Minggu, 03 April 2016

Tips Piknik Hemat


Piknik, tampaknya menjadi sesuatu yang tenar sekali sekarang ini. Atau sebenarnya dari dulu, cuma saya aja yang gak tau? Entahlah. Yang saya tau, sering sekali saya lihat orang-orang yang mengeluh kurang piknik melalui statusnya di media sosial. Bahkan sempat ada tema viral soal ibu rumah tangga yang butuh piknik, ya?! Hihi.

Memang sih, wajar kalau kebutuhan akan piknik meningkat pada orang-orang jaman sekarang. Berbanding lurus dengan tingkat stress yang juga meningkat karna semakin tingginya tuntutab hidup. Gitu gak, sih? Yang jelas, gak ada salahnya kok merasa butuh piknik.

Piknik gak selalu harus mahal kok. Apalagi untuk orang seperti saya, yang penghasilan pas-pasan (pas butuh pas ada, aamiin). Kalau nunggu piknik ke luar pulau atau ke luar negeri, nginep di hotel berbintang, bla bla bla, ya keburu stressnya numpuk masih tetep belum bisa piknik mungkin. Hehe.

Terus gimana, dong? Ya disiati dong, ah! Harus pintar mengatur strategi agar kebutuhan piknik terpenuhi, tapi keamanan dompet tetap kondusif. Hihi. Nah, berikut ini beberapa tips piknik hemat a la saya:

1. Tujuan piknik gak perlu jauh

Yup! Piknik gak harus selalu ke luar pulau atau luar negeri, kan? Asal niatnya pure pengen piknik, bukan untuk biar bisa foto-foto dengan background keren, ya piknik gak perlu jauh lah.

Coba cek, ada tempat wisata apa saja di daerah kita. Pasti kita bakal kaget, karna ternyata tempat wisata di daerah kita aja belum semua kita kunjungi. Hihi. Kalau saya yang orang Jepara, tempat wisata favorit sih tetap Pantai Bandengan dan Pantai Kartini.

Memilih tempat tujuan piknik yang gak jauh dari rumah itu cukup signifikan lho kalau kita berniat piknik hemat. Yang paling signifikan tentu saja ada di pos biaya transportasi dan biaya menginap yang bisa dipangkas seminimal mungkin.

2. Pilih sarana transportasi yang efektif dan efisien

Maksudnya gimana? Maksudnya, kalau kita mau piknik cuma berdua sama pasangan (*cieee pasangan, hihi), memilih menggunakan motor akan membuat piknik kita semakin hemat. Atau kadang saya piknik berempat sama teman-teman juga tetap pakai motor. Ya motornya dua lah, ya! Soalnya gak ada mobil sih memang. Ahahaha.

Tapi serius, rasanya tetap hemat pakai motor kan, ya? Apalagi kalau kamu tinggal di kota yang tingkat kemacetan tinggi. Wuih, dijamin, memilih motor akan semakin membuat kamu hemat!

3. Jangan banyak jajan, kalau perlu bawa bekal dari rumah

Pasti sudah umum lah ya di manapun, kalau jajan yang dijual di area lokasi piknik itu pasti harganya lebih mahal dibanding di tempat umum. Saya pernah tuh, ke Pantai Bandengan pagi-pagi dan kebetulan belum sarapan. Nah, begitu sampai Pantai Bandengan, saya beli P*p Mie. Beuh, harganya dua kali lipat!

Maka dari itu, kalau memang ingin piknik hemat, tahan keinginan untuk banyak jajan. Kalau perlu, gak ada salahnya kita bawa bekal dari rumah. Apalagi kalau kita pikniknya bareng keluarga. Wuih, pasti malah bikin makin seru. Makan bareng sambil gelar tikar gitu.

4. Gak perlu beli souvenir khas tempat wisata

Yah, kalau cuma piknik ke lokasi yang masih di daerah kita sendiri, rasanya beli souvenir gak terlalu penting deh, ya! Kecuali kalau kita pikniknya ke manaaaa gitu. Hehe. Jadi, daripada sepulang dari piknik souvenir yang kamu beli cuma tergeletak begitu saja, mending gak usah beli deh. Kan mau piknik hemat, toh?!

5. Minimalisir menyewa fasilitas yang tersedia di lokasi piknik

FYI, di Pantai Bandengan sekarang fasilitasnya makin beragam loh! Ada Banana Boat, Perahu Kano, dll. Tapi, berhubung saya mau piknik hemat, ya gak perlulah mencoba fasilitas-fasilitas tersebut. Paling mentok, saya cuma naik kapal untuk nyebrang ke Pulau Panjang yang tarifnya gak sampai 50 ribu.

Ohya, satu lagi. Tiap ke Pantai Bandengan, saya juga selalu sedia plastik untuk membungkus baju yang basah setelah main air, dan peralatan mandi. Biar gak perlu beli di tempat bilas. Kan mau hemat. Hehe.

Nah, lima point di atas kalau dipraktekkan akan sangat signifikan lho buat keinginan berhemat kita. Seneng kan jadinya, kebutuhan piknik terpenuhi, tapi anggaran pengeluaran juga gak terlalu terganggu.

Kalau kamu, punya tips biar bisa liburan hemat gak? Share, ya :)

4 komentar:

  1. Yg ke 3 nih biasanya eyang utiii selaluu siap hehee, tapi kadang anak2nya tetep jajan juga :)
    Terus bawa tikerrrr hihiii berasa piknik bangget deh klo jalan sm eyang uti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, malah jd makin asyik lhooo mbak kayak gitu... kenyangnya juga bisa mantap.. kalo jajan kan sambil mikir. haha

      Hapus
  2. Kalau menurut saya sih mbak gak pas gitu kalau gak beli barang khas dari tempat wisata tersebut soalnya gak ada yang khas untuk dibawa pulang, tapi okeh juga tipsnya.

    BalasHapus
  3. pengen ih ke pantai bandengan kayaknya asik tempatnya :). tipsnya oke mba, siap diterapkan. tapi kalo transportasi aku mah pasti boyongan bawa segambreng printilan

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)