Resep Fire Chicken Dengan So Good Ayam Potong

on
Selasa, 18 Juli 2017

Saat pulang kampung weekend kemarin, seperti biasa saya selalu mengagendakan untuk melepas rindu bereksperimen di dapur. Kenapa harus saat pulang kampung? Karna banyak sekali relawan untuk menjaga Faza selama saya masak. Hehe. Kalau di Semarang tenaga amat terbatas.

Tapi berhubung kepikiran mau masaknya mendadak -- hanya sesaat sebelum berangkat, jadi beli bahannya yang praktis tapi kualitas tetap terjamin. Kebetulan mas suami request pengen dimasakin ayam. Yasudah, berhenti di minimarket sebentar, beli So Good Ayam Potong. Selain kualitas terjamin dan bersertifikasi halal MUI, So Good Ayam Potong menawarkan pilihan bagian-bagian tertentu sesuai selera kami. Saya suka banget bagian paha ayam, sedangkan mas suami suka banget bagian dada. Pas banget di minimarket tersebut tersedia So Good Ayam Potong Dada dan Paha. Sippp, bungkus!

Sesampainya di rumah, saya galau itu ayam mau dimasak apa. Menu-menu semacam semur ayam, opor ayam, dan semacamnya rasanya masih belum hilang dari lidah karna terhidang selama beberapa hari saat lebaran. Maka saya mencari inspirasi resep olahan ayam yang beda. Aha, ketemulah resep menarik di justtryandtaste.com, yang kemudian saya rombak sesuai selera saya dan mas suami.

Yuk, langsung saya beberkan saja resepnya di sini :)

Resep Fire Chicken So Good

Bahan-bahan:
5 potong So Good Ayam Potong (2 Paha dan 3 Dada)
3 sdm tepung  terigu
2 sdm tepung maizena
1 sdm tepung tapioka
1/2 sdt garam
 1/2 sdt merica bubuk
1 butir telur

Cara membuat:

Keluarkan So Good ayam potong dari freezer. Ambil sesuai kebutuhan, dan tunggu sampai ia tidak beku lagi. Kenapa saat itu saya hanya memasak lima potong saja? Karna saat itu saya masih dalam tahap berkreasi dengan resep ini. Jadi masih belum yakin apakah rasanya akan pas di lidah saya dan mas suami, atau tidak. Hehe.

 

Setelah ayam lembek, cuci bersih dan tiriskan. Keringkan ayam yang sudah ditiriskan dengan tisu dapur, lalu baluri dengan garam dan merica bubuk.Tambahkan telur dan semua tepung, lalu aduk-aduk dengan tangan hingga merata.


Setelah itu, goreng ayam dalam minyak panas dengan api kecil hingga kuning keemasan. Agar ayamnya gak cepet lembek, usahakan saat menggoreng ayam tercelup semua ke dalam minyak, ya.

Kalau sudah selesai menggoreng ayamnya, tiriskan. Lalu mari membuat sausnya :)

Ohya, dalam resep asli, ada tepung beras dan baking powder yang saya skip.

Bahan saus:

2 siung bawang putih
5 buah cabe merah
2 buah cabe rawit
7 sdm saus sambal botolan
1 sdm kecap manis
2 sdm saus tiram
1 sdm gula pasir
1 sdm air jeruk nipis

Cara membuat saus:

Haluskan bawang putih, cabe merah dan cabe rawit. Lalu sisihkan. Dalam resep asli sebenarnya menggunakan cabe bubuk. Saya menggantinya dengan cabe segar karna kurang suka dengan rasa pedas yang dihasilkan cabe bubuk.

Langkah selanjutnya, panaskan wajan anti lengket. Masukkan saus sambal, bawang putih dan cabe yang sudah dihaluskan, kecap manis, saus tiram, gula pasir dan jeruk nipis (dalam resep asli memakai cuka, tapi saya menggantinya dengan jeruk nipis). Aduk-aduk hingga mendidih, lalu cicipi. Jika ada yang terasa kurang pas di lidah, tambahi sesuai selera.

Jika sudah pas, masukkan ayam yang sudah digoreng dan ditiriskan. Lalu aduk perlahan hingga seluruh permukaan ayam terbaluri dengan saus.

Taraaa, sudah jadiii deh, tinggal sajikan dan mari disantap :)

Kata mas suami, rasa Fire Chicken a la saya ini bisa disandingkan dengan menu di Djatilegi (salah satu restoran di Semarang). Saya gak tau sih itu jujur atau gombal. Hehe. Makanya, silahkan dicoba resepnya, dan kasih tau saya tentang pendapat kalian, ya =D

Sebagai catatan tambahan, bagi penggemar pedas kelas berat, takaran cabai dalam resep ini bisa dibilang kurang nendang. Saya sengaja membuatnya tidak terlalu pedas karna beberapa hari lalu perut saya baru saja bermasalah. Jadi cari aman dulu :)

Selamat mencoba ^_^

Yuk, ikuti lomba kreasi resep So Good yang diadakan oleh So Good bekerjasama dengan Blogger Perempuan. Untuk syarat dan ketentuan, silahkan meluncur ke sini, yaa :)
11 komentar on "Resep Fire Chicken Dengan So Good Ayam Potong"
  1. Wah pedasnyaàa..saya ga bisa terlalu pedas tp kayanya bisa disiasati kurangi cabenya ya

    BalasHapus
  2. Ehem ehem. . Masakan istri yg disukai suami 😘

    BalasHapus
  3. Haduh ngiler enak banget iku mba Ros :-D
    sedap pedas mantap

    BalasHapus
  4. Wiiihh... penampakannya bener2 'on fire' nih :D Kalau mau nyobain mungkin aq ga pake saus sambal lah, ga kuat pedes soalnya. Cabenya juga dikurangi. Lalu judulnya : half-fire chicken hihiiii..

    BalasHapus
  5. Ngacung nih aku penggemar pedas kelas berat.. :D
    Ini resep boleh juga dicoba, praktis. hehehe

    BalasHapus
  6. Aku mo bikin ini kemarin. Ternyata keduluan. Ganti haluan deh, mikir yang lain hehehe. Saus kejunya pasri nyam nyam ituh

    BalasHapus
  7. Penampakannya udah bikin ngiler, komentar paksuami pasti bener, Cha 😁

    BalasHapus
  8. Huhah! Kerasa pedesnya sampe sini mba..
    Btw saya klo masak yg ayam2 tepung gitu ko lebih sering gagalnya ya 😢 mgkin perlu nyoba resel mba Rosa ini

    BalasHapus
  9. waah... pasti mulut dan bibir tebakar nih hehehe.... anak saya pasti suka kalo saya masakin makanan seperti ini :)

    BalasHapus
  10. Sepertinya enak mbak, cuma sayang aku gak suka pedas, ntar kushare adikku aja yang doyan pedas resepnya 😊

    BalasHapus
  11. Dikasih lombok setan semua yg banyak, mantab nih 😋😋

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature