Kamis, 28 Juli 2016

Resep Ayam Suwir Lezat: Solusi Untuk Yang Gak Suka Bagian Dada Ayam

Kemarin, pagi-pagi sebelum berangkat kerja saya belanja. Bukan buat menu pagi, melainkan untuk menu sore karna si Mas Suami kebetulan sedang puasa syawal. Meskipun sudah tergolong pagi, ternyata persediaan bahan masakannya sudah minim sekali. setelah menimbang-nimbang, saya akhirnya memilih membeli daging ayam -- yang sayang sekali tinggal bagian dada. FYI, saya gak suka banget bagian dada. Dagingnya kayak gak ada rasanya menurut saya, bumbunya gak bisa meresap sampai dalam. Tapi ya gimana lagi, gak ada pilihan lain waktu  itu.

Sebelum berangkat kerja -- karna gak punya kulkas -- daging ayam tersebut saya rebus dulu, biar gak bau sampe sore nanti. Rebusnya tanpa bumbu apapun karna saya sudah dikejar waktu untuk berangkat kerja. Nah, sampai kantor saya bingung. Itu daging ayam harus saya apain nanti sore?! Kalau mau dibikin ayam goreng kan setau saya waktu diungkep sudah harus dikasih bumbu, kan? Mau disemur, duh, ragu... sekali lagi, bagian dada menurut selera pribadi saya gak cocok kalo disemur.

Alhamdulillah, ada google. Ah, ia memang senantiasa menjadi penolong setia untuk berbagai kebuntuan ide saya =D Setelah browsing - galau - menimbang - browsing - galau lagi - menimbang lagi, akhirnya saya menemukan resep yang 'klik'. Saya nemunya di cookpad, sayangnya saya lupa nama mbak pemilik resepnya. Yang jelas, ia mengatakan bahwa resep yang ia bagi tersebut terinspirasi dari resep di justtryandtaste.com. Blog resep masakan favorit saya tuh =D

Di JTT dan di cookpad, mereka menyebutnya sebagai resep ayam suwir bumbu Bali. Tapi, seperti kebiasaan selama ini, saya gak pernah patuh sama resep. Maka dari itu saya jadi ragu untuk memberi nama resep ini sebagai Ayam Suwir Bumbu Bali. Jadi saya nyebutnya Resep Ayam Suwir Lezat aja, hehe.


Bahan Utama:

1/4 kg Daging ayam bagian dada, rebus, lalu suwir-suwir
1/2 gelas air (aslinya pakai santan)

Bumbu Halus:

5 siung bawang merah
1 siung besar bawang putih
5 buah Cabe merah
1/2 buku jari kunyit
1/2 buku jari kencur
1 SDM air jeruk nipis (di resep aslinya air asam jawa, karna gak ada saya ganti air jeruk nipis)
1 SDM Gula merah sisir
Terasi sesuai selera
Gula pasir secukupnya
Garam secukupnya
Kecap secukupnya

Bumbu pelengkap:

Serai Geprek
Lengkuas Geprek
1 lembar Daun salam
2 lembar Daun Jeruk

Langkah memasak:

Panaskan sedikit minya goreng, lalu masukkan bumbu halus dan bumbu pelengkap setelah minyaknya panas. Setelah bumbu berwarna keemasan dan harum, masukkan ayam suwir ke dalamnya, aduk-aduk hingga bumbu merata. Tambahkan air, dan tunggu hingga airnya menyusut habis. Jangan lupa dicicipi, dan koreksi rasanya jika masih ada yang kurang pas. Jadi deh!!!

Simpel banget, kan?! Kenapa saya ingin membagikan resep sederhana ini? Karena selain simpel, Alhamdulillah hasil masakan saya semalam tergolong enak menurut saya sendiri dan Mas Suami. Haha, subjektif sekali, ya. Tapi beneran, menurut saya, resep ini bisa jadi solusi untuk yang gak suka daging bagian dada ayam seperti saya. Karna berhubung dagingnya di suwir-suwir, bumbunya bisa meresap dan yummy. Dimakan dengan sepiring nasi hangat, bikin pengen nambah terus =D Kata Mas Suami, "Kayak gini kok disuruh kurus, gimana caranya?!" =D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)