Selasa, 10 Juni 2014

Hantu Bagi Kaum Wanita

Setelah beberapa hari lalu saya bercerita tentang kakak perempuan saya yang mengalami 'cobaan' saat menyusui, kali ini saya ingin bercerita tentang sepupu perempuan saya yang mengalami 'cobaan' dalam hal kehamilan. Hmm, cerita-cerita ini semakin membuka mata saya tentang betapa luar biasanya menjadi seorang wanita, terlebih menjadi seorang ibu. Ah, pantas saja surga pun ada di telapak kakinya.

Sepupu saya tinggal di Palembang, sudah punya dua orang putri cantik, dan 2 bulan yang lalu mengalami keguguran. Yang baru saya tau dan membuat saya tercengang adalah, ternyata dia nggak baru sekali ini keguguran, melainkan 4 kali. Bayangkan, 4 kali! Menururt cerita ibundanya, keguguran yang pertama disebabkan karna sepupu saya terjangkit toksoplasma. Keguguran kedua dan ketiga disebabkan karna virus rubella. Sedangkan keguguran yang terakhir belum diketahui faktor penyebabnya. Katanya sih masih nunggu hasil tes darahnya.

Ya Allah... saya merinding disko deh. Betapa banyak sekali 'hantu mengerikan' yang harus kita waspadai, dan saya seperti baru sadar tentang itu. Toksoplasma dan rubella sudah beberapa kali saya dengar, tapi belum pernah punya keinginan buat nyari tau tentang hal-hal tersebut lebih dalam sebelumnya. Nah, semenjak denger cerita itu, keinginan itu mulai muncul. Yah, setidaknya biar bisa hati-hati. Lebih baik mencegah kan daripada mengobati :)

Saya sempet resah sih waktu baca beberapa artikel yang bilang bahwa kucing sangat berpeluang menularkan tokso. Soalnya saya suka sekali sama hewan lucu satu itu. Di rumah saya juga memelihara satu ekor bernam Catty. Jujur jadi was-was. Tapi jadi lumayan lega waktu ketemu sama artikel ini. Jadi katanya yang paling berpeluang menularkan tokso adalah mengonsumsi daging yang kurang matang, atau mencuci sayuran kurang bersih. Sedangkan soal virus rubella saya baca artikel ini.

Selain dua penyakit itu, ada 'hantu-hantu' lain yang sudah sangat sering disosialisasikan untuk diwaspadai oleh para wanita. Apalagi kalau bukan Kanker serviks dan kanker payudara. Aduh, nyebutnya aja saya mrinding. Tapi menurut saya, hal terpenting dalam upaya menjaga diri dari berbagai 'hantu' itu satu sih, jaga kebersihan. Bersih diri, bersih lingkungan, bersih makanan. Nah, terutama kalo lagi menstruasi, harus bener-bener jaga kebersihan (catatan buat diri sendiri).

Yah meskipun ujung pangkal dari semuanya sih tetep Allah, ya. Semoga Allah melindungi kita dari berbagai 'hantu mengerikan' itu. Aamiin.

2 komentar:

  1. Burung juga katanya masuk deretan penyebab tokso ya, Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oohh.. iyaa ya mbak?? baru tau lhoo malah...
      boneka yang bulu-bulu itu juga katanya...

      Hapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)