Jangan Lupa, Perhatikan Perawatan 5 Sparepart Motor Ini

on
Rabu, 22 Mei 2024

Dulu, saya berpikir motor perlu dibawa ke tempat servis atau ke bengkel ya kalau mogok. Selama masih bisa dinaikin, ya udah gas aja. Dan saya yakin deh, yang punya pola piker seperti ini bukan cuma saya. Pasti banyak, terutama kaum wanita. Iya apa iyaaa? Hehe.

 

perawatan-sparepart-motor

 


Setelah menikah dan punya pasangan yang care banget soal kendaraan – baik motor maupun mobil – pola pikir ini perlahan berubah. Apalagi semenjak kami memakai motor sebagai kendaraan untuk pulang-pergi kerja dengan jarak yang cukup jauh, Paksu rutin menyerviskan motor kami sekurang-kurangnya 3 bulan sekali.


Dari obrolan Bersama Paksu yang hobinya nonton video-video bertema otomotif dan hasil brainstorming dengan abang bengkel, ada 5 hal yang wajib banget diperhatikan dalam merawat motor.


Apa aja sih 5 hal yang harus diperhatikan dalam merawat motor itu?


Kampas Rem


Seperti yang kita tau, salah satu penyebab terbanyak terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah kondisi rem yang tidak prima. Maka, kampas rem dan oli rem harus banget diperhatikan kondisinya dan dilakukan pengecekan berkala.


Apalagi jika rute yang dilewati adalah jalan dengan tanjakan dan turunan tajam, seperti yang setiap hari saya lalui. Ketebalan kampas rem dan kualitas minyak rem harus selalu dipastikan dalam kondisi baik. Lebih-lebih jika motornya jenis motor matic, yang dalam penggunaannya sangat bergantung pada kinerja rem, karena engine break tidak semaksimal pada motor jenis manual.


Jadi, rutin ganti kampas remmu, ya! Toh harga kampas rem motor tidak mahal. 100 ribu masih dapet kembalian, gak ada apa-apanya dengan keselamatan kita.


Oli Mesin


Oli mesin juga hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan.


Kondisi oli mesin yang sudah tidak bagus dan tidak segera diganti, akan sangat mempengaruhi performa motor. Di antaranya, motor akan jauh lebih boros bahan bakar, mesin terasa kasar dan efek paling fatalnya adalah kerusakan pada mesin.


Busi Motor


Urutan prioritas ke-3 yang harus selalu diperhatikan dari kendaraan bermotor kita adalah busi.
Pernah gak ngalami punya motor yang tiba-tiba mesinnya mati sendiri atau susah distarter? Nah, salah satu penyebabnya mungkin busi motornya yang sudah kurang baik kondisinya.


Ban Motor


Ban motor itu ibarat kaki untuk kita. Kalau kaki sakit, ya otomatis segala aktivitas terganggu.
Sama halnya dengan ban motor, yang menjadi tumpuan utama saat motor melaju. Tidak jarang orang lupa memperhatikan kondisi ban motornya, dan tidak sadar bahwa ban motornya sudah aus.


Jika saat melaju ban motormu sudah terasa keras dan kaku atau terasa licin, segeralah menggantinya dengan ban motor baru.


Kelistrikan Motor


Kelistrikan motor ini sepertinya paling sering diabaikan, padahal juga tidak kalah pentingnya. Pernah gak ngalami hamper celaka, gara-gara motor atau mobil di depan kita lampu remnya mati? Emosi jiwa banget rasanya kalau ketemu pengendara yang abai sama kendaraannya gini!

 

Selain itu, jika kelistrikan motor bermasalah, juga akan mempengaruhi kinerja ECU (Electronic Control Unit) pada motor, yang mengatur kinerja mesin.


Itu salah satu dampak buruk jika kita tidak memperhatikan kelistrikan kendaraan kita. Selain berpotensi mencelakai diri sendiri, kita juga jadi membahayakan orang lain.

Nah, dari 5 hal di atas, point mana saja yang sudah rutin kalian perhatikan, dan point mana yang masih sering kita lalaikan? Semoga semua yang baca artikel ini, aware sama ke 5 point di atas ya.

Sekali lagi, bukan hanya demi keselamatan diri sendiri, tapi juga demi menjaga keselamatan orang lain.

23 komentar on "Jangan Lupa, Perhatikan Perawatan 5 Sparepart Motor Ini"
  1. Memang harus kasih perhatian penuh untuk kendaraan ya, perawatan paripurna biar berkendara makin nyaman dan aman

    BalasHapus
  2. Punya kendaraan sepeda motor memang harus telaten ya, kalau mau awat. Perawatan rutin sparepart mutlak dilakukan untuk menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara.

    BalasHapus
  3. Meski udah jarang naik motor, tapi aku sepakat soal memerhatikan kendaraan milik pribadi. Minimal banget tau kapan jadwal service. Jadi, enggak usah nunggu pas ada keluhan gitu ya, Mak. Biar tetap nyaman dipakainya :)

    BalasHapus
  4. Beberapa bulan yang lalu motorku mogok, tak lain penyebabnya karena ada masalah di kampas rem, jadi wajib ganti.

    BalasHapus
  5. cek dan service motor ternyata memang harus berkala sih Mba, karena kita kadang suka keenakan pakai tapi lupa merawat. pdhal pentingnya merawat untuk memastikan semua spare part masih bagus utk keamanan dan kenyamanan.

    BalasHapus
  6. Busi sama kampas, aku nunggu dikasih tahu baru deh ganti, hahaha. Kalau oli dan lainnya, aku udah tahu karena kan bisa dijadwal juga. Kendaraan yang dirawat emang bikin lebih nyaman saat dipakai

    BalasHapus
  7. Kalau aku bagi tugas, perawatan mobil tugas suami, perawatan motor tugasku. Biasa pasrah aja aku sama abang bengkel apa yang harus diganti saat servis rutin. Dari artikel ini jadi tahu mesti aware dengan spare part motor apa saja nantinya

    BalasHapus
  8. 5 sparepart motor jangan sampai terlupakan saat melakukan service bulanan di bengkel ya

    BalasHapus
  9. Semua poinnya penting! Ya cek rem, kopling, mesin, ban dll
    aku sering mengingatkan anak dan suami juga karena masing-masing punya kendaraan bermotor

    BalasHapus
  10. Yaampun, sebagai perempuan emang biasanya terima beres ya. Kayak gini udah tinggal serahkan ke tempat servis. Kalau tempatnya bener sih ya gapapa, tapi kalo bandel bisa dimacem2in kalau gak ngerti.

    Busi yang paling sering gak diperhatiin nih, kalau rem dan ban biasanya lebih gampang terlihat dan paling terasa, jadi memang prioritas.

    BalasHapus
  11. Tulisan yang sangat informatif! Ternyata banyak hal kecil tentang motor yang sering kita abaikan, ya. Penting banget buat cek kampas rem, oli mesin, busi, ban, dan kelistrikan secara rutin. Apalagi kalau motor dipakai setiap hari. Selain menjaga keselamatan diri sendiri, juga buat keselamatan orang lain di jalan. Terima kasih sudah berbagi tips penting ini ya mbak.

    BalasHapus
  12. klo adek molly selalu diwanti-wanti soal rem sama oli motor. pokoknya jangan sampe kelupaan cek. ternyata masih ada banyak lagi yang mesti diperhatikan.

    BalasHapus
  13. hehehe... iya lah mbak, dulu juga saya kepikirannya motor baik-baik saja, masih bisa di gas di rem, ngapain mesti di bawa ke bengkel.

    Kalau saya paling sering ngecek tuh kondisi angin ban mbak, soalnya paling gampang, kalau yang lain, urusan suami

    BalasHapus
  14. Sebagai lady biker, saya sepakattt banyak hal2 yg terabaikan dalam hal perawatan kendaraan

    padahal ini urgent bangettt ya kan.
    makasiii infonya mbaaa

    BalasHapus
  15. aku ga paham perawatan motor dan sparepartnya. bisa make motor juga enggak hihi. tapi suamiku rajin servis motor dan ganti sparepartnya jika diperlukan :)

    BalasHapus
  16. Walaupun kita perempuan setidaknya kita juga harus tau nih bagaimana merawat kendaraan bermotor agar tetap bagus mesinnya ya.

    BalasHapus
  17. Kalau motor lauo awet, pastinya harus rutin dirawat ya mbak
    Nggak cuma ganti oli, tapi juga cek sparepart

    BalasHapus
  18. Penting semua sih kayanya ya 5ppint di atas makanya servis rutin untuk ngecek smua tuh memang penting. Again bener lagi kita ga cuma jaga diri sendiri selama di jalan tp keselamatan oramg lain

    BalasHapus
  19. Bagi semua yang punya motor harus tahu banget ini
    Karena kalau disepelekan bisa berbahaya
    Apalagi kalau sudah mengakibatkan masalah di jalan

    BalasHapus
  20. Nah sama nih saya juga kalau pakai motor ga pernah service rutin, taunya pakai aja padahal bahaya ya karena bisa bikin umur mesin motor jadi pendek

    BalasHapus
  21. Kak Anna.. Itu aku bangeeet... Hahahaha.. Saya juga dulu mikir naik kendaraan itu just naik, baru ke bengkel kalau rusak. Padahal kendaraan kan sama aja kayak manusia butuh perawatan. Saya baru sadar ketika pak suami yang meni apik banget ngerawat motornya. Bener banget tuh yg dirawat seperti yg kak anna tulis.

    BalasHapus
  22. Terima kasih pencerahannya, mau ingatkan suami untuk memperhatikan perawatan motornya biar aman dan nyaman dipakai berkendara

    BalasHapus
  23. sejujurnya aku nggak paham perawatan motor ,taunya cuma pake aja tapi suka bete kalau orang yang nggak ada rem, rem mendadak asli itu rawan banget kecelakaan karena itu

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature