Senin, 04 April 2016

Beberapa Cara Ini Bisa Membantu Saya Saat Merasa Jenuh Nge-Blog

Jenuh. Siapa sih yang gak pernah mengalami kejenuhan? Mau se-hobi apapun, se-suka apapun, pasti kita akan sampai pada titik di mana kita merasa jenuh dengan hal tersebut. Adakalanya kita ingin mengingkari perasaan tersebut. Mencoba melawan dan terus melakukan hal yang tengah membuat kita jenuh itu. Tapi apa hasilnya? Bukannya rasa jenuh itu menyerah pada kekeraskepalaan kita, biasanya justru kita yang semakin gak berdaya. Jenuh kalau gak segera diatasi bisa-bisa malah jadi stress lho.

Jadi, kalau memang lagi jenuh, gak ada salahnya kok untuk mengambil jeda sejenak. Jangan memaksakan diri, karena kalaupun memaksakan diri, hasilnya gak akan maksimal. Iya, kan?

Saya misalnya. Sukaaa banget nge-blog. Sukaaa banget jalan-jalan ke blog orang alias blogwalking, meskipun gak selalu meninggalkan jejak. Tapi, adakalanya saya muak sama blog. Adakalanya saya merasa tiba-tiba capek banget tiap buka dasbor blog. Apalagi nulis blogpost. Gimana bisa nulis, kalau buka dasbor aja bawaannya udah langsung pengen tidur?!

Kalau saya merasakan hal di atas, berarti FIX saya sedang jenuh nge-blog. Dan ketika jenuh nge-blog, saya akan memilih untuk melakukan aktivitas atau hobi saya yang lain, yang biasanya saya nomor-sekiankan saat sedang semangat nge-blog.

Berikut adalah beberapa aktivitas pilihan saya saat sedang jenuh nge-blog:

1. Baca novel

Ini hiburan yang gak ada matinya buat saya. Saat baca novel, saya seperti diijinkan untuk berpetualang ke kehidupan orang lain. Dan itu cukup efektif membuat saya sejenak melupakan kejenuhan saya, dan perlahan-lahan akhirnya hilang. Novel pilihan saya saat sedang jenuh biasanya novel romance yang ringan. Kalau lagi jenuh bacanya novel serius sih malah bikin semakin pusing, ya :D

2. Crafting


Saya suka crafting, tapi sukanya angin-anginan. Hehehe. Dan saat terbaik untuk menekuni hobi crafting saya adalah saat saya jenuh nge-blog. Hihi. Dulu sekali saya sempat rajin membuat bros bunga dari bahan kain flanel. Lalu beberapa bulan lalu saya sempat tekun belajar merajut. Crafting itu menyenangkan, dan membuat pikiran jadi fresh. Tapi ya itu, setelah jenuh saya hilang, biasanya crafting akan kembali jadi nomor sekian setelah nge-blog.

3. Main sama ponakan

Nahh, ini sebenarnya cara yang paling kilat untuk menghilangkan kejenuhan. Ngobrol sama Kak Andien (ponakan tertua, 8 tahun) tentang topik ringan khas anak-anak, dengar Dek Danish ngecuwis (ponakan kedua, 4 tahun) dengan logat cadelnya yang lucu, dan melihat kelucuan Mas Iyas (ponakan ketiga, 1,5 tahun) benar-benar merupakan mood booster buat saya. Setelah bermain dengan mereka sejenak, biasanya kejenuhan langsung hilang seketika.
Thanks to krucil-krucilnya tante ;)

4. Ngobrol sama sahabat

Cara ini biasanya saya pakai saat sedang tidak di rumah, atau saat sedang gak bisa pulang pas weekend dan gak bisa ketemu sama ponakan. Ngobrol random tentang apa saja dengan sahabat yang paham saya banget cukup ampuh bikin jenuh cepat enyah dari diri saya.

Nah, setelah jenuh sudah teratasi, maka saatnya untuk kembali berkarya melalui blog. Jadi, jenuh itu boleh dan sangat manusiawi. Asal jangan keseringan dan jangan kelamaan. Karna kalau keseringan itu namanya malas, dan kalau kelamaan itu namanya ngeles. Hehehe.

Share yuk, aktivitas apa yang kamu lakukan saat sedang jenuh? :)

6 komentar:

  1. Kalau lagi enek ngeBlog aku biasanya baca buku, masak, ngurusi tanaman atau males-malesan di kasur sambil nonton film :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngurusi tanaman dan nonton film itu hampir gak pernah jd pilihanku mbak :D

      Hapus
  2. Yg ke 4 ituu mewah bgt heheee.. Klo uda nikah.
    Udah lama sa aku ngga nyentuh benang sm jarum rajut :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku yg masih single aja jarang pegang mbak, haha
      tapi karna males aja, hihi

      Hapus
  3. itu bross ya mba, lucu bangeeet aku pernah punya bross kayak gitu aneka warna, tapi ntah gimana kok raib tak berbeka hahahah. Kalau lagi jenuh memang baiknya jeda sejnak dan lakukan hal lain. Kalo aku pasti tujuannya salon hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuiiih, hobi nyalon to mbak, pantesan cantik :P

      Hapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)