Rabu, 08 April 2015

Resep Pancake Lembut Untuk Ponakan Paling Ayu

Hari Jum'at pas tanggal merah kemarin, ponakan saya -- seperti biasa -- minta dimasakin yang agak aneh-aneh sama tantenya yang aneh cantik ini *nggak boleh protes*. Dan kemarin, yang diminta sama si Andien adalah pancake. Sebenernya udah beberapa kali sih saya bikinin si Andien pancake. Cuma, dari beberapa kali percobaan sebelumnya, hasilnya selalu bantet -_-. Mungkin karna saat itu saya asal nyomot resep dari sumber yang kurang bisa dipercaya.

Memang bener ya, hasil itu nggak akan mengkhianati usaha. Karena saya nggak nyerah buat nyoba, kemarin akhirnya pancake saya bisa lembuutttt dan nggak bantet. Yeay!!!

Saya nyomot resepnya dari web masak favorit saya. Buat yang pengen ikutan nyoba, saya copy-in disini, yaa :)

Bahan:
- 110 gram tepung terigu serba guna (Mis. Segitiga Biru) --> saya nggak pake Segitiga Biru sih, hehe
- 1 1/4 sendok teh baking powder  (gunakan yang double acting, pastikan masih fresh, cek masa pakainya)
- 1 1/2 sendok makan gula pasir
- 1/4 sendok teh garam
- 1 butir telur ayam ukuran besar, kocok lepas
- 135 ml susu cair ( atau bisa diganti dengan 3 sendok makan susu bubuk full cream + 130 ml air aduk rata) --> Saya pake 1 sachet susu kental manis putih
- 2 sendok makan mentega atau 40 gram, cairkan. Jika menggunakan margarine, skip penggunaan garam di resep.
- 2 sendok teh white vinegar, bisa dibeli di supermarket. Bisa diganti dengan air jeruk nipis --> Saya pake dua sendok jeruk nipis

Cara membuat:
Dalam mangkuk kecil campurkan susu cair dan white vinegar (atau air jeruk nipis/lemon), aduk rata dan diamkan selama 5 menit agar susu menjadi asam. Fungsinya sebagai pengganti buttermilk, untuk membuat tekstur pancake menjadi lembut dan empuk.
Dalam mangkuk terpisah aduk bahan kering: tepung terigu, garam, baking powder dan gula hingga rata dan gumpalan di tepung menghilang.Siapkan mangkuk ukuran sedang, masukkan mentega cair (pastikan mentega telah dingin ketika dicampur telur), telur kocok dan susu. Aduk semua bahan hingga tercampur rata. 

Tambahkan tepung terigu ke dalam kocokan telur dan susu, aduk ringan dan sebentar saja dengan spatula hingga semua bahan basah dan tercampur.  Jangan mengaduk berlebihan.

Siapkan pan datar anti lengket, oleskan sedikit mentega. Tuangkan satu sendok sayur adonan ke atasnya. Tunggu hingga keluar gelembung-gelembung kecil di permukaan adonan, anda boleh mengintipnya untuk melihat apakah dasarnya telah kecoklatan.Balik adonan untuk memasak sisi sebelahnya,  jangan di tekan, biarkan pancake matang. Jika telah kecoklatan, angkat. Lakukan hingga semua adonan habis.Pancake siap disajikan dengan madu dan topping lainnya.

Dan ini hasil pancake saya, taraaaa:


Berhubung saya nggak punya cetakan, hanya pake teflon, jadi pancakenya melebar dan tipis. Trus sebenernya pengen pake toping es krim. Berhubung males keluar rumah buat nyari es krim, akhirnya pake pisang hasil petikannya Bapak dari kebun sendiri deh. Hehe :)

8 komentar:

  1. kebayang lembutnya,saya juga pernah bikin pancake pake teflon,hasilnya lebar gitu hehehe...
    salam kenal mbak^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, sama dong, mbak... saya juga melebar dan tipis :|

      Hapus
  2. ini makanan kesukaan anakku bangeeet.. biasanya aku pakai toping madu. gula semua sih, tapi gimana dong anaknya doyan xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanan ini kayaknya memang cocok di lidah hampir semua anak2 deh ya, mbak... mantan anak2 juga sih. Haha

      Hapus
  3. saya juga bikin pancake selalu pake teflon. Pengalaman saya, tergantung dari cairnya adonan, Mbak. Kalau terlalu cair, hasilnya akan melebar dan tipis. Tapi, kalau dibikin kental, gak akan melebar. Biasanya saya kasih susunya sedikit demi sedikit sampe dapet kekentalan yang diinginkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo adonannya kental tetep bisa lembut ya mbak hasilnya? nggak bantat?

      Hapus
  4. Sedapnye, kak Ros. Awak nak minta. Hihi.
    Kalo dicampur keju parut enak, ca. Atau coba pake madu sedikit. Manisnya alami. :D

    BalasHapus
  5. suka pancake juga cuma kalo bikin perasaan bentuknya kagak pernah cantik kayak diresto bunder bulet gitu

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)