Sabtu, 02 April 2016

Raih Keuntungan Sebanyak-banyaknya Saat Datang ke Acara Blogger

Sebagai blogger yang sedang belajar (*gak boleh bilang apalah-apalah :D) saya terbilang amat jarang datang ke acara pertemuan blogger. Ingin sekali sebenarnya. Tapi karena beberapa hal, keinginan itu beberapa kali harus saya urungkan.

Pertama, saya anak (setengah) rantau, yang pulang ke rumah seminggu sekali. Dan sekalinya di rumah, ibu dan mbah putri saya cenderung 'melarang' saya ke mana-mana. Dan saya, yang memang dari kecil ter-setting sebagai anak rumahan, cenderung tidak keberatan dengan larangan mereka.

Kedua, tentang saya yang punya ketakutan tersendiri saat bertemu orang baru. Hal itu membuat saya berpikir beberapa kali ketika hendak hadir di acara blogger, yang sebagian besar orangnya belum saya kenal, atau hanya kenal di dunia maya sebelumnya.

Tapi kalau saya terus-terusan menahan diri untuk tidak hadir di acara blogger, kapan saya majunya? Padahal, saat ada acara blogger, tentu saja akan banyak sekali ilmu yang bisa didapat melalui sharing pengalaman antar-blogger. Pada tanggal 19 maret lalu, akhirnya saya bertekad untuk datang di acara Fun Blogging. Acara blogger yang sudah amat tenar, karena acara tersebut digawangi oleh tiga blogger kondang.

Meskipun saat itu saya sempat agak kelimpungan. Pasalnya, tanggal 19 bagi pegawai yang menerima gaji per tanggal 25, merupakan tanggal yang amat tua. Lumayan deg-degan jikalau tiba-tiba ada pengeluaran yang diluar perhitungan. Alhamdulillahnya, saya ada motor, jadi ongkos transport bisa agak diminimalisir. Selain itu, acara yang terselenggara dari pagi hingga petang tersebut telah menyediakan snack dan makan siang. Jadi gak perlu khawatir tentang biaya konsumsi. Hehe.

Karena kesempatan seperti sangat jarang saya dapatkan, tentu saja saya memanfaatkan semaksimal mungkin agar bisa meraih keuntungan sebanyak-banyaknya dari acara tersebut. Berikut 4 keuntungan yang saya dapatkan pada acara blogger:

1. Ilmu

Ini sih wajib banget, ya. Sudah meluangkan waktu dan mengeluarkan biaya, rugi sekali rasanya kalau gak dapat ilmu dari acara tersebut, terutama ilmu tentang blogging.

Bagi blogger yang masih minim ilmu, dan taunya hanya 'sekedar posting' seperti saya, ilmu yang saya dapatkan di acara blogger tersebut amat luar biasa. Dan semoga saya bisa menerapkannya dalam rutinitas ngeblog saya.

2. Networking

Networking konon menjadi hal yang sangat penting dalam proses peningkatan karir, gak terkecuali karir sebagai blogger. Dengan bertemu di acara blogger, tentu saja networking kita di dunia blogging akan semakin luas.

3. Komunitas Baru

Biasanya, sebuah acara blogger di follow up dengan cara mewadahi kita di sebuah komunitas baru. Contohnya acara Fun Blogging kemarin, yang difollow up dengan cara memasukkan kita ke sebuah grup rahasia di facebook.

4. Bertemu teman-teman dunia maya

Ini yang paling menyenangkan, menurut saya. Dengan hadir di acara blogger, saya bisa bertemu dengan teman-teman yang selama ini hanya saling bertegur-sapa di dunia maya. Melalui acara Fun Blogging kemarin, saya bisa bertemu dengan seorang teman yang selama ini sudah sangat akrab dan sering ngobrol melalui chatt. Obrilan kami pun sudah gak sekedar tentang blog saja, tapi sudah masuk ke area pribadi. Siapa lagi kalau bukan Mbak Ila. Hehe.

Nah, dengan berbagai keuntungan tersebut, rasanya biaya yang saya keluarkan, baik biaya registrasi maupun biaya akomodasi jadi terbayar lunas nas nas. Dan setelah ini, saya ingin sekali bisa lebih rajin datang ke acara blogger.

4 komentar:

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)