Senin, 23 Maret 2015

Curhat Wajib Pajak Baru: LAPOR SPT TAHUNAN 1770SS

Tahun ini untuk pertama kalinya saya punya kewajiban sebagai wajib pajak untuk melaporkan SPT Tahunan 1770 (Orang Pribadi). Gara-garanya, ya karna saya udah punya NPWP :( Jujur, ya, saya nyesel punya NPWP. Dulu bikin NPWP karna dipaksa sama atasan, demi kepentingan administrasi yang berkaitan sama tugas saya di kantor. Padahal gapapa loh ga punya NPWP. *biarin dibilang bukan warga negara yang baik* *blogpost ini mengandung ajaran sesat*

Tapiii, berhubung NPWP nggak bisa ditarik atau dicabut (kecuali si pemilik NPWP meninggal -_-), yasudahlah saya terima nasib saja.


Alhamdulillah, sudah lega karna tadi pagi sudah berhasil lapor SPT Tahunan. Saya memilih lapor lewat e-filing daripada lapor manual ke KPP. Lebih efisien waktu dan tenaga, nggak usah antri lama-lama di KPP :)

Nah, bagi teman-teman yang sudah punya NPWP, jangan lupa lapor SPT Tahunan, yaaa. Meskipun penghasilan belum melebihi PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak) alias belom kena pajak alias nihil, tetap harus lapor. Maksimal tanggal 31 Maret ini -- untuk lapor SPT Tahunan 2014. Kalo nggak lapor, atau telat malah bakal kena denda loh. Duh, sayang banget, kan, uangnya bisa buat beli eskrim daripada buat bayar denda :p

Ah ya, kalau pengen lapor pake e-filing juga, harus tetep datang ke KPP dulu untuk minta E-FIN. Syaratnya, bawa KTP sama Kartu NPWP aja. Setelah dapet E-FIN, masuk ke efiling.pajak.go.id dan registasi deh. Ahh, setelah itu pasti temen-temen udah pada bisa deh, kan pinter-pinter semuaaa *alibi males jelasin* :D

Yuk, yuk... orang bijak bayar pajak *OHYA???!!!*

10 komentar:

  1. hehe, ngerasa buang-buang energi karena tiap lapor pasti nihil :D
    gak lapor malah rugi :(
    mending gak usah buat kali yaa...
    tunggu masuk kriteria Kena Pajak dulu, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, ga usah buat aja *sesat* :D

      Hapus
  2. lupa password dan id efilling hahaha akhirnya isi biasa terus minta tolong kurir hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, berhubung dipakainya cuma setahun sekali, jadi password banyak yg pada lupa.

      Hapus
  3. oh ya ocha aku line kamu loh
    kok belum ada kabar juga yahh kalau ocha belum ada kabar sampek tggl 30, aku alihkan jadi hadiah GA aja ya :)

    BalasHapus
  4. Buat e-filling perorangan bisa ya?

    Ryan
    Ryanfile.wordpress.com

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Gapapa ga punya... malah enak ga usah lapor *sesat lagi*

      Hapus
  6. Ada juga temen yang udah punya, tapi karena sekarang udah resign tetep kudu lapor. Aneh juga ya, ca. Akhirnya dia isi nihil.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)