Jumat, 27 Maret 2015

RESEP IKAN BAWAL BUMBU A LA IBU

Kemarin, tiba-tiba saya pengeeeen banget makan ikan bawal yang kayak biasanya dimasakin ibu di rumah. Akhirnya bela-belain ke pasar jam enam pagi, buat beli ikan bawal 2 ekor saja. Haha. Emm, 2 ekor itu kalo ditimbang beratnya seperempat kilogram lebih dikit, harganya Tujuh Ribu Rupiah.

Masaknya gampang, dan yummy menurut teman kost saya yang juga ikut nyicipin. Hehe. Jadi pengen membagi resepnya di sini. Siapa tau ada yang lagi pengen masak ikan bawal. Ohya, Ikan bawal tuh kalo di goreng doang kadang suka beraroma aneh gitu kan, ya? Kayak bau lumpur. Tapi kalo di masak kayak gini nggak akan ada bau kayak gitu lagi. Satu lagi, berhubung saya beneran nggak tahu apa nama masakan ini, jadi saya namain aja Bawal Bumbu A la Ibu. Haha...

Berikut resepnya:

Tahap pertama: Goreng ikan bawal yang sudah dibersihkan dan dicuci. Ikannya nggak perlu dikasih garam, biar tawar aja. Gorengnya juga nggak perlu terlalu kering, ya.

Tahap kedua: Siapin bumbu halus
Bumbu halus:
4 butir kemiri
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
4 buah cabe
1/2 sdt merica
Garam secukupnya
Gula merah aren 1/8 bulatan

Kemudian uleg semua bumbu tersebut hingga halus

Tahap ketiga: Penyelesaian
Panaskan minyak goreng, sedikit aja. Setelah minyak panas, masukkan bumbu halus, dan tumis sebentar hingga berbau harum. Setelah harum, masukkan air kurleb setengah gelas belimbing, lalu masukkan ikan bawal yang sudah digoreng tadi. Setelah ikan masuk, tambahkan daun salam dan serai -- biar aromanya makin harum. Habis itu tinggal ditunggu aja deh sampai airnya berkurang banyak, dan menyisakan bumbu kental. Ohya, kemarin saya tambahin kecap dikit beberapa saat sebelum api saya matikan. Udah, jadi deeehh... ikan bawal siap disantap.

Berikut penampakan masakan saya kemarin sore:
Tapi gambarnya sama sekali nggak menarik, apalagi menggoda, ya :((
Maklumlah, fotonya cuma pake kamera HP yang spesifikasinya pas-pasan banget,
dan sudah magrib pula. Jadi pencahayaan kurang.

Selamat mencobaaaaa :)

7 komentar:

  1. Balasan
    1. Hihi, ayo masak lalu dinikmati mbaakk... :))

      Hapus
  2. enak banget, ca. bagi ke sini. :D

    BalasHapus
  3. Yeyy, nyam nyam banget resepnya ^^

    BalasHapus
  4. Kalok dipikir-pikir masak itu emang lebih hemat yah, Mbak.. Jadi pengen coba bikin deh.. :D

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)