Cara Membuat Bayi dan Anak Nyaman saat Diajak Traveling dengan Kereta Api

on
Rabu, 05 Desember 2018


Kereta api merupakan pilihan moda transportasi darat yang saya rasa paling nyaman untuk digunakan ketika bepergian jarak jauh.

Setidaknya ada tiga alasan mengapa saya favoritkan kereta api sebagai moda transportasi darat yang paling nyaman, karena:

1. Harga tiket kereta relatif murah dan terjangkau. Bahkan tidak jarang kita dapat promo apabila membeli di toko online seperti Bukalapak, contohnya.

2. Rel kereta yang lurus dan tidak berbelok tajam serta laju kereta api yang konstan membuat kita lebih jarang mabuk dan merasa pusing.
 
3. Kereta api yang panjang, karena terdiri atas beberapa gerbong juga menjadi kelebihan tersendiri untuk transportasi ini. Pasalnya, kita bisa jalan-jalan di setiap gerbong saat merasa bosan atau jenuh. Jalan-jalan dari satu gerbang ke gerbang lainnya tidak mengkhawatirkan karena kereta api tidak pernah berhenti secara mendadak.

Cara membuat bayi dan anak nyaman saat naik kereta api
Saat bepergian dengan menggunakan kereta api, tak jarang kita mengajak serta anak-anak yang masih bayi maupun balita. Misalnya ketika travelling jarak jauh seperti saat mudik lebaran. Pada saat itu, bagi mereka yang punya bayi dan anak sudah pasti akan mengajak serta anak-anak mereka.

Saya sendiri pernah mengajak Faza naik kereta api saat usianya 9 bulan, ke Cirebon untuk berkunjung ke kampung halaman eyang kakungnya.

Tapi sayangnya, anak-anak tidak seperti orang dewasa yang lebih mudah diatur dan lebih tenang saat mengalami masalah. Anak-anak cenderung lebih rewel, sulit ditenangkan, dan mudah membuat kita jadi panik. Pasalnya, ketika anak-anak menangis atau memberontak, tidak hanya kita sebagai orang tua yang akan merasakan dampaknya melainkan, penumpang yang ada di satu gerbong juga pasti akan merasakan juga. Hal itulah yang sering membuat kita merasa tidak enak, malu, dan kadang-kadang berubah jadi emosi.
 
Agar kegiatan traveling menggunakan kereta api bisa lebih menyenangkan bagi bayi dan anak-anak, kamu perlu membaca beberapa tips berikut ini.
Pastikan bayi bisa tidur di setiap jam tidur mereka
Bayi biasanya memiliki jam tidur yang teratur seperti di pagi hari, siang, sore, dan juga malam. Ketika diajak naik kereta api, sebaiknya jam tidur mereka tersebut tidak diubah. Karena biasanya apabila terlambat tidur sehingga kesulitan untuk terlelap, bayi maupun balita cenderung rewel.
Pastikan kamu membawa apa saja yang bisa mengalihkan perhatian mereka
Bayi dan anak-anak biasanya punya mainan spesial di rumah, berupa mainan yang paling mereka sukai. Siapkan tempat khusus untuk membawa mainan-mainan tersebut agar bisa dimainkan oleh anak ketika mereka merasa bosan dan jenuh.
Jangan ragu-ragu untuk jalan-jalan dari satu gerbong ke gerbong lainnya apabila anak mulai merasa bosan
Ini merupakan salah satu kelebihan naik kereta api. Di kereta, kita bisa jalan-jalan dari gerbong belakang hingga ke depan atau sebaliknya pada saat merasa bosan. Jalan-jalan juga bisa jadi hiburan buat anak-anak dan bayi ketika mereka merasa jenuh selama duduk di kereta api.
Jangan lupa membawa pakaian hangat bagi anak-anak
Tidak jarang kita memutuskan untuk naik kereta bisnis atau eksekutif maupun yang kelasnya lebih tinggi karena harga tiket kereta yang cukup terjangkau, atau karena alasan menginginkan kenyamanan yang lebih baik.
Namun tak jarang, tempat duduk yang kita pilih ternyata terlalu dekat dengan AC sehingga suhu udara di di tempat duduk yang kita dapatkan cenderung lebih dingin.
Jangan lupa membawa bekal makanan yang disukai oleh anak
Biasanya ketika kita melakukan traveling, kita cenderung lebih tertarik untuk membawa makanan instan yang tidak merepotkan dan ringkas dibandingkan dengan makanan yang disukai oleh anak, tetapi proses pembuatan dan pengemasannya lebih ribet. Padahal, anak-anak justru akan merasa lebih nyaman dan senang apabila mereka bisa mengkonsumsi makanan-makanan favorit mereka.
 
Tips beli tiket kereta api yang murah
Tiket kereta saat ini tidak hanya bisa kita dapatkan dan beli langsung di stasiun kereta api, melainkan bisa juga kita beli di toko online seperti Bukalapak misalnya. Beberapa keuntungan beli tiket di online shop antara lain:

Banyak promo diskon maupun cash back. Seperti saat saya menulis artikel ini misalnya, Bukalapak menawarkan cashback hingga Rp40.000 untuk setiap pembelian tiket kereta api dengan minimal pembayaran Rp100.000. Promo ini berlaku mulai tanggal 1-30 November 2018. Kode promonya adalah "PERGIJAUH" (tanpa tanda kutip).
 
Agar bisa menikmati promo ini, kamu wajib membeli tiket kereta di Bukalapak dengan menggunakan aplikasi Bukalapak. Jadi, bagi kamu yang membeli melalui browser tidak akan bisa menggunakan kode promo tersebut.

Jika kamu mencari tiket setelah tanggal 30 November, kamu tetap berkesempatan untuk mendapatkan cashback atau diskon dengan mencari promo di halaman https://bukalapak.com/promo.
1 komentar on "Cara Membuat Bayi dan Anak Nyaman saat Diajak Traveling dengan Kereta Api"
  1. Sangat bermanfaat untuk ibu-ibu yang bepergian dengan anak-anak menggunakan kereta api. Kalau urusan cemilan/makanan yang disuka, jangankan anak-anak, orang dewasa juga pasti qiqiqiq 😁😁🤗

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature