Senin, 07 Maret 2016

Resep Mie Kepiting Kuah: Menu Yang Cocok Untuk Musim Hujan

Akhir-akhir ini cuaca sedang lumayan sering gerimis dan syahdu, ya. Bikin udara jadi agak dingin-dingin empuk. Kalau cuaca sedang seperti itu, nafsu makan biasanya jauh lebih besar dari biasanya. Iya gak sih?

Seperti yang saya rasakan hari minggu kemarin. Kebetulan sedang ada di kampung halaman. Karna baru saja sembuh dari flu, akhirnya saja memilih di rumah saja seharian. Pagi-pagi saya lewati dengan chit-chat di beberapa grup chatting, baca buku, lalu nonton TV -- setelah lumayan lama saya gak nonton TV. Saya milih program TV yg paling positif saat ini: ulasan tentang kuliner. Haha. Kebetulan kemarin membahas tentang mie aceh kepiting. Hmm, bikin ngiler. Saat Mbak Tukang Sayur datang, dan ternyata bawa kepiting, langsung deh saya kepikiran untuk mengobati ngiler saya :D

Saya sempet coba browsing-browsing resep mie aceh kepiting. Tapiii... Saya putus asa sendiri karna ga semua bahan dan bumbu tersedia. Tapi saya gak nyerah begitu aja. Dengan segenap kreativitas saya, saya bumbui saja sesuai kreasi saya sendiri. Saya mah gitu orangnya :D

Dan... This is it... Saya namai masakan saya ini 'Mie Kepiting Kuah' :D



Berikut resepnya, siapa tau ada yang pengen coba:

Bahan:
2 bungkus mie instan, singkirkan bumbu instannya, rebus mienya, tiriskan
4 ekor kepiting, rebus sebentar
Sawi
Kol
Taoge
Seledri
Wortel
Kurleb 4 gelas air (silahkan sesuaikan dengan selera)

Bumb halus:

5 butir cabe rawit
7 butir cabe merah
(Ini untuk ukuran saya yang doyan banget pedes ya)
2 butir bawang merah
2 butir bawang putih
1/2 buku jari Kunyit
1/2 buku jari jahe
1/2 buku jari laos
Mrica secukupnya
3 butir kemiri
1 butir tomat

Cabenya ketinggalam, gak.ikut foto :D
Bumbu tambahan:

Garam secukupnya
Gula putih secukupnya
Kecap manis

Cara membuat:
Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng. Setelah harum, masukkan kepiting, aduk-aduk beberapa saat, lalu tambahkan air. Masukkan wortel dan kol, lalu tambahkan garam dan gula sesuai selera. Tunggu hingga air mendidih.

Setelah mendidih, masukkan mie yang sudaj direbus dan ditiriskan, sayur-sayuran yang belum dimasukkan, dan terakhir tambahkan kecap manis.

Jadi deh!!!

Rasanya segaaarrrr, dan hangat di badan. Cocok banget dimakan saat musim hujan seperti ini. Selamat mencoba :)

15 komentar:

  1. Ochaaa, bikin laper pagi hari. Haha. Aku belum sarapan :3

    BalasHapus
  2. Waaah...enak nih, bikinnya juga gampang banget ya..

    BalasHapus
  3. Seger anget enak yah iniii :) stepnya gampil yah saaa, tapi aku blum pernah mkn kpitung,eh kpiting

    BalasHapus
  4. Ini kepitingnya yg kecil2 ya mba? saya biasa beli yg besar. saya ga suka sebenarnya karena rempong makannya >< tp suami sukaaa banget sama kepiting, dimasak dengan mie belum pernah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbak, yg keciill.. soalnya mbak sayur bawanya yg kecil2.. hehe. kalo yg besar pasti lebih mak nyusss yaaa...

      Hapus
  5. Enak pake banget kayanya...saya kadang masak juga ga sesuai resep...apa yang ada di rumah, yaitu yang dimanfaatin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. tosss mbak :D Yang penting sih tetep enak dan gak ribet ya :)

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Wah kebetulan tuh di kota saya lagi musim hujan :D boleh di coba donk resepnya ... hehehe :)

    Kalo gak ada kepiting pake apa ya mbak ?

    BalasHapus
  8. Adduh,,, malam2 bikin perut kruyuk2 nih mba... kepitinge ngawe awe... hehehe

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)