Selasa, 05 April 2016

Resep Andalan Keluarga: Rica-Rica Kepiting


Beberapa minggu lalu saya sekeluarga kedatang tamu istimewa. Sebut saja mereka calon mertua saya #eaaaaa :D. Seperti biasa, tiap kedatangan tamu pasti hal pertama yang bikin resah dan gelisah adalah tentang 'mau disuguhi apa?'. Apalagi kalau bertamunya kebetulan pas jam makan siang, gak mungkin dong gak disuguhi makan siang? Itu sih namanya dzalim. Hehe.

Nah, setelah melalui diskusi panjang *halah* antara saya, Bapak dan Ibuk, akhirnya kami memutuskan untuk menyuguhkan menu andalan keluarga kami. Ini ide saya sih sebenernya. Hehe. Dan dari awal saya bilang ke Ibuk, bahwa menu ini harus saya sendiri  yang masak. Biar kalau ditanyain, "Mana yang masakan Mbak Rosa?", saya bisa jawab dengan PeDe. Ahihihi.

Yepp, menu andalan keluarga kami adalah... taraaaa: Rica-rica Kepiting :)

Biar teman-teman bisa mencoba seberapa lezatnya menu andalan rica-rica kepiting ini, maka akan saya bagikan resepnya di sini.

Bahan-bahan:

2 kg Kepiting
Air secukupnya
Minyak goreng untuk menumis bumbu

Bumbu halus:
15 buah cabe (sesuai selera)
5 butir kemiri
10 buah bawang merah
5 buah bawang putih
2 ruas jari Jahe
2 butir tomat (bisa diganti saus)

Bumbu tambahan:

1 batang serai
5 lembar daun jeruk
1 bungkus saus tiram
Mrica secukupnya
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Cara membuat:

-Rendam kepiting dalam air mendidih

-Haluskam bumbu. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan kepiting, lalu tambahkan air secukupnya. Masukkan daun jeruk, serai, garam dan gula. Biarkan hingga air berkurang, lalu koreksi rasa. Tambahkan saus tiram, aduk-aduk hingga rata, lalu biarkan lagi hingga air tersisa sedikit. Koreksi rasa lagi, jika sudah pas, maka siap disajikan.

Alhamdulillah, saat itu semua orang memuji, bilang enak. Hehe. Yes!

Monggo dicoba yaa teman-teman. Bagi penggemar seafood, dijamin nagih!

7 komentar:

  1. Wah jadi ingat kepiting di Tarakan.
    Satu porsi satu nampan
    Terima kasih resepnya
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  2. Pengen cobain..sukses bikin camer hepi ni yeeeeee

    BalasHapus
  3. Pengen cobain..sukses bikin camer hepi ni yeeeeee

    BalasHapus
  4. Kayaknya enak, ca. Belum pernah nyobain kepiting. ehehehe

    BalasHapus
  5. Tambah pedas pake banget, yummy

    BalasHapus
  6. Tambah pedas pake banget, yummy

    BalasHapus
  7. thanks atas resepnya mbak, jadi pengen cepat nyobain masakannya istri dengan resep itu...

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)