Rabu, 06 April 2016

Apa Kabar Mading Sekolah?

Mading. Duluuu sekali, saat saya duduk di kelas satu SMP, saya pernah ingin sekali tulisan saya dipajang di mading sekolah. Yah, padahal saat iti saya nulis aja belum bisa. Baru mulai suka baca novel aja, terus kalau ada kalimat yang bagus dicatet di diary :D

Padahal, mading di sekolah saya saat itu gak masuk dalam kategori mading yang terkelola dengan baik. Update-nya sih entah berapa bulan sekali. Cuma, namanya anak lagi masa puber, lihat sinetron/film tentang betapa kerennya kalau kita bisa nulis di mading itu pasti bikin jadi pengen ikut-ikutan.

Nah, suatu hari, Guru Bahasa Indonesia saya memberi tugas untuk menyetorkan tulisan untuk ditempel di mading. Yeayy, saya semangat dong! Tapi ya itu tadi, saya belum bisa nulis saat itu. Hihi.

Tau apa yang saya lakukan? Oh, sungguh, ini pelajaran berharga untuk saya. Kepada teman-teman penggiat dunia kepenulisan, saya mohon maaf sebesar-besarnya. Melalui postingan ini saya ingin mengakui, bahwa saat itu saya melakukan tindakan plagiarisme dengan cara mengakui karya puisi yang saya baca di majalah sebagai karya saya. Saya salin puisi tersebut, lalu saya serahkan pada guru saya. Sungguh, sedikitpun saya belum tau tentang seberapa terlarang tindakan tersebut. Tapi tenang saja, tulisan tersebut gak masuk dalam tulisan yang terpilih untuk ditempel di mading sekolah kok. Hihi.

Yup, hingga hari ini, keinginan saya untuk bisa memamerkan karya saya di mading sekolah gak pernah sekalipun tercapai. Tapi gak papa, Allah kasih ganti yang jauh lebih baik dengan mengenalkan saya pada dunia blogging. #eaaaa

Kalau saya ingat-ingat, sayang sekali rasanya mading-mading di sekolah saya  dulu (SMP dan SMA, SD sih mana ada mading. Haha) tidak terkelola dengan baik. Saya juga hampir gak pernah tau siapa sih sebenarnya tim madingnya. Ada sih ekstrakurikuler mading, dan saya ikut. Tapi saya gak tau sama sekali apa kegiatan dari ekskul tersebut. Gak ada follow up! Atau jangan-jangan saya yang terlampau kuper? Entahlah.

Lalu, apa kabar mading-mading itu hari ini? Apa sudah mulai dikelola dengan baik seiring perkembangan infrastruktur sekolah yang semakin apik? Atau jangan-jangan justru semakin terpinggirkan lantaran dianggap sudah tidak sesuai dengan era cyber saat ini? Anak-anak jaman sekarang, alih-alih sempet baca mading, asyikan jiga baca status! Iya apa iya? *sambil tunjuk hidung sendiri* :D

Mading itu satu dari sekian banyak media untuk berkarya dan berkreativitas. Semoga, kalau memang bukan melalui mading, para siswa gak lantas berhenti berkarya. Semoga mereka hanya sedang sibuk di bidang yang lain, selain mading.

12 komentar:

  1. Kayaknya mading masih ada, ca. Kalo pun ga ada digantiin sama majalah sekolah, jadi lebih padat tulisannya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling mading sekarang isinya pengumuman mbak. haha

      Hapus
  2. waaa sudah ada dua blogger menulis dengan tema yang sama ya Majalah Dinding termasuk mba Ita Rizky hiihi Saya nulis madin juga bingung soalnya pemgalamannya dikit sekali hihihi. Nda layak diangkat jadi sebuah tulisan di blog hihihhi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, iyaa pak.. soalnya itu kemarin posting bareng dg tema yg sama :D

      Hapus
  3. Mading ini yaaa jangan sampe punah hihii... Masih ada ngga sih jaman skrg sa
    Blogging #eaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbak, sekarang jamannya baca wall (facebook) sama blog.. haha

      Hapus
  4. aku juga dulu pengen nulis untuk mading, tapi ga pernah lolos seleksi, dan entah siapa pun yang nyeleksi, munggkin cinta cs kali hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, Mbak Windi gak masuk gank-nya Cinta ya berarti :D

      Hapus
  5. emang masih adakah ini? hahaha mungkin udah diganti jadi blog kali ya?
    mading terakhir punya pas SMP *kapan tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Entahlah mbak, aku juga gak yakin masih ada. hehe

      Hapus
  6. hhaa saya mah terakhir buat mading pas SD :-)
    masirul

    BalasHapus
    Balasan
    1. SD saya dulu malah gak ada madingnya :D

      Hapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)