ads

Macam-Macam Bumbu Aromatik dan Manfaatnya

on
Selasa, 16 Oktober 2018
Sebagai orang Indonesia, hampir setiap masak kita pasti menambahkan bumbu aromatik. Iya, kan? Bumbu aromatik bisa dibilang menjadi salah satu ciri khas masakan nusantara, karna hampir sebagian besar menu pasti menggunakan bumbu aromatik.

Bahkan salah satu alasan Indonesia dijajah juga karna kekayaannya akan kekayaan bumbu aromatiknya kan? Hehe.

Bagi saya, bumbu aromatik merupakan salah satu faktor penting penentu sedapnya sebuah masakan. Gak perlu lagi lah pake penyedap masakan bubuk.

Selain membuat sebuah masakan menjadi lebih sedap dan nikmat, ternyata bumbu aromatik juga mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan lho. Apa saja sih?

1. Jahe

Kenapa saya meletakkan jahe di urutan nomor satu? Karna jahe merupakan bumbu aromatik favorit saya.
Saya sering sekali menambahkan jahe saat membuat tumis-tumisan, maupun saat memasak sayur berkuah santan untuk Faza. Selain membuat makanan lebih nikmat dan beraroma sedap, jahe juga memiliki banyak manfaat.

Manfaat jahe antara lain adalah untuk menghangatkan tubuh, meredakan nyeri, perut kembung, dll.

Untuk saya yang lumayan sering bermasalah dengan perut kembung, jahe menjadi salah satu andalan yang harus selalu tersedia di rumah. Gak cuma sebagai bumbu aromatik, jahe juga bisa dibuat menjadi minuman hangat. 

Tapi karna kalo harus bikin sendiri ribet sekali, saya lebih sering beli minuman sari jahe bubuk yang banyak tersedia di pasaran. Salah satu serbuk sari jahe yang paling saya suka adalah Herbadrink Sari Jahe. Gak seperti serbuk sari jahe lain yang kadang kurang terasa hangat jahenya, Herbadrink Sari Jahe sangat terasa hangatnya.




Saat pertama kali mencona Herbadrink, saya membatin. Kok Manisnya beda ya dengan manis-nya minuman-minuman sachet pada umumnya. Setelah mencari tau, ternyata Herbadrink Sari Jahe memang bebas gula (Sugar Free) sehingga cocok untuk konsumen yang sedang berusaha mengurangi konsumsi gula berlebih.

Saat perut saya sedang terasa kembung, saya langsung minum Herbadrink Sari Jahe. Perut kembung itu sepertinya 'sakit ringan' ya. Tapi percayalah, rasanya gak nyaman sekali, dan bikin mood berantakan. Tapi sesaat setelah minum Herbadrink Sari Jahe, perut saya pasti akan terasa hangat, keringat keluar, dan badan akan terasa jauh lebih segar dan enteng.

Selain bebas gula, Herbadrink juga bebas pengawet dan tanpa tambahan perisa. Minuman herbal alami ini dibuat berdasarkan resep tradisional Indonesia dan diproses melalui teknologi modern.

Herbadrink Sari Jahe bermanfaat untuk menghangatkan badan, membantu meredakan masuk angin, mual, perut kembung dan melancarkan sistem peredaran darah. Selain Sari Jahe, Herbadrink juga ada varian rasa yang lain, yaitu lidah buaya dan sari temulawak.

2. Lengkuas

Ini bumbu aromatik kedua favorit saya setelah jahe. Menurut saya, aroma lengkuas tu sedeeeepp banget.

Makanya saya suka masakan-masakan yang memakai lengkuas sebagai bumbu aromatik. Seperti sayur asem-asem daging dan ayam goreng lengkuas. Kalo lagi makan ayam lengkuas, saya pengennya lebih banyak bumbu parutan lengkuas dan jahenya yang udah jadi kremesan dibanding ayamnya. Hihi.

Apakah lengkuas ada manfaatnya? Tentu saja!

Dari manfaat.co.id dipaparkan, lengkuas punya manfaat yang sangat banyak. Di antaranya memberikan rasa nyaman di perutmengurangi resiko kanker, membersihkan bekas jerawat, menghilangkan ketombe, dll.

3. Pala

Akhir-akhir ini saya sukaaa sekali sama pala. Aroma-nya bikin tenang. Hihi.

Terutama saat memasak sup untuk Faza.Luar biasa ya pala ini. Secuil keciiilll saja, sudah mampu mengubah aroma dan rasa sebuah masakan. Tiap hendak menambahkan pala pada masakan, saya selalu teringat pelajaran sejarah. Teringat para penjajah yang sangat memburu bumbu aromatik macam pala ini.

Pala juga punya manfaat yang sangat banyak lho untuk kesehatan. Dari situs hellosehat.com dilansir, pala punya manfaat meningkatkan kesehatan otak, mengurangi rasa sakit, membantu mengeluarkan racun dari tubuh, dll.

4. Cengkeh

Saya sebenarnya jarang sekali menggunakan cengkeh sebagai bumbu aromatik dalam masakan. Tapi weekend kemarin, saat saya mencoba memasak crispy chicken steak favorit suami, ternyata salah satu bumbu aromatik yang dibutuhkan untuk membuat sausnya adalah cengkeh.

Akhirnya untuk pertama kalinya saya menggunakan cengkeh dalam masakan saya. Hasilnya? Mantap sedapnya!

Apakah cengkeh juga punya manfaat bagi kesehatan? Oh tentu saja. Dari lifestyle.kompas.com disebutkan bahwa cengkeh dapat membunuh bakteri penyebab penyakit, mengendalikan kadar gula darah, menjaga kesehatan tulang, dll.

5. Kunyit

Siapa yang hobi minum jamu kunyit asam?

Sayaa! Gak sering sih, kadang-kadang aja.

Di alodokter.com dijelaskan bahwa kunyit bisa mengatasi rasa sakit saat menstruasi, ruam kulit, maag, dll.

Sebagai bumbu aromatik, kunyit juga sering sekali dipakai untuk berbagai menu yang cenderung berwarna kuning alami, yang membuat masakan tampak sangat menggoda.

Kalau saya sebut semua bumbu aromatik yang ada di bumi nusantara tercinta ini, entah akan seberapa panjang tulisan ini 😀 Jadi 5 saja yaa.

Kalian juga pasti sering sekali kan memakai bumbu aromatik saat memasak? Apa saja bumbu aromatik favoritmu?
33 komentar on "Macam-Macam Bumbu Aromatik dan Manfaatnya"
  1. Oooh aku baru tau manfaat lengkuas itu.
    Kalo kunyit asam aku dulu sering minum saat haid, beli di mbok2 jamu yg lewat depan sekolah hehehe. Oya aku pernah minum es pala, segeer :)

    BalasHapus
  2. Kalau buat masak sukanya kunyit sama jahe :D Eh plus sereh juga

    BalasHapus
  3. Jahe, mamak saya masak lauk apa aja dikasih jahe. Bahkan goreng telur pun pake jahe. Kalo Herbadrink mah seger yak mengandung jahe. Lha kalo telur? Wakakka

    BalasHapus
  4. Jahe dan temulawak dah biasa minum ramuan herbalnya mba. Betul, Indonesia memang kaya dengan bumbu aromatik.

    BalasHapus
  5. Saya juga suka nih herbadrinksarijahe Hangatnya pas juga ga terlalu mania

    BalasHapus
  6. Wah,ini semua wajib ada di dapur. Apalagi jahe sama kunyit,wajib banget

    BalasHapus
  7. Ini baru minuman herbal yang praktis tanpa gula.

    BalasHapus
  8. Aku masak mah milih bumbu paling simpel, Mbak...:hehehe

    Bdw, sari jahenya menggoda

    BalasHapus
  9. Kalau untuk aroma masakan, saya lebih suka kencur, kayu manis, dan lengkuas. Tapi, untuk dijadikan minuman, rasa jahe memang enak

    BalasHapus
  10. lengkuas alias laos bisa untuk mengobati ketombe? wew, diapain ya? stok di rumah banyak nih.

    BalasHapus
  11. Yang sering kupakai ya Jahe sama Kunyit buat campuran masak. Kalau diminum ya Jahenya. Herbadrink Sari Jahe manisnya pas di lidahku

    BalasHapus
  12. Aroma Lengkuas sama Jahe mbak, kesukaan dan sering dipake saat masak , hehe

    BalasHapus
  13. Semuanya bumbu dapur yang kadang kita remehkan padahal punya segudang manfaat y mba :)

    BalasHapus
  14. jadi memasak dengan bumbu komplit itu sebenernya nggak cuma berfungsi melezatkan ya mbak. sayangnya saya sering mau praktisnya aja,..masak pakai bawang putih mericah aja hahaha

    BalasHapus
  15. saya juga suka lho minum Herbadrink Sari Jahe ini Mbak. rasanya hangat dan pedis2nya dapat, eheemm..
    sehat2 yaa :)

    BalasHapus
  16. Aku selalu sedia jahe dalam jumlah lumayan. Setiap masak ayam atau ikan pasti aku kasih irisan jahe.

    BalasHapus
  17. aku suka semua bumbu aromatik dengan kekhasannya masing2
    beneran indonesia kaya banget yaa...
    jahe apalagi tuh multi fungsi

    BalasHapus
  18. wah ternyata herbadrink jeli sekali ya mengambil manfaat dari tanaman herbal alami. pastinya praktis dan bermanfaat

    BalasHapus
  19. Aroma cengkeh akupun suka loh mba, kebetulan dulu tetangga ada pon cengkeh, cengkeh yang berjatuhan selalu kucium, aromanya sedep. Hihi

    BalasHapus
  20. Bumbu aromatik kaya gitu emang bikin cita rasa makanan menjadi lebih enak ya mba. Tapi aku belum pernah masak pake bumbu2 di atas haha. Aku soalnya masak cuma gitu2 aja.

    BalasHapus
  21. Jahe ini yang harus ada di rumah. Kalau badan meriang, minum jahe, badan enteng.

    BalasHapus
  22. Aku paling suka aroma cengkeh atau kunyit, tapi si HerbaDrink ini boleh juga dicoba ya karena penasaran sama jahenya apakah sama dengan menyeduh jahe yang direbus sendiri.

    BalasHapus
  23. Hampir semua bumbu di atas aku pake mbak untuk masak. Tapi pala n cengkeh untuk makanan tertentu aja sih.

    BalasHapus
  24. Saya juga suka jahe kalau minumnya diseduh seperti ini. Soalnya dulu nenek ngasihnya parutan gitu.

    BalasHapus
  25. Saya sering minum jahe, soalnya sering pilek. Enak, jadi anget. Pake herbadrink ini jadi praktis ya. :)

    BalasHapus
  26. Indonesia tuh memang rajanya rempah-rempah yaaa...segala bumbu dapur kita punya sendiri. Tak hanya digunakan sebagai bumbu, dijadikan minuman kesehatan pun oke banget.

    BalasHapus
  27. Jahe, bumbu aromatik yang efek sehatnya ke badan kerasa ya mba.

    BalasHapus
  28. Nikmat banget yaa tinggal di Indonesia, begitu kaya rempah dan bumbu... Selain buat tambahan memasak, banyak manfaat lain ternyata yaa.. Makasih sharing-nyaa

    BalasHapus
  29. di rumah ada tanaman jahe, lengkuas dan sereh .. selain buat bumbu dapur, aku suka pakai buat campuran teh hangat, misalnya jahe keprek campur teh hangat, rasanya wuihhh sedap ;)

    tapi agak repot sih, yg lebih praktis memang klo ada minuman rasa jahe atau kunyit seperti herbadrink

    BalasHapus
  30. My fav semuaaaa, karena selain bisa buat bumbu juga bisa buat minuman
    Itu yang penting banget
    Dan manfaatnya juga luar biasa

    BalasHapus
  31. Sari jahe andalan nih. kalo pas gak ada stok herbadrink baru deh bikin sendiri. Tinggal geprek/parut aja.

    BalasHapus
  32. Hwaaaa suka pos ini, jadi siap-siap nanti masak boleh nambah dikit salah satu dari bumbu2 aromatik ini.

    BalasHapus
  33. Kalo di sini, ada minuman namanya saraba, enak deh segar rasanya, dia itu campuran santan + jahe. Saya dan suami suka minum ��

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature