Jumat, 26 Juni 2015

#Ramadhan9: Keberkahan Waktu Sahur

sumber
“Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan” (HR. Bukhari no. 1923 dan Muslim no. 1095)

Dear, pasti sebagian besar dari kita sudah tau bahwa sepertiga malam terakhir itu waktu yang sangat luar biasa, ya. Allah berjanji bahwa waktu sepertiga malam terakhir adalah salah satu potongan waktu yang amat mustajab untuk berdoa. Nah, nah... waktu untuk makan sahur itu kan ada di sepertiga malam terakhir, kan?! Sudahlah waktunya ada di waktu-waktu mustajab, makan sahur-nya pun dalam rangka mengikuti sunnah.

Jadi, rasanya salah sekali kalo ada yang menyepelekan makan sahur dengan dalih, 'Ah, saya nggak sahur tetep kuat puasa kok, males bangun, lebih enak tidur!". Oo... Oo... nggak gitu, dear. Kita makan sahur itu bukan semata biar bisa makan kenyang, biar nggak lemes pas siangnya gara-gara puasa. Ah, remeh sekali rasanya kalo sekedar untuk makan. Kita bangun untuk sahur semoga dengan kesadaran penuh bahwa hal tersebut merupakan sunnah Rasul, dan waktunya pun penuh keberkahan. Sayang sungguh sayang kalo dilewatkan :)

Maka, yuk.. optimalkan waktu sahur kita -- bukan sekedar untuk makan. Sisakan waktu untuk ibadah. Sholat tahajud dan tilawah misalnya. Atau lebih bagus lagi kalo sholatnya di awal, sebelum makan. *kalo saya lebih sering setelah makan sih, hehe*. Jangan lupa juga banyak berdzikir. Sambil makan berdzikir Insya Allah bisa, ya :)

Yang sangat disayangkan, masih banyak saudara kita yang justru menggunakan waktu penuh keberkahan ini dengan melakukan kegiatan yang enggak penting. Apa itu? Nonton TV contohnya. Apalagi kalo yang ditonton acara-acara yaaaaang... emm, lucu-lucuan gak jelas itu. Jangan lupa, Dear... kita ada di jaman di mana perang tidak lagi di medan laga dengan mengangkat senjata. perang kita pake pemikiran. Mereka yang ada di industri entertain semata memikirkan 'untung'. Maka kita juga nggak boleh kalah pinter. Apa kita mau hanya mereka yang untung karna rating acaranya bagus, sementara kita rugi besar karna melewatkan banyak sekali keberkahan waktu sahur? :)

Wallahu a'lam bishawwab...

2 komentar:

  1. Benar, Mbak. Eman-eman kalau waktunya terbuang percuma, ya.

    BalasHapus
  2. Bener banget, ca. Sepertiga malam itu waktunya merajuk sama Allah. ♥

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)