emm, sepertinya ide yang patut dicoba... terima kasih :)

      Hapus
  3. Anakku juga gadget addict, Mak. Apalagi, liburan ini doi khitan, praktis kudu stay at home mulu, dan ngegameee allll day long. Kalo gak dlm kondisi khusus, doi sukanya main2 sama temen2 siyy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi...anak-anak sekarang ya mak... kayaknya udah gak ada anak-anak yang bahagia kalo bisa main tanah atau lumpur sekarang :D

      Hapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)