Rabu, 22 Juni 2016

Aneka Menu Sahur Praktis dan Menggugah Selera

Mikirin menu sahur itu merupakan tantangan tersendiri setiap bulan Ramadhan. Khususnya sih untuk para ibu atau istri, ya. Menentukan menu sahur memiliki tantangan lebih dibanding menentukan menu berbuka puasa. Kenapa begitu?

Pertama, jam makan sahur merupakan jam-jam di mana kebanyakan orang masih dalam keadaan amat mengantuk. Maka, menu sahur yang dipilih biasanya adalah menu yang praktis cara masaknya. Iyalah, males banget gak sih kalo mata sepet masih ngantuk harus masak yang ribet-ribet? Selain itu, jam makan sahur itu kan terbatas. Kalo pilih menu yang ribet, nanti keburu imsak belum jadi masakannya. Hehe.

Kedua, karna masih ngantuk, kadang (atau seringkali) kita jadi gak selera makan. Lebih enakan tidurnya. Maka, para istri dan ibu secara gak langsung punya tanggung jawab untuk menyuguhkan menu sahur yang bisa menggugah selera anggota keluarganya. Pasti gak pengen dong lihat suami dan anak-anak lemes gara-gara makan sahurnya sedikit lantaran gak nafsu makan?

Jadi kesimpulannya, memilih menu sahur itu kalo bagi saya haruslah yang praktis dan menggugah selera. Tapi ada tantangan satu lagi. Kalo masih awal-awal ramadhan sih biasanya masih banyak ide, ya. Tapi kalo udah pertengahan ramadhan gini biasanya udah pusing kehabisan ide. Hehe. Nah, berikut ini menu sahur yang menurut saya praktis dan menggugah selera. Siapa tau bisa menjadi inspirasi buat teman-teman =))

1. Orak-Arik Telur dan Sayur

Ini menu andalan dan favorit menurut saya. Simpel banget, tapi menggugah selera!

Tinggal iris-iris sayur kecil-kecil. Sayurnya bisa apa aja. Kol, sawi, buncis, wortel. Bisa cuma salah satu, atau dicampur. Bumbunya cuma bawang merah, bawang putih, cabe -- diiris-iris --, garam, gula, kecap. Setelah bumbu ditumis dan harum, masukin sayurnya. Kalo sayur udah masuk, tambahin garam dan gula. Setelah sayuran layu, masukkan telor, di osreng-osreng dengan cepat, masukin kecap, jadi deh!

Kalo saya yang penyuka pedas, agar lebih menggugah selera biasanya saya banyakin cabenya. Alhamdulillah perut saya gak masalah sih meskipun sahur dengan makanan pedas.

2. Tumis Kangkung

Ini juga favorit saya banget! Saking favoritnya, setiap makan di luar pun pasti salah satu yang dipesan adalah menu ini. Hihi. Cara masaknya juga praktis banget. Agar lebih praktis saran saya, kangkung sebaiknya dipetiki daunnya setelah tarawih, atau sebelum tidur. Biar saat bangun menjelang sahur, udah tinggal masak, jadi gak kelamaan.

Ini juga bumbunya sama ya kayak orak-arik. Bumbu standar lah itu pokoknya. Cuma, biar lebih enak biasanya ditambahkan saus tiram atau terasi. Sesuai selera saja :)

3. Sup

Kalo dua menu di atas merupakan menu tanpa kuah, kali ini menu yang berkuah. Kan segeeerrrr ya kalo pas sahur, terus bisa nyeruput-nyeruput (duh, istilah apa sih ini :D) kuah panasnya sup. Masaknya juga simpel banget kan. Tinggal potong-potong macam-macam sayurannya, cincang bawang putih, ditumis bentar, masukin sayurnya, terus tambahin air. Sambil nunggu sayuran matang, tambahin mrica, garam dan gula. Jadi deh!
Tapi biasanya biar lebih menggugah selera, saya bikin sambel kecap juga sih. Jadi lebig segeeeerrr. Mata yang tadinya ngantuk juga jadi melek. Hehe.

4. Omelet Mie

Sahur sebulan berturut-turut, adakalanya kita males makan nasi ya pas sahur. Nah, booster kalo lagi kayak gitu adalah omelet mie. Hmmm, endeessss banget lah itu! Tinggal rebus mie instan, tiriskan. Kocok telur, masukin bumbu mienya, tambahin irisan daun bawang, masukin mie yang sudah ditiriskan, goreng deh!
Dimakan pakai saus cabe TOP banget lah pokoknya.

5. Buah-Buahan

Akhir-akhir ini kayaknya semakin banyak yang pro food-combining, ya. Kata mereka, sahur dengan makan buah saja itu juga bisa bikin badan segar seharian selama puasa. Nahh, berarti buah bisa jadi salah satu pilihan menu sahur yang praktis dan menggugah selera. Tinggal potong-potong pisang, melon, apel, dll yang ada di rumah, terus siap dilahap deh! Hihi. Ini sih praktis pakai banget.

Nahh, lima pilihan menu di atas, semoga bisa jadi inspirasi, ya. Semoga ibadah puasa kita bisa tetep lancar dan sehat sampai akhir ramadhan. Aamiin. Selamat menyiapkan menu sahur untuk nanti malam teman-teman =))

1 komentar:

  1. Kalau saya yg penting ada sayuran hijaunya, Mbak. Karena saat ini sedang menyusui. Jadi, biar kuat puasanya harus lengkap menunya, baik sahur maupun buka.

    Ngomong2 soal tumis kangkung, itu kesukaan saya. Tapi sering dihindari banyak orang karena pada nggak tawar alias langsung keluar pintu belakang. Hihi.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)