Jangan Dibiarkan, Berikut 4 Cara Menghilangkan Trauma Kecelakaan

on
Senin, 31 Mei 2021
Sebagian orang mungkin pernah mengalami suatu kejadian yang membuat trauma. Kondisi ini terjadi disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya yaitu kecelakaan. 


Biasanya Untuk menghapus trauma tersebut memang gak mudah dan membutuhkan usaha yang lebih. Meskipun begitu, ada beberapa cara menghilangkan trauma kecelakaan yang patut dicoba.


Apa aja sih cara yang bisa dicoba? Yuk, simak!

 

credit: Pixabay

 


1. Jangan Ragu Untuk Meminta Dukungan Terhadap Sekitar 


Bagi seseorang yang pernah mengalami kecelakaan dan selamat dari kejadian tersebut, sering kali merasakan trauma. Gak jarang, ada yang jadi menutup diri, lebih banyak diam, dan bahkan ada yang sampai histeris jika dihadapkan dengan alat transportasi tersebut. 


Kondisi mental yang seperti ini harus segera ditangani dengan langkah yang tepat agar tak berujung pada depresi. 


Untuk itu, lakukan cara pemulihan diri dengan meminta bantuan pada orang sekitar. Jangan ragu untuk meminta dukungan dari keluarga dan kerabat. Agar gak semakin berlarut, dan memberi efek buruk pada mental lebih jauh lagi.


Ungkapkan apa yang sebenarnya kita pendam agar lebih lega. Karena memendam perasaan duka sendirian bisa bikin mental makin tertekan. 


2. Memberikan Waktu Terhadap Diri Sendiri


Salah satu langkah yang bisa kita terapkan yaitu dengan memberikan waktu terhadap diri sendiri. Self healing ya bahasa kerennya. Wajar saja jika memilih cara menghilangkan trauma kecelakaan dengan menyendiri tanpa adanya pemaksaan. 


Lama waktu yang diperlukan pun juga berbeda-beda bagi setiap orang yang mengalaminya. Hal ini memang berdasarkan apa yang kita rasakan. Gak bisa dipukul rata antara satu orang dengan orang lainnya.


Dalam jangka waktu tersebut, kemungkinan psikis kita akan berupaya untuk menerima apa yang telah terjadi. Tak hanya itu saja, kita bahkan juga akan belajar memahami cara belajar untuk melanjutkan hidup. 


Hal ini mungkin terjadi, terutama pada kecelakaan yang ada anggota keluarganya tidak bisa diselamatkan. Hiks, naudzubillah.


Selain itu, kita juga bisa menyampaikan pada orang sekitar jika sedang melakukan pemulihan diri sendiri dengan kegiatan positif. 


Kita bisa melakukan berbagai aktivitas yang kita sukai, seperti berlibur, melakukan hobi, atau hanya sekedar beristirahat sejenak. Cara menghilangkan trauma kecelakaan ini mungkin menjadi langkah yang tepat dan ampuh untuk memulihkan diri sendiri. 


3. Melakukan Rutinitas atau Aktivitas Sehari-hari Seperti Biasanya 


Tak berhenti sampai disitu saja, untuk mengatasi rasa trauma sering kali waktu dianggap menjadi obat alami yang paling ampuh. Namun, Jangan paksakan diri kita bisa kembali pada rutinitas yang ada sesegera mungkin.


Cobalah  secara perlahan-lahan untuk kembali melakukan rutinitas sebisa mungkin, seperti makan dengan teratur dan bekerja. 


4. Menghadapi Ketakutan Yang Dirasakan


Cara selanjutnya yang terbilang ampuh untuk atasi trauma karena kecelakaan yaitu dengan mengingat kembali kejadian tersebut. 


Kemudian, cobalah untuk mengatasi rasa takut yang menyertai kita secara bertahap. Langkah ini bermanfaat untuk mengendalikan apa yang dirasakan mengenai kejadian traumatis.

 
Namun perlu diketahui jika cara menghilangkan trauma kecelakaan ini harus dilakukan bersama tenaga profesional atau psikiater. Kita bisa mencobanya jika sudah merasa siap dan ingin mengembalikan hidup seperti sedia kala. Tenang aja ya, datang ke psikiater itu gak apa-apa lho. Jangan termakan stigma datang ke psikiater artinya gila.


Sebab, trauma bisa diatasi tergantung dari kesiapan dan mental dari seseorang. Jadi, carilah bantuan profesional agar bisa mengendalikan emosi dan lekas pulih. 


Itulah beberapa tips yang bisa kita terapkan untuk memulihkan kondisi mental dari trauma kecelakaan. Memang awalnya tidak mudah, namun seiring berjalannya waktu bisa diatasi dengan baik. 


Cobalah dengan memberi waktu sendiri dan meminta dukungan pada orang sekitar. Namun jika kondisinya semakin memburuk, ada baiknya menemui tenaga profesional untuk konsultasi. 


Kecelakaan memang bukan sesuatu yang bisa kita hindari, tetapi bukan berarti tidak bisa kita cegah. Selalu utamakan keselamatan baik di jalan maupun tempat kerja. Lengkapi diri dengan asuransi kecelakaan agar lebih merasa tenang dan nyaman.

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature