Jumat, 05 Agustus 2016

Apa Itu Puasa Ayyamul Bidh?

Apa itu puasa ayyamul bidh? Kenapa saya tiba-tiba tertarik menuliskan ini? Karna di sekitar saya ternyata ada beberapa orang yang belum familiar dengan puasa sunnah yang satu ini. Hingga pada suatu hari -- pertama-kalinya saya mengamalkan puasa ini setelah sekian lama hanya menyimpannya sebagai teori di memori -- ada teman yang 'menuduh' saya puasa untuk tujuan tertentu, kana saya puasa tiga hari berturut-turut pada hari yang menurut beliau gak biasanya orang puasa. Hihi.

Baca ceritanya disini: Puasa Untuk Siapa?

Tapi saya sangat bisa maklum sih. Puasa sunnah yang sangat tenar di masyarakat kita sepertinya adalah senin-kamis. Sehingga, saat ada yang puasa selain di hari senin atau kamis di bulan Ramadhan, maka akan ada pertanyaan 'puasa apa?' untuknya. Wajar. Tapi saya pengen membagi apa yang saya tau -- meski sedikit -- agar 'kewajaran' atas ketidaktahuan itu semoga lambat-laun menghilang, dan tulisan ini siapa tau bermanfaat bagi yang tengah mencari tau.

Puasa ayyamul bidh adalah puasa sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah. Puasanya selama tiga hari berturut-turut pada tengah bulan -- bulan hijriyah, setiap bulan. Berikut hadist yang menjadi salah satu pendukung puasa sunnah ayyamul bidh ini:

Kekasihku (yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: 1- berpuasa tiga hari setiap bulannya, 2- mengerjakan shalat Dhuha, 3- mengerjakan shalat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari no. 1178) (dikutip dari muslim.or.id)


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa memerintahkan pada kami untuk berpuasa pada ayyamul bidh yaitu 13, 14 dan 15 (dari bulan Hijriyah).” Dan beliau bersabda, “Puasa ayyamul bidh itu seperti puasa setahun.” (HR. Abu Daud no. 2449 dan An Nasai no. 2434. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih) (dikutip dari muslim.or.id)
Saya pribadi, bukan orang yang istiqomah menjalankan puasa sunnah ayyamul bidh ini. Sejak tau ilmunya, sepertinya belum sampai lima kali saya menjalankan. Alasannya macem-macem. Yang paling sering ada dua. Lupa tanggal (karna lebih seringnya memperhatikan tanggal masehi buat ngitung kapan gajian *ups*) dan yang kedua, kebetulan adaaa aja acara yang bikin ragu buat puasa pas tanggal seharusnya puasa. Ah, tapi ya itu cuma alasan pembenaran, seharusnya tetep harus dilawan. Untuk lupa tanggal, ada solusi sebenarnya. Tiap awal tahun sekarang ada orang yang berbaik hati membuatkan kalender puasa sunnah. Semoga Allah membalas kebaikan orang tersebut.

Jadi mulai sekarang, kalau ada teman atau siapapun yang puasa selain hari senin atau kamis, cek tanggal, mungkin ia tengah berpuasa sunnah ayyamul bidh :) Jadi jangan malah dicurigai macem-macem, ya. Hehe.

12 komentar:

  1. Terimaksih mbak, sudah mengingatkan kembali untuk istiqomah puasa ayyamul bidh :)Seringnya lupa tanggal *alasan. Padahal sudah sedia kalender yang pas 3 hari itu diwarnai ijo angkanya gede pula.

    BalasHapus
  2. saya baru tau ada puasa ayyamul bidh ini. Makasih infonya ya

    BalasHapus
  3. Oh, namanya puasa ayyamul bidh.. saya sering dengar, katanya ada puasa sunah di pertangahan bulan Hijriah. dan baru tahu namanya sekarang.. makasih infonya, Mbak :)

    BalasHapus
  4. Yup, saya terus terang belum pernah melaksanakan puasa ini.
    Insya Allah akan mulai mencobanya.
    Puasa sunnah memang menantang karena sebagian besar orang tidak berpuasa hahahah.
    Terima kasih diingatkan
    Salam hangat dari Jombang.

    BalasHapus
  5. Aku jarang puasa ayyamul bidh, karena kadang ngepas hari haid :D

    BalasHapus
  6. saya baru tau ini ada juga puasa ayyamul bidh... :-D


    www.qurban-aqiqah.com

    BalasHapus
  7. Iya Mbak...selain ayyamul bidh juga ada yang puasa daud. selang seling. Ngga curiga sih, Mbak...xixixi. Cuma saya juga belum mengamalkan yang satu ini nih, puasa sunah lain juga masih bolong2.

    BalasHapus
  8. Belum pernah puasa ini aku saa :D
    Jadi keinget bayar utang Ramadhan, banyak euy akuuu

    BalasHapus
  9. adik saya selalu melaksanakan puasa ini setiap bulan Mba, awalnya saya heran tapi setelah dijelaskan akhirnya saya mengerti deh :)
    walau kadang-kadang ikutan puasa tapi saya belum bisa melaksanakannya secara rutin setiap bulan seperti adik saya

    BalasHapus
  10. mencurigai apa apa maksudnya apose chaaa?
    masih rempong bayar utang ramadhan kayaknya aku
    oh yaaa dress hitam gak panas, mngkin ocha salah pilh bahan
    coba bahan jetblack atau kain arob ademm

    BalasHapus
  11. iya mba alhamdulillah sekarang udah ada kalender khusus yang ngasi tanda buat hari2 ayyamul bidh, walaupun kayaknya masih versi online, tapi kayaknya gak dijual ditoko-toko yaa

    BalasHapus
  12. baru tau soal puasa ini. Makasih infonya ya mba Rosa, gak bakalan bertanya2 lagi deh kalo ada temen yang puasa 3 hari berturut2 gini :)

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)