Sabtu, 28 Mei 2016

Jenis Asuransi Kesehatan

Memilih asuransi kesehatan terbaik sangat disarankan untuk Anda dalam mencapai keamanan serta kenyamanan hidup, pada dasarnya sebuah asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang hanya khusus menangani segala resiko atas segala permasalahan pada kesehatan diri Anda. Baik disebabkan karena kecelakaan maupun pada saat Anda jatuh sakit, semua pembiayaan dapat diatasi oleh jasa asuransi yang Anda miliki. Asuransi kesehatan terbagi dalam beberapa jenis, berikut dibawah ini yang perlu Anda ketahui:



Asuransi kesehatan berdasarkan jenis perawatannya
Asuransi kesehatan berdasarkan jenis perawatannya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:
Asuransi rawat jalan, asuransi yang menyediakan pelayanan serta pengobatan maupun perawatan berjangka atau dalam keadaan pasien tidak pada ruangan. Hal ini, akan membantu Anda dalam mengatasi segala pembiayaan yang dikenakan selama masa perawatan tersebut hingga Anda benar-benar sehat.
Asuransi rawat inap, asuransi ini menyediakan pelayanan serta pengobatan maupun perawatan bagi kesehatan Anda ketika memerlukan ruang inap dirumah sakit, tentunya dalam jangka waktu beberapa hari. Segala proses perawatan dari mulai pengecekan seluruh anggota tubuh sampai pada pengobatan medis spesialis yang membutuhkan obat-obatan yang mahal, semua biaya tersebut ditanggung oleh pihak asuransi yang beranggotakan Anda.

Berdasarkan informasi yang didapat, asuransi kesehatan berdasarkan pengelola dana, dapat dijadikan dua pihak yaitu pihak swasta dan pihak pemerintah. Dimana jika Anda memilih asuransi dari pemerintah, ada beberapa informasi yang tersebar dikalangan masyarakat, yakni ketidaknyamanan pelayanan dalam memberikan perawatan terhadap para nasabahnya, tidak sama seperti pada asuransi swasta yang ada, berdasarkan informasi dari nasabah, justru pihak swasta lebih memberikan fasilitas pelayanan yang baik dan ramah serta cepat dalam menangani nasabah sebagai pasien.

Asuransi kesehatan berdasarkan keanggotaannya
Asuransi kesehatan berdasarkan keikutsertaan Anda sebagai anggota pada dasarnya dapat dilakukan atas dasar kewajiban ataupun rasa sukarela untuk melakukan pembayaran terhadap sistem perusahaan asuransi tersebut. Jika dalam perusahaan besar justru diwajibkan untuk Anda membayar premi asuransi kepada semua karyawannya yang ikut serta dalam keanggotaan, dengan cara pemotongan gaji ditiap bulannya. Akan tetapi beda hal terhadap asuransi dimana tiap keanggotaannya dapat dengan bebas membayar uang premi asuransi tersebut sesuai dengan kesanggupannya. Sehingga pada saat Anda jatuh sakit atau terkena kecelakaan, pihak asuransi hanya akan menanggung biaya pengobatan yang besarnya saja, sedangkan jika ada perawatan lain diluar tanggungan asuransi, Anda akan dikenakan biaya seperti pasien umumnya.

Asuransi kesehatan berdasarkan pihak yang ditanggung
Asuransi kesehatan berdasarkan pihak yang ditanggung juga dapat dibedakan menjadi dua, yaitu jenis individu dan juga asuransi jenis kelompok. Asuransi jenis individu dapat diberikan hanya pada keangggotaan masyarakat yang berwarganegara Indonesia saja. Dimana para anggota nya bertempat tinggal di wilayah Indonesia. Sedangkan asuransi untuk kelompok dapat diberikan pada sebuah instansi perusahaan atau suatu organisasi, dimana asuransi tersebut bisa digunakan untuk para karyawan yang sedang bekerja dalam perusahaan tersebut, sebagai bentuk fasilitas dari perusahaan. Selain itu, jenis asuransi bahkan dapat diberikan kepada sebuah keluarga namun dengan syarat, biasanya terbatas hanya untuk lima orang anggota keluarga saja.

Itulah beberapa informasi mengenai jenis-jenis asuransi kesehatan terbaik untuk Anda ketahui. Cobalah untuk lebih teliti, cermat dan cerdas dalam mendaftar pada jenis asuransi apa yang akan Anda gunakan, karena menggunakan dan memiliki asuransi terbaik akan sangat membantu Anda untuk menjaga kelangsungan hidup yang lebih baik dimasa sekarang maupun dimasa mendatang. Semoga uraian diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan serta referensi untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)