Senin, 02 Juni 2014

#SelfReminder6: Pembuktian

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?. Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta. 
(TQS. Al-Ankabut: 2-3)

Baca ayat itu disaat kondisi sedang seperti sekarang tuh rasanya JLEB sekali. Betapa sering saya merasa sudah 'cukup' beriman? Betapa sering saya beretorika tentang keharusan untuk ridho atas apapun ketentuan Allah? Betapa sering saya -- entah sadar atau nggak -- sombong bilang saya selalu mampu khusnudzon sama takdir? Ahh.

Ya, saya bisa saja enteng bilang semua itu. Orang lain mungkin akan percaya, memuji, bilang salut, dll. Tapi gimana dengan Allah? Apa Allah juga akan percaya begitu saja? Tidak. Ternyata Allah butuh bukti. Allah nggak akan begitu saja membiarkan saya memproklamirkan diri bahwa 'Saya telah beriman', tanpa terlebih dahulu menguji saya.

Saya kemudian menghela nafas pela, berucap istighfar. Mungkin ini salah satu moment saya. moment untuk membuktikan semua retorika saa agar nggak lebih dari sekedar omong kosong. Dan, see... nyatanya saya masih nggak luput mengeluh, meski sekuat hati saya rem.

Jadi inget nasehat Ustadz Yusuf Mansur waktu beliau masih rutin ngisi acara tausiyah tiap pagi. Adakalanya kita justru butuh ujian, dan harus bersyukur dikasih ujian. Karna kalo nggak dikasih ujian seringnya kita lalai... dan nggak sadar langkah kita mendekat pada-Nya menjadi semakin melambat (atau malah berhenti?). Nasehat Cite juga tadi pagi, 'harus ttp khusnudzon sama takdir'.

Yup, Bismillah... ini moment saya. Moment buat buktiin bahwa saya sepenuhnya percaya bahwa janji Allah tidak pernah dusta, bahwa segala ketentuan-Nya adalah yang terbaik, dan bahwa saya ridho pada apapun yang diberikan-Nya buat saya :)

**Tetep pegang tangan saya, Rabb... melalui hamba-hamba terbaik-Mu yang ada di sekelilingku, Ku mohon :')**


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)