Video time-lapse: Cerita Satu Hari Dalam Hitungan Menit

on
Kamis, 25 Februari 2016
Pernah lihat kan, video perubahan langit dari pagi, siang, sore, malam, dengan sangat cepat? Keren banget, ya. Waktu yang lama dan berjam-jam, bahkan berhari-hari dipersingkat jadi beberapa menit, bahkan beberapa detik. Saya penasaran deh, bikinnya gimana. Kayak videonya National Geographic ini, nih:




Video time-lapse ini tentunya dibikin secara profesional dengan kamera video yang serius. Tapi jangan sedih, sekarang kamu bisa, lho, bikin video time-lapse pake smartphone. Seperti di smartphone Huawei Y6 yang ada fitur time-lapse-nya.

Tapiii, tetep biar hasilnya bagus dan berkonsep *tsaahh*, tetep harus melakukan persiapan dong! Nah, saya menemukan beberapa tips penting untuk membuat video time-lapse. Ini dia nih beberapa diantaranya:

•    Bikin konsep

Mau membuat video tentang apa? Pilih satu tema yang menarik. Misalnya, aktivitas sehari-hari di kantin sekolah, atau berkaitan sama alam seperti metamorfosa ulat jadi kupu-kupu, atau proses mekarnya bunga, atau aktivitas di sebuah tempat umum yang ada keramaian, seperti di stasiun kereta api.

 


•    Gunakan tripod

Jadi, kamera smartphone ini akan merekam sebuah objek dalam waktu yang lama. Nggak mungkin dong kamu pegangin terus selama berjam-jam?! Bisa kesemutan tuh tangan kamu :D Fungsinya tripod ini juga supaya kamera bisa merekam dengan stabil, tanpa goyangan, karena pasti akan mempengaruhi hasil akhirnya.

•    Cari angle yang tepat dan posisi yang sama





Angle dan posisi yang sama akan membantu pemirsa merasakan perubahan dan perbedaan yang terjadi dalam video tersebut.

•    Pastikan baterai dalam keadaan full

Smartphone akan dipakai selama berjam-jam, jadi pastikan baterainya dalam keadaan full, dan siapkan powerbank untuk berjaga-jaga jika low-batt.

Menurut saya, bakalan asyik banget lho bikin video time-lapse dengan smartphone. Saya jadi penasaran dan pingin banget nyoba. Banyak banget kayaknya ide yang udah muter-muter di kepala! Haha.

Bisa ngerekam kegiatan pas lagi nongkrong bareng temen-temen, ngerekam proses bangun paginya si Andien -- ponakan saya yang susah banget bangun pagi! Ngerekam matahari terbenam dari balkon kamar juga bisa. Seruuuu, ya, kayaknyaaa! Hahaha, kok jadi excited gini sih sayanya :D


Mungkin ini saatnya ceki-ceki smartphone keluaran Huawei ini. Konon harga Huawei Y6 cukup reasonable, cuma sejutaan! Penasaran kaaaan??!!!
4 komentar on "Video time-lapse: Cerita Satu Hari Dalam Hitungan Menit"
  1. thanks tipsnya mba, saya juga lg belaja bikin video ..kecil2an buat melengkapi blog

    BalasHapus
  2. Aku time lapse anak sndiri mlulu sa heheuu blum nyobain terkonsep..wawei ini ekonomis yaa

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature