Kamis, 07 Januari 2016

Super Sambel: Surganya Pencinta Pedas


Beberapa tahun terakhir ini, makanan pedas menjadi salah satu primadona di kalangan para pencinta kuliner. Contohnya salah satu merk kripik yang menawarkan tingkat kepedasan dengan beberapa level. Boomingnya kripik level tersebut lalu diikuti dengan munculnya makanan-makanan berlevel pedas lainnya. Semakin tinggi level pedas yang berani dicoba, maka akan semakin keren -- begitu sepertinya salah satu 'tantangan' yang membuat banyak orang penasaran.

Selain makanan-makanan berlevel, tempat makan yang menonjolkan sambel sebagai menu andalan juga semakin menjamur. Salah satunya adalah Super Sambel atau biasa disingkat dengan sebutan SS. Di kota Semarang, beberapa kedai SS sepertinya nggak pernah sepi dari pengunjung. Bahkan beberapa malam lalu, di salah satu kedai SS yang saya hampiri, pengunjungnya harus indent tempat terlebih dahulu. Wow!

Apa yang istimewa dari Super Sambel? Ya sambelnya! Hehe. Super Sambel menawarkan berbagai jenis sambel dengan tingkat kepedasan yang pasti sangat cocok untuk para pencinta pedas. Jenis-jenis sambelnya diantaranya adalah sambel bawang, sambel korek, sambel trasi, sambel mangga muda, dll. Sedangkan untuk menu pendukung, Super Sambel menawarkan menu-menu standar dan sederhana. Untuk lauk kita bisa memilih antara ayam goreng, bs beli goreng, nila, belut, pindang, dll. Sedangkan sayurnya ada ca kangkung, ca jamur, dll. Untuk menu-menu sayurannya, tingkat kepedasannya hampir setara dengan sambelnya. Jadi kalau makan sambel plus sayur, pasti akan membuat pencinta pedas serasa berada di surga. Hehe. Keunggulan lain dari Super Sambel ialah, porsi nasi yang dihitung hanya berdasarkan jumlah orangnya, bukan banyaknya. Jadi, mau makan sebanyak apapun, nggak masalah, asalkan makan di tempat. Kalau bungkus tentu lain cerita. Hehe.


Untuk kenyamanan tempat, Super Sambel mungkin memang masih cukup tertinggal dari beberapa kedai makan sekelasnya. Wastafel yang amat terbatas jika dibanding jumlah pengunjung, penataan tempat yang cenderung kurang rapi, dll. Namun, ada pula yang menarik. Dinding-dinding kedai Super Sambel dihiasi dengan tulisan-tulisan menarik. Pesan yang ingin disampaikan oleh pihak manajemen kepada pelanggan dituangkan tidak secara 'mentah', namun disampaikan melalui kalimat-kalimat menarik. Contohnya pesan tentang permohonan maaf jika pelayanan mereka ada yang kurang berkenan di hati pelanggan, dituangkan dalam sebuah tulisan tentang memaafkan dalam sebuah bingkai. Ada juga himbauan tentang kesediaan menerima aduan jika makanan yang mereka hidangkan kurang pedas, keasinan, atau lauk yang terlalu gosong.


Sejauh ini, Super Sambel masih menjadi primadona bagi saya pribadi. Karna bagibsaya, salah satu tolok ukur enak atau tidaknya makanan terletak pada pedasnya. Hehe. Selain menu yang amat cocok dan selalu bisa membuat saya makan banyak, harga yang ditawarkan juga amat bersahabat. Bagi para pencinta pedas, rasanya amat aneh jika belum mencoba sambel-sambel yang ditawarkan oleh Super Sambel. Bagi yang domisili di Semarang, Super Sambel bisa ditemui di beberapa tempat. Diantaranya adalah di daerah Pedurungan, Lampersari, dan Sompok.

Selamat mencoba pedasnya sambel Super Sambel, yaaa...

5 komentar:

  1. Ss selalu rame yaa, itu sambel mangganya menggoda uy :D

    BalasHapus
  2. bukannya ss = spesial sambel ya ca?
    apa udah berubah singkatannya?

    BalasHapus
  3. Tandanya, banyak orang yang doyan pedes ya, Rose. :D

    Ca kangkung ama pindang enak keknya, nih.

    BalasHapus
  4. Pedas bung....Yang bikin nafsu makan menggelegar ya makanan yang pedas, apalagi kalo doyan pedes, sudah pasti gak bakal berhenti. Jangan lupa untuk nyobain buah nangka yang sedap.

    BalasHapus
  5. Sambel teri paling cocok buat aku hihihi

    Download film HD

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)