Selasa, 06 September 2016

4 Langkah Membuat Kamar Sempit Terasa Lega


Mahalnya harga hunian membuat banyak mahasiswa memutar otak untuk memilih tempat tinggal selama mereka menyelesaikan studi. Ada banyak tempat kos atau apartemen yang harganya miring, namun hal tersebut tidak dibarengi dengan fasilitas dan kenyamanan yang memadai. Sehingga, banyak mahasiswa yang lebih memilih untuk menyewa apartemen dibandingkan kamar kos dengan alasan kenyamanan. Walaupun harus diakui harga sewa apartemen sedikit lebih mahal daripada harga kosan.

Masalahnya, apartemen yang disewakan untuk mahasiswa biasanya adalah apartemen tipe satu ruangan atau studio yang dikenal memiliki ruang yang tidak terlalu luas. Hal ini menyebabkan apartemen jadi terasa sumpek oleh banyak barang kebutuhan, dan mengurangi kenyamanan.

Berikut adalah tips untuk membuat ruangan sempit memadai terasa lebih luas.

Gunakan Warna Cerah untuk Interior

Warna ruangan yang cerah dapat memantulkan cahaya ke seluruh ruangan dan menjadikan ruangan lebih terasa luas, juga lega dibandingkan dengan menggunakan warna yang gelap. Warna-warna seperti putih, kuning, hijau, biru langit, atau merah muda dapat dijadikan pilihan untuk warna tembok kamar.

Beri Ruang Antara Dinding dan Tempat Tidur

Usahakan untuk tidak menempelkan dinding dengan tempat tidur. Beri sedikit celah agar tercipta kesan luas. Letakkan meja di samping tempat tidur. Dengan menempelkan tempat tidur dengan dinding, kesan yang akan didapatkan adalah ruangan yang sempit dan tidak memiliki ruang yang cukup.

Gunakan Kerai Sebagai Penutup Jendela

Menggunakan kerai sebagai penutup jendela dapat membantu. Hal ini karena kerai tidak terlalu memakan banyak tempat dan membiarkan cahaya masuk ke dalam ruangan. Dengan adanya cahaya yang masuk, tentunya akan memberikan kesan ruangan yang lega dan luas.

Manfaatkan Rak

Memanfaatkan rak untuk menyimpan barang-barang yang kamu punya. Gantung rak tinggi di dekat langit-langit ruangan agar nuansa lega lebih terasa.

Rak terbukti efektif daripada kamu harus menggunakan lemari dalam ruangan yang sempit. Rak dapat dimanfaatkan untuk menyimpan dan mengatur buku dan juga barang keperluan lainnya.

Jangan lupa untuk mengatur barang sesuai dengan ukuran dan juga warnanya. Hal ini dapat membantu ruangan agar terlihat lebih rapi. Ruangan yang lebih rapi akan memunculkan kesan tertata dan luas, tidak sumpek dan juga sempit, sehingga kenyamanan pun bisa kamu dapatkan.

Kalau tempat tinggalmu nyaman, belajarmu juga pasti akan lebih efektif. Tips di atas juga bisa kamu terapkan di kamar kost, lho!

3 komentar:

  1. Terima kasih tips-nya Mbak.

    Untuk lemari, baiknya menggunakan lemari dari kayu apa lemari dari plastik ya mbak?
    selain harga, kalau sudah selesai lemari plastik bisa dijual atau di berikan ke barang bekas tapi kalua lemari kayu agak ribet.

    BalasHapus
  2. bisa di coba nih, soalnya kamarku hanya.... (sedihlah kalau di ceritain mah :D )

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)