Senin, 05 September 2016

5 Tips Mengatur Furnitur Dengan Maksimal


Banyak orang yang merasa rumahnya sempit dan terlalu penuh dengan barang-barang perabotan. Mulai dari sofa, meja, tempat duduk, rak, hingga lemari yang terkadang membuat ruangan terasa sangat sempit. Padahal, barang-barang tersebut merupakan barang yang penting.

Kondisi itu diperparah dengan luas rumah yang tidak seberapa. Hal tersebut tidak mengherankan, mengingat kini sudah banyak masyarakat yang memilih untuk membeli rumah minimalis dengan luas yang tidak terlalu besar seperti tipe 30 atau tipe 36.

Padahal, ada beberapa barang yang dapat dimanfaatkan agar furnitur yang ada di rumah dapat berfungsi maksimal. Hal ini dilakukan agar furnitur yang seharusnya menjadi barang yang bermanfaat, tidak menjadi penyebab sempitnya rumah. Berikut adalah beberapa kiatnya.

Jangan Harus Memaksakan Simetris

Banyak masyarakat yang terjebak pada pakem simetris. Mereka menata ruangan dan furnitur dengan meletakkan perabotan pada posisi simetris. Padahal, hal tersebut tidak melulu berfungsi maksimal. Selain itu, hal ini tidak memberikan kesan unik dan tampak kuno.

Maksimalkan Keseimbangan

Kondisi dan juga distribusi perabotan di rumah tidak harus simetris dalam artian sama di sebelah kiri dan kanannya. Yang seharusnya dilakukan adalah dengan melakukan distribusi perabotan yang seimbang ke seluruh ruangan. Jangan sampai ada ruangan yang terasa lebih kosong dan ada ruangan yang terasa lebih penuh dengan furnitur.

Utamakan Fungsi

Utamaka fungsi dalam menata furnitur. Misalnya, jika dalam ruangan tidak memerlukan kursi untuk duduk, maka jangan memaksakan untuk memasukkan kursi ke dalam ruangan tersebut hanya untuk menampilkan kesan “bagus”.

Kreatiflah Dalam Mendekorasi Ruangan

Untuk memanfaatkan ruangan yang terbatas, Kamu harus dapat mengeksplorasi kreativitasmu dalam memilih furnitur. Cobalah pilih furnitur yang tidak memakan banyak tempat, multifungsi, dan juga mudah untuk dipindahkan.

Hindari Kursi Saling Berpunggungan

Kursi yang berpunggungan membuat celah imajiner di ruangan. Sayangnya ruang imajiner tersebut tidak dapat manfaatkan. Misalnya, dengan membuat kursi makan dan sofa ruang tengah berpunggungan, ini akan membuat kesan sempit dalam ruangan. Cobalah untuk menghindari hal tersebut sehingga memberikan kesan lega.

Nah, terbukti kan, jika ditata dengan baik, furnitur tidak akan membuat rumahmu sempit meskipun rumahmu memang kecil. Maka mulai sekarang, yuk tata ulang perabotan di rumah agar rumah terasa lebih lapang dan nyaman untuk dijadikan tempat beristirahat dan berkumpul bersama keluarga.

9 komentar:

  1. *baca sambil angguk-angguk* Makasi tipsnya ya Maaak, ntar coba diterapin dirumah aaahh :D

    BalasHapus
  2. oo gt ya. jadi kursi yang berpunggungan justru bikin kelihatan ruangan sempit ya, ca. aku jarang pake kursi kayak gini di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, ga nyaman dilihat juga kan yaa.. hehe

      Hapus
  3. kalau lesehan aja gimana cha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kayaknya juga oke mbak, apalagi kalo di kontrakan kecil.. hehe

      Hapus
  4. Iya makasi masukannya hehhe lagi redecorate

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)