Sabtu, 07 November 2015

Menjaga Kondisi Badan dengan Rutin Mengonsumsi Buah

Alhamdulillah, hujan sekali-dua kali sudah mulai hadir, ya. Meskipun teriknya siang masih cetar. Nah, cuaca seperti ini seringkali bikin badan jadi gak enak. Saat ini panas banget, beberapa jam berselang angin berhembus dingin. Kalau gak pinter-pinter jaga kondisi, badan pasti akan drop. Mriang ga karuan.

Dulu, saya termasuk orang yang kurang tahan sama perubahan cuaca. Apalagi jika orang-orang di sekitar saya juga daya tahannya kurang bagus. Klop lah. Tepar sama-sama. Hehe

Tapi alhamdulillah tahun ini saya merasakan perbedaan yang cukup signifikan pada daya tahan saya. Beberapa waktu lalu, banyak sekali orang di sekitar saya yang terkesan batuk dan pilek. Dan alhamdulillah daya tahan tubuh saya masih bisa melawannya.

Lalu apa kira-kira yang membuat daya tahan tubuh saya jadi jauh lebih baik? Kalau menurut saya, mungkin karna beberapa bulan ini saya rutin mengonsumsi buah. Dulu, makan buah bagi saya hanya hiburan, jauh dari kata sadar bahwa ia merupakan kebutuhan. Sekali-sekali saja. Terlebih lagi saya mendapat tambahan ilmu belum lama ini, bahwa waktu terbaik mengonsumsi buah adalah saat perut dalam keadaan kosong, agar kita bisa mendapatkan manfaat maksimal atas buah yang kita makan.



Saya jadi semakin sadar bahwa pengetahuan dan kesadaran tentang makanan sehat, signifikan sekali dampaknya pada perbaikan kondisi kesehatan. Dulu salah satu alasan saya enggan rutin membeli buah adalah karna merasa buah itu mahal. Tapi mainset itu ternyata salah. Salah besar. Mahal tidaknya tetap bisa kita sesuaikan dengan kantong. Kalau kita membeli buah lokal, apalagi yang sedang musim, tentu saja tidak akan mahal. Apalagi jika dibandingkan dengan kesehatan yang merupakan harta paling tak ternilai. Iya, kan?

So, yuk jangan ragu untuk rutin makan buah :)

10 komentar:

  1. Aku seringnya bersin2 g sampe tepar. Banyakin air pth

    BalasHapus
  2. Bener mbak. Saya juga klo buah nunggu musimnya apa...iritology mbak...:-D

    BalasHapus
  3. aku kadang makan kalo pas ada aja, ca. hehe. jadi pengin merutinkan lagi. :D

    BalasHapus
  4. belum rutin konsumsi, bisa dibilang juarang banget hehe
    mungkin karena mindsetnya *buah itu mahal* :D

    BalasHapus
  5. Udah lama bgtt ngga makan buah naga. . .:)

    BalasHapus
  6. tiap pagi sih aku makan buah buat sarapan dan sore buat snacking :)
    enak makan buah kenyang dan menyehatkan, plus bikin muka lebih glowing kalau aku


    oh yaa aku nggak fc chaa.. diet itu soal cocok-cocokan sih. kalau fc menurutku bikin craving for some more. karena ada yang dihindari jadi justru pengen makan makanan itu. atau imbasnya jadi makan berlebihan dengan mikir. yah fc ini nasinya yang banyak ah... atau yah fc ini dagingnya yang banyak ah...

    lebih ke kondisinya kita juga ya... kalau aku karena pengennya jadi kebiasaan jangka panjang jadi tetep makan bebas dengan catatan tahu kapan berhenti, kalau pengen makan coklat yang makan aja tapi mungkin jadi sepotong kecil, besok lagi :p yang penting hitungan kalorinya pas. atau kita kurangi sesuai pengurangan lemak tubuh yang kita mau.

    BalasHapus
  7. Waah...fc ya mbaa....emang banyak nakan buah sama sayur itu bikin tubuh tambah seger...saya udah ngebuktiin Sendiri..

    BalasHapus
  8. aku juga suka buah-buahan, cemilan sehat dan enak :)

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)