Tips Move On Ketika Gagal Mendapat Beasiswa

on
Rabu, 22 Maret 2017

Semua orang pasti mengalami kegagalan di dalam hidupnya, misal gagal menerima beasiswa S1 di Jakarta, gagal diterima kerja di tempat yang diharapkan, gagal mendapat nilai terbaik di sekolah, dan berbagai kegagalan lainya. Berbagai kegagalan tersebut kerap menghantui hidup seseorang, sehingga ia tidak bisa tentang, sedih berlebihan, dan berbagai skeptis lainya.

Namun jangan khawatir, setiap kegagalan yang pernah Kamu lalui merupakan proses singgah dan pembelajaran terbaik sehingga Kamu tidak akan mengulangi kesalahan tersebut. Bagi Kamu yang gagal menerima beasiswa, misalnya beasiswa S1 di Jakarta. Jangan bersedih, berikut 4 tips move on saat gagal seleksi beasiswa:

1. Bersedihlah, Lalu Berdamai Dengan Hati
Bersedih saat gagal beasiswa merupakan hal yang wajar. Terutama ketika Kamu benar - benar mengharapkan beasiswa S1 di Jakarta tersebut. Kamu boleh bersedih, karena dengan bersedih dan menangis semua hormon stress dalam tubuh seseorang dapat dikeluarkan melalui air mata. Namun jangan terlalu lama. Kendalikan emosi Kamu. Sematkan dalam pikiran Kamu, bahwa kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda. Yakinlah Tuhan mungkin belum meridhoi saat ini tapi berikutnya pada saat yang tepat, pasti dapat.  

2. Berhenti Membandingkan Diri Kamu Dengan Orang Lain
Berhentilah membandingkan diri Kamu dengan orang lain yang lolos seleksi beasiswa. Kamu tidak tahu bagaimana usaha dan perjuangannya dalam meraih kesuksesan tersebut. Bisa jadi mereka telah melewati berbagai kegagalan yang jauh lebih berat dibandingkan dirimu. Cobalah berbahagia bersama mereka dan ucapkan kata - kata selamat. Hal ini bikin Kamu dapat lebih ikhlas dan siap untuk kembali bangkit.

3. Mulai Instropeksi Diri dan kenali Potensi
Setelah Kamu bangikit dari kegagalan, mulailah instropeksi diri. Kekurangan - kekurangan apa yang menjadikan Kamu tidak lolos seleksi. Kelemahan apa yang Kamu miliki sehingga tidak lolos dan perbaiki saat mendaftar selanjutnya. Sehingga kegagalan tersebut dapat menjadi evaluasi untuk menjadi lebih baik.

4. Bangkit Dan Coba Kembali
Jangan mudah menyerah, saatnya bangkit dan coba kembali. Pelajari evaluasi kegagalan yang sudah Kamu lakukan. Memang tidak mudah mendapat beasiswa termasuk beasiswa S1 di Jakarta. Sehingga perlu usaha lebih, semangat lebih agar lolos di seleksi selanjutnya.


6 komentar on "Tips Move On Ketika Gagal Mendapat Beasiswa"
  1. doh! ca.. saya ngerasain lesu gagal yang beginian juga, tapi gak lama sih sedihnya karena tau usaha saya gak sebesar mau saya. sekarang lagi bujuk2in diri buat bangkit lagi, daftar lagi.. S2 harga mati pokoke. Haha

    Long time gak komen-komenan dimari, pakabar kamuh?

    :)

    BalasHapus
  2. yaah, coba kembali. jangan putus asa

    BalasHapus
  3. Poin terpenting buat saya yaitu instropeksi dan kenali potensi. Alhasil kita bisa lebih mengenali diri.

    BalasHapus
  4. belajar dari kesalahan, dan bangkit ketika merasa gagal, dan jangan sampe kalah dengan keadaan. hehehe

    BalasHapus
  5. Setuju mbak, jangan mudah menyerah, toh di luar sana masih banyak beasiswa yang ditawarkan oleh berbagi lembaga

    BalasHapus
  6. Pas gagal memang hati rasanya nyesek banget, rasanya pengen banget ngancurin tuh kampus (pas saya gagal ujian gitu banget rasanya). Cuma pada akhirnya saya hanya bisa bersujud kepada sang Maha Kuasa yang telah memberikan jalan terbaik, yaitu berbisnis :D. Dari situ bangkit lagi

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature