Senin, 27 Juni 2016

Buat Para Single, Baca Doa Ini

Apa salahnya sih berstatus single? Ya gak ada yang salah! Kalo memang Allah masih memandang kita pantesnya jadi single dulu, ya jalani saja sebaik-baiknya. Lantar kenapa banyak orang seperti hobi sekali 'mengusik' orang dengan status single dengan berbagai macam pertanyaan yang bikin panas telinga? Entahlah, saya juga gak tau. Saya pernah merasakan jadi single, dan semoga saya tetep selalu ingat untuk gak ikutan 'usil' tanya-tanya kalo sekiranya gak bisa bantu.

Nah, bagi si single, kenapa sering merasa gak nyaman dengan status singlenya? Rasanya ingin sekali segera mengakhiri status tersebut dengan sebuah akad nikah. Setidaknya dulu seperti itu yang saya rasakan. Menurut saya sih wajar. Itu fitrah. Allah menganugerahkan kebutuhan fitrah untuk berpasangan dengan lawan jenis pada semua manusia. Jika semuanya sudah dirasa siap, baik ilmu, umur, finansial dll, ya wajar saja si single tak ingin berlama-lama terus menyandanga status tersebut. Iya, kan?

Sayangnya, keinginan untuk segera melepas status single tersebut seringkali gak semudah yang kita angankan. Allah selalu punya skenario-Nya sendiri yang kadang susah kita tebak. Orang yang kita gadang-gadang menjadi teman hidup, ternyata tak memiliki keinginan yang sama. Ada orang yang menginginkan kita, tapi tak kuasa membuat kita berkata 'iya'. Atau bahkan seperti tak ada satu pun bayangan, harus dengan siapa kita mewujudkan keinginan agar tak lagi jadi single. Ya, serumit itu kadang keadaannya. Dan saya sepertinya sudah pernah mencicipi semuanya. *Haha, buka aib*

Tapi kita bisa apa selain berdoa dan berusaha. Tapi dalam konteks jodoh, menurut saya, sebagai wanita andalan utama kita adalah doa. Mau usaha, usaha yang seperti apa? Dari dulu saya bingung. Kalo kata Tere Liye, berperilaku baik dan memperluas pergaulan adalah contoh bentuk usaha sih. Tapi yang terpenting tetaplah doa.

Mumpung masih bulan Ramadhan, apalagi ini sudah masuk sepuluh hari terakhir, saya ingin membagi lafal doa yang dulu sebelum menikah gak pernah putus saya baca. Doa ini kalo gak salah diajarkan oleh Ustadz. Yusuf Mansur melalui sebuah acara di televisi. Pertama kali mendengar dan alhamdulillah langsung hafal, saya jatuh cinta seketika pada doa ini. Sederhana, tapi sudah amat mencakup banyak hal. Begini lafalnya:

Rabbi Habli Min ladunkan zaujan thayyiban,
wayakuna shahiban lii fiddini waddunya wal akhiroh

Artinya kalo gak salah:
Ya Rabb, anugerahkanlah kepadaku seorang pasangan yang baik,
yang bisa menjadi sahabat bagi urusan agama, dunia, dan akhirat

Indah banget, kan? Kurang apalagi kalo sudah dianugerahi pasangan seperti itu?! Sejak tau lafal doa itu, saya selalu mengucapkannya sepenuh hati setiap selesai sholat, baik fardhu maupun sunnah. Saya gak lagi mengucapkan doa panjang lebar dan detail semacam 'anugerahkanlah untukku jodoh yang tampan, sudah kerja mapan, sudah punya rumah sendiri, rajin sholat, pinter ngaji, bla bla bla', karna ujung-ujungnya saya malah jadi gak khusyuk doanya karna sambil mikir, 'apa lagi ya, apa lagi ya?' hehe.
Saya gak bilang kalo istiqomah baca doa itu akan segera bertemu jodoh, ya. Ustadz Yusuf Mansur juga gak bilang gitu. Saya juga baca doa itu lima tahun lebih kalo gak salah sampai akhirnya Allah perkenankan saya bertemu jodoh. Tapi apa salahnya kan berdoa? Kan Allah berjanji, 'ud 'uni astajiblakum -- barangsiapa berdoa pada-Ku maka akan Ku perkenankan. Masa' kita mau gak percaya? :)

Jadii, buat para single, yuk jangan lelah dan jangan bosan berdoa! Kalo bingung mau doa apa atau gimana kalimatnya, doa pake doa di atas aja, sederhana tapi indah :) Semoga kita semua Allah jodohkan dengan pasangan yang bisa menjadi sahabt bagi urusan dunia maupun akhirat. Aamiin.

9 komentar:

  1. Mba, makasih yaaa. Doanya dah aku catet. Lagi di masa-masa gamang nih mba. hoho. Baru mau jalan ke 23 tahun sih. Tapi karena udah kelar kuliah, udah kerja juga sejak masih zaman kuliah sampe sekarang, jadi gampang baper lihat orang nikah. Insya Allah doanya akan sering-sering dibaca :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Intan... banyak2 doa ya, semoga diijabah :)

      Hapus
  2. Bahaya ya klo aku yg baca hehe. Amin ya rabbi. Moga dipertemukan yaa segera.aku doanya detil pas dulu,hihii alhamdulillah Allah Kabul. Semangat ya saa. Maaf sa baru mampir lagii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, Mbak Uci baca doa yg lain aja lah yaaa

      Hapus
  3. Bahaya ya klo aku yg baca hehe. Amin ya rabbi. Moga dipertemukan yaa segera.aku doanya detil pas dulu,hihii alhamdulillah Allah Kabul. Semangat ya saa. Maaf sa baru mampir lagii

    BalasHapus
  4. doa nya indah mba. agak baper sih setiap liat tmn nikah tp untungnya ortu gak pernah nanya or nyuruh nikah walaupun umur aku udah hampir 29 *curcol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetep semangat, mbaaa... banyak2 doa, ya :*

      Hapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)