Rabu, 13 Mei 2015

Food Combining, Siapa Takut? :D

Hari senin lalu, saya entah kesambet apa, tiba-tiba tertarik baca-baca tentang food combining atau biasa disingkat FC. Saya udah pernah dengar dan tahu sekilas sih tentang FC sebelumnya, cuma belum pernah tertarik buat baca-baca lebih lanjut artikel-artikel terkait FC itu. Dulu tiap mau baca pasti udah dijegal sama pikiran nakal saya, 'ah, makan aja ribet banget!' Haha

Dua mingguan terakhir ini saya dikejutkan sama beberapa kabar tentang sakitnya orang-orang sekitar saya yang cukup bikin tercengang. Puncaknya ketika mbah putri saya yang tinggal satu-satunya harus dilarikan ke Rumah Sakit di pagi buta gara-gara tiba-tiba muntah darah banyaaakk banget. Ternyata gula darahnya melejit, lalu jantung dan paru-parunya bengkak. Nggak heran sih, soalnya beliau memang selama ini 'nggak doyan' air putih. Jadi minumnya selalu yang manis-manis -- teh, kopi, susu. Duh!

Ketika beliau di RS, saya sempat kebagian jatah buat nungguin beliau. Dan saya ngeri. Ngeri melihat betapa banyak orang yang tergeletak tak berdaya karna sakit. Nggak cuma yang usianya sudah tua, yang muda pun banyak! Miris membayangkan betapa banyak hal yang harus dilewatkan begitu saja karena sakit. Iya sih sakit itu salah satu 'media' yang Allah kasih untuk menggugurkan dosa-dosa kita. Tapi setahu saya, kita tetap wajib berusaha untuk menjaga kesehatan, kan?


Saya sadar selama ini saya bisa dibilang belum bisa dibilang telah berusaha menjaga kesehatan. Olahraga nggak pernah. Makan seenak jidat. Itu dua bukti nyata saya masih cuek sama nikmat sehat yang Allah anugrahkan. Padahal, awal 2015 ini saya punya resolusi untuk menjadi lebih sehat. Apa gunanya resolusi tersebut saya tulis kalau toh nggak ada action nyata untuk mewujudkannya?

Nah, mungkin ini adalah petunjuk dari Allah (saya percaya nggak ada yang kebetulan) ketika saya tiba-tiba tertarik baca-baca tentang FC di blog Mbak Jihan -- yang lalu berlanjut dengan kepo ke beberapa artikel lain bertema serupa. Saya sepakat banget, hampir 90% penyakit rasanya memang datangnya dari 'perut'. Banyak fakta tentang itu yang saya lihat langsung. Maka, dengan mengucap Bismillah, sejak hari Selasa, 12 Mei kemarin, saya mulai mempraktekkan apa yang saya baca soal food combining.
berbaca.com
Saya mungkin nggak akan jadi penganut FC garis keras sih. Yang ringan-ringan saja dulu. Hehe. Diawali dengan sarapan buah pepaya (saja). Ini udah lompatan yang sangat lumayan bagi saya. Karna sebelumnya setiap bangun tidur yang saya cari adalah nasi. Dan iya lho, sama sekali nggak perih. Dan saya jadi nggak ngantuk. Padahal biasanya saya selalu ngantuk di pagi hari. Ohya, selain sarapan buah, saya juga minum air hangat plus jeniper (jeruk nipis peras). Ngeriiii sih awalnya. Apa iyaa nggak perih??!!! Tapi bener ternyataaa... lagi-lagi sama sekali nggak perih! Malah rasanya perut jadi nyaman dan badan lebih bugar. Meskipun memang berat sih emang makan nasi cuma sepiring sehari. Huhu. Bukan, bukan fisik saya yang merasa keberatan, tapi hati saya. Saya cinta banget sama nasi. Haha.
Alhamdulillahnya, saya ketemu sama artikel tentang FC seperti yang ditulis sama Mbak Jihan itu. Beliaunya nggak saklek dan ekstrim kasih penjelasannya, jadi saya nggak jiper duluan. Pelan-pelan aja, semampunya dulu. Nggak papa minum susu atau ngemil coklat, TAPI sekali-sekali saja. Hanya sekedar sebagai makanan rekreasi. Coba kalau saya ketemu artikel FC yang langsung 'mengharamkan' susu, eskrim, dll. Wuiihh, yakin saya nggak akan pernah minat nyicipin nih teori. Haha. Emm, ohya, saya juga belom bisa makan sayur mentah -- kecuali yang sudah umum dimakan mentah.

Saya tahu sih usaha saya ini belum seberapa. Tapi setidaknya saya sudah memulai. Karna konon, yang paling berat itu memulai. Dan yang lebih berat lagi itu mempertahankan. Iya, saya nggak tahu saya akan kuat berapa lama :D. Yang saya tahu, saya merasa sudah saatnya lebih serius menjaga kesehatan. Emm, dan saya masih punya PR besar: olahraga!

7 komentar:

  1. dalam sehari makan makanan yang warna warni..hihiii jadi kepikir buah dan sayur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, buah dan sayur tuh makanan paling nikmaaattt :))

      Hapus
  2. Makasih mak infoY.. saya juga lagi penasaran sama FC. Ntar deh ta meluncur ke blogY
    .

    BalasHapus
  3. terimakasih infonya bos
    http://ramuantradisionalkita.com/pengobatan-tradisional-kanker-serviks/

    BalasHapus
  4. pingin nyoba mbak untuk suami saya. tapi selalu lupa untuk cari lemon.

    BalasHapus
  5. Pengen juga nyobain Food Combining :)

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)