Rabu, 15 Januari 2014

Warna-Warni Mahasiswa



“Boleh bangga jadi mahasiswa, tapi jangan bangga jadi yang terlama!”

Pertama kali lihat tulisan itu seingat saya di gedung Fakultas Psikologi Universitas tempat saya kuliah dulu. Saya yang sejak awal kuliah bertekad untuk bisa lulus dalam waktu 3,5 jelas dong langsung mengamini, *sambil ketawa ngikik. Hihi

Dulu waktu masih lugu saya sempet mikir, masa’ iya ada sih mahasiswa yang ‘sengaja’ memperlama kuliahnya dan jadi nggak lulus-lulus? Nggak mungkin lah kayaknya… pasti semua pengen cepet wisuda, jadi sarjana, terus kerja.

Eh ternyata enggak lho… saya salah. Mahasiswa ternyata ada banyak warnanya. Nah, saya lagi pengen iseng mengidentifikasi warna-warna motif mahasiswa yang berhasil saya tangkap. Cekidot!

Yang pertama warna mahasiswa yang putih polos. Yang kaya’ apa? Itu lhooo… yang rutinitasnya nggak lebih dari sekedar kampus-kost-kampus-kost. Eh, tambah warung makan ding! Hihi. Pokoknya tipe mahasiswa yang menganggap yang penting cuma kuliah, yang laen nggak penting.

Yang kedua warna mahasiswa merah menyala. Nah, yang ini tipe mahasiswa yang semangatnya berapi-api sekali menyandang gelar mahasiswa. Jadi mereka nggak bakal melewatkan berbagai aktivitas yang nggak mungkin bisa mereka lakukan lagi kalo udah nggak jadi mahasiswa. Yaaa misal, jadi aktifis BEM, atau Himpunan Mahasiswa, dll. Trus jadi panitia macem-macem acara dengan memakai jas almamater kebanggaan, ato bahkan melakukan berbagai aksi di jalan mengkritisi berbagai kebijakan.

Yang ketiga warna mahasiswa biru langit. Mahasiswa tipe ini tu, emm… tipe-tipe yang udah jauh lebih awal mempersiapkan masa depannya. Saking semangatnya mempersiapkan masa depan, mereka sampe rela loh melewatkan banyak sekali moment manis sebagai mahasiswa. Mereka lebih memilih kerja sampingan, daripada ikut organisasi-organisasi kemahasiswaan ato ikut seminar-seminar. Bahkan kadang ada yang udah saking asyiknya kerja, kuliahnya malah jadi ganti posisi sebagai “sampingannya”. hehe

Emmm… warna apa yaa… warna-warni mungkin. Eh, pelangi! Ya, pelangi! Tipe ini tu yang pengen nyicipin semuanya. Ya ikut organisasi, ya kerja kalo ada emang jadwalnya memungkinkan, tapi juga kuliah sama sekali nggak dikesampingkan. Jadi berbagai kegiatan di luar kuliah nggak bakal bikin mereka cuek sama nilai kuliah. Naaahh, kalo yang ini kayaknya tipe saya dan teman-teman saya banget ni. Hehe… narsis yah! Tapi bener loh. Kita tu ikut organisasi kampus, yah meskipun nggak militan banget sih. Kita juga pernah sok-sokan mengorbankan masa liburan semester buat kerja jadi surveyor – yang akhirnya diwarnai isak tangis. *itu bener2 episode tak terlupakan! Dan hebatnya, kami Alhamdulillah bisa menuhin target lulus 3, 5 tahun. Bahkan beberapa diantaranya lulus cumlaude loh! Tapi aku nggak sih! Haha

Nah, warna terakhir menurut analisa saya tu warna mahasiswa abu-abu! Duh, warna yang ini saya nggak bisa banyak jelasin. Intinya, ini tu tipe mahasiswa yang sukanya make’ waktu buat hal-hal nggak manfaat dan cenderung negative. Kalo ada mahasiswa yang baca tulisan ini, saya Cuma mau bilang “HINDARI!!”.

Oke, sekian hasil analisa nggak penting saya. Yang perlu digarisbawahi plus distabilo, tulisan ini sarat unsure subjektifitas! hehe

6 komentar:

  1. benar-benar berwarna mahasiswa itu ya, mulai dari putih, merah, biru langit hingga abu-abu. kalau mahasiswa yang warnanya campur aduk semua warna...kira-kira ada nggak ya.....keep happy blogging always..salam dari makassar :-)

    BalasHapus
  2. Iya... benar2 masa yg penuh warna dan tak terlupakan. Terimakasih atas kunjungannya :)

    BalasHapus
  3. masa menempuh pendidikan emang banyak warnanya.... Bikin happy... Bikin sedih... Dan banyak tipe org nya.... :)

    Analisa kecil2lannya keren kok...

    BalasHapus
  4. Yang asik emang jadi mahasiswa yag warna warni yaa :D

    BalasHapus
  5. untuk apa meraih cita dengan berlama. sumua bisa asalkan ada cita...
    Betul gak....????

    BalasHapus
  6. Mbak Nova... Betull... dan tak terulang tentunya :')
    maksiih Mbak atas pujiannya, hehe

    Mbak Rani... Iyaaa, jadi kan lengkap pengalamannya :D

    Zies... Siiippp... lebih cepat lebih baek kan yaa ;)

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)