Rabu, 30 Maret 2016

3 Golongan Orang Yang Wajib Memperbanyak Silaturahim



Bicara tentang silaturahim ke sanak famili, saya bisa dibilang gak punya banyak pengalaman. Selain jumlah sanak famili yang gak bisa dibilang banyak, kebanyakan juga tinggal sedesa, bahkan sebagian ada di satu RT! Haha

Maka, hampir gak ada momen yang terasa khusus dan istimewa untuk silaturahim dengan sanak famili. Lha wong tiap hari ketemu, gitu! Bahkan lebaran pun rasanya gak yang gimanaaa gitu :( Makanya saya suka iri tiap melihat seorang teman mengunggah foto saat sedang kumpul-kumpul dengan saudara, atau status yang mengekspresikan kebahagiaan saat akhirnya bisa kumpul dengan sanak famili.

Dan karena kondisi tersebut, saya tumbuh sebagai orang kurang akrab dengan kebiasaan silaturahim. Tapi saya mulai sadar bahwa silaturahim memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu manfaat silaturahim baru saja saya rasakan langsung. Saat tengah galau memilih vendor untuk pesan undangan pernikahan, berkat menyambung silaturahim dengan seorang kakak angkatan yang ternyata punya usaha percetakan undangan, akhirnya saya pun mendapat diskon yang amat lumayan darinya :)

Rasanya, silaturahim memang memiliki manfaat yang gak bisa diabaikan. Apalagi bagi 3 golongan orang berikut ini, rasanya amat wajib memperbanyak silaturahim. Siapa saja mereka?

1. Golongan 'Job Seeker'

Kamu baru saja wisuda, dan belum mendapatkan kerja? Jangan galau dan patah semangat dulu, ya! Di samping terus berikhtiar mengirim lamaran kerja, perbanyak juga silaturahim ke rumah sanak familimu.

Kenapa harus begitu? Satu, dengan banyak silaturahim dan bertemu banyak saudara, maka Insya Allah akan semakin yang bantu doa. Kedua, siapa tau jalan rizki kamu diperantarakan lewat salah satu saudaramu. Misal, saudaramu ada yang tau tentang info lowongan kerja yang pas sama potensimu, atau di tempat kerjanya ada sedang membutuhkan tenaga yang sesuai sama background pendidikanmu. Iya, kan?

Jadi, jangan malah malas silaturahim gara-gara jengah ditanya-tanya kenapa belum dapat kerja, ya ;)

2. Golongan 'Para Pencari Jodoh'

Ups, istilahnya gak nahan, ya :D

Iya sih, saya tau bagi para pencari jodoh, silaturahim menjadi hal yang cukup menyesakkan. Ada di tengah orang-orang yang 'amat perhatian' pada kita yang belum kunjung bertemu jodoh memang bukan hal yang mudah. Tapi, keep positive thinking dong, ya!

Siapa tau dengan banyak silaturahim justru kamu menemukan jalan untuk segera bertemu jodoh. Seperti di point pertama tadi. Selain akan lebih banyak yang membantu doa, bukan gak mungkin akan banyak juga yang tulus ingin membantu.

Eits, jangan antipati dengan istilah 'dijodohkan', ya! Apa salahnya dijodohkan kalau dengan orang yang baik? Kan gak mungkin saudaramu memilihkan orang yang 'gak bener' buat kamu :)

3. Golongan 'Kantong Kering'

Kamu anak kost dan belum berpenghasilan? Atau bahkan masih SMA yang uang sakunya pas-pasan? Silaturahim!

Apalagi jika kost di kota lain, dan di kota tersebut ada saudaramu. Dijamin, silaturahim akan jadi solusi ampuh saat tanggal tua dan kamu tengah dilanda kantong kering :D

Minimal, kamu bisa makan siang atau makan malam gratis. Kalau beruntung, pulangnya bisa bawa cemilan buat di kost. Lebih beruntungnya lagi, kamu bisa dapat uang saku tambahan.

Haha, point ini murni ngawur dan gak patut dijadikan pedoman :D

Nah, apakah kamu masuk ke salah satu dari tiga golongan di atas? Yuk ah, jangan ragu-ragu memperbanyak silaturahim! Ini Pe Er untuk saya juga sih :)

8 komentar:

  1. Lha mb Rosa masuk golongan mana nih? hihi

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. saya sudah merantau abis lulus SMA, setelah semua menikah
    jarang lebaran bisa kumpul komplit, karena berbagi kunjungan ke mertua masing2
    salam sehat dan sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo sudah berkeluarga gitu ya pak, jd malah susah kumpul karna punya kesibukan masing2

      Hapus
  4. Yang nomor dua bikin ketawa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa mbak, punya pengalaman nih mesti? :P

      Hapus
  5. waaah malu nih masuk ke tiga golongan di atas xD xixixixi

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)