Rabu, 08 Juni 2016

5 Tujuan Wisata Religi di Jakarta yang Menarik


Bulan puasa seperti ini, sayang rasanya apabila tidak dimanfaatkan untuk melalukan sesuatu yang bermakna. Salah satunya adalah berkunjung ke objek wisata menarik di Jakarta. Omong-omong tentang wisata, di Ibu Kota ada banyak objek wisata religi lho. Bagi kamu yang tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat yang bernuansa islami, berikut adalah beberapa yang direkomendasikan.

1.    Masjid Istiqlal

Bagi mereka yang tinggal (berdomisili) di Jakarta, Masjid Istiqlal tentu tidak asing. Akan tetapi, bagi kamu yang selama ini masih penasaran karena hanya melihat di televisi saja mengenai kemegahan masjid ini, tidak ada salahnya untuk merencanakan sebuah liburan menarik yang bernuansa agamis ke Masjid Istiqlal.
Mesjid yang konon merupakan salah satu yang terbesar di Asia Tenggara ini memiliki kubah dengan diameter mencapai 45 meter, serta memiliki menara yang ketinggiannya mencapai 90 m. Jangan lewatkan kesempatan untuk bisa mampir dan berwisata sekaligus beribadah di masjid yang seringkali digunakan oleh para petinggi negara kita untuk sholat ini.

2.    Masjid Attin

Tempat lain yang bisa menjadi tujuan wisata religi di bulan ramadhan ini adalah Masjid Attin yang ada di Jakarta Timur atau tepatnya beralamat di Jalan Raya Taman Mini Pintu 1.
Masjid ini tergolong cukup besar karena menurut informasi, Masjid At-tin bisa menampung jamaah sekitar 25000 orang. Namun bukan besarnya masjid yang menjadi daya tariknya, melainkan arsitektur dan keindahan bangunan masjid inilah yang sangat mengagumkan.

3.    Jakarta Islamic Center

Berwisata tidak harus selalu menikmati keindahan dan kemegahan sebuah bangunan atau peninggalan sejarah. Melainkan berwisata juga bisa diisi dengan menambah pengetahuan. Bagi kamu yang ingin menambah pengetahuan seputar agama Islam jangan lewatkan untuk berwisata di Jakarta dengan mendatangi Jakarta Islamic Center yang beralamat di Jalan Kramat Raya Jakarta Utara. Selain dijadikan sebagai pusat kajian islam, tempat ini merupakan tempat dimana kamu bisa menemukan perpustakaan yang akan memuaskan dahagamu akan keilmuan.

4.    Masjid Al-azhar

Tujuan wisata religi lainnya yang direkomendasikan adalah Masjid Al-azhar yang berada di kompleks sekolah Al Azhar. Masjid ini tergolong unik dan memiliki arsitektur tidak biasa. Kalau kamu kebetulan berada di Jakarta Selatan, atau tepatnya di Kebayoran Baru, jangan lewatkan untuk mampir dan beribadah di Masjid Al-azhar sambil menikmati keindahan bangunan masjid.

5.    Masjid Agung Sunda Kelapa

Sunda Kelapa adalah tujuan wisata lainnya di Jakarta yang cukup terkenal. Kalau kamu kebetulan akan berwisata ke tempat ini, terutama di bulan ramadhan ini, jangan lewatkan untuk mampir ke Masjid Agung Sunda Kelapa yang sudah sangat terkenal. Mesjid ini memiliki banyak keunikan selain dari sisi bangunan, setiap bulan ramadhan, masjid ini juga digunakan untuk menyelenggarakan shalat tarawih. Tidak tanggung-tanggung, imam yang memimpin shalat tarawih biasanya didatangkan dari Madinah.

Bagi kamu wisatawan yang datang dari luar daerah, berkunjung ke Jakarta harus dengan beberapa pertimbangan dan persiapan. Salah satunya adalah, kamu terlebih dahulu harus mencari hotel di Jakarta untuk dijadikan sebagai tempat menginap, sebisa mungkin booking-lah hotel jauh-jauh hari. Selain itu, untuk menghemat waktu dan agar tidak sering terjebak macet, sebaiknya kamu memilih hotel yang lokasinya dekat dengan tujuan wisata.

3 komentar:

  1. Saya mempunyai keinginan untuk berwisata ke lima tempat itu mba terutama ke jakarta Islamic center karena saya ingin mengunjungi perpustakaan yang penuh dengan berbagai ilmu islami yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaa, aku juga pengen bangett ke 5 tempat itu :)

      Hapus
    2. kapan atuh bisa kesana ya mba :)

      Hapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)