}); Cara Menentukan Skincare Regime Bagi Pemula | Rosa Bercerita

Cara Menentukan Skincare Regime Bagi Pemula

on
Rabu, 10 Oktober 2018


Sebagai seorang pemula di dunia per-skincare-an, saya sempat dibikin pusing untuk menentukan skincare regime yang harus saya aplikasikan untuk merawat wajah. Bener-bener blank, karna tadinya saya dimanjakan banget sama kepraktisan NuAmoorea yang cuma tempel-bilas, beres.

Bahkan membersihkan wajah atau sekedar facial foam aja saya sebelumnya gak pakai sama sekali loh. Kebayang kan gimana blank-nya saya dalam menentukan skincare regime, saat memutuskan untuk merawat wajah dengan beberapa step?

Baca: Review Jujur NuAmoorea Beauty Bar

Tapi yaudah Bismillah, trial n error.

Terus sekarang sudah nemu skincare regime yang cocok?

Belum sempurna banget sih. Masih trial n error terus, cuma sebulan terakhir ini saya merasa udah mulai nemu polanya. Udah gak blank banget lah.

Nah, dari pengalaman saya trial n error menentukan skincare regime yang bener-bener dari NOL, saya jadi ingin berbagi. Tentang hal-hal yang harus kita baru akan memulai untuk memakai beberapa step skincare dan menentukan skincare regime apa yang tepat bagi pemula seperti kita.

Yuk, langsung aja yaa.

1. Kenali jenis kulit kita

Ini yang utama banget. Kenali jenis kulit kita. Apakah berminyak, kering, normal atau kombinasi. Tentang caranya, silahkan ikuti kuliah di #skincare101-nya Mbak Affi Assegaf di channel Female Daily ya 😀 Soale saya agak ngeh sama dunia per-skincare-an juga dari situ.

Nah aku sendiri dulu sempat mengira bahwa kulit wajahku itu kombinasi normal-berminyak. Karna di bagian dahi dan janggut sering banget berjerawat. Ternyata setelah belajar lagi, kulitku malah cenderung normal-kering. Kulit kering bisa berjerawat juga lho.
2. Pilih Produk Yang Sesuai Jenis Kulit Kita

Kenapa sih harus mengenali jenis kulit kita dulu sebelum menentukan skincare regime?

Ya biar gak salah pilih skincare. Kan beberapa skincare ada peruntukannya masing-masing kan, apakah untuk kulit normal, kering atau berminyak.

3. Pakai produk baru satu per satu, dan Amati Reaksinya

Ini pelajaran utama banget yang saya dapat dari keputusan memulai pakai skincare berstep-step. Karna terlalu bersemangat, saya langsung beli beberapa step produk skincare -- yang mana semuanya masih asing di kulit saya karna sama sekali belum pernah pakai sebelumnya.

Akibatnya, saat muncul reaksi semacam kulit jadi bruntusan, atau timbul jerawat, saya bingung sendiri. Step atau produk yang mana nih yang menjadi penyebabnya? Huhu.

Belajar dari pengalaman itu, akhirnya saya revisi caranya. Saya mulai dari 0 lagi. Pertama pakai facial wash dulu aja. Lalu saya amati gimana reaksinya di kulit saya. Setelah sekitar 2 harinan dan gak ada masalah, saya tambahi dengan first cleanser -- karna saya bertekad menjalankan double cleansing.

Begitu seterusnya hingga saya menemukan skincare regime yang (agak) tepat untuk kulit saya.

Baca: Perjalanan Mencari Skincare

Jadi apakah saya sudah menemukan skincare regime yang tepat? Belum sih. Saya masih stuck di step double cleansing - exfoliating - toning - moisturizing. Pengennya nambahi serum ke skincare regime saya, tapi masih meninmbang-nimbang dan mempelajari serum apa yang kulit saya butuhkan.

Masih agak bingung juga karna saya merasa skincare regime yang sekarang saya pakai membuat kondisi kulit saya lebih baik di beberapa sisi, tapi jerawat di dahi dan janggut masih saja hilang-muncul secara simultan. Huhu.

Kalau ada yang sudah lebih paham soal skincare, boleh dong saya dikasih saran harus gimana untuk menyempurnakan skincare regime saya? 😊
1 komentar on "Cara Menentukan Skincare Regime Bagi Pemula"
  1. Saya tidak pernah pakai skincare apapun lagi sekarang. Konsumsi lidah buaya saja #Eh hehehe.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature