Senin, 18 Agustus 2014

Resep Pizza Praktis Suka-Suka

Judul postingan ini kenapa gak jelas sekali, ya :D
Whatever!

Gegara Mbak Rohma pamer bikin pizza pake magic com - dahulu kala (soalnya memang udah lama banget), saya jadi penasaran pengen nyobaik bikin juga, dan akhirnya: ketagihan! Saya sudah 3 ato 4 kali bikin, dan alhamdulillah hasilnya selalu cukup memuaskan. Dari Ibu yang memuji bilang enak (padahal beliau sebelemnya gak pernah tertarik sama makanan 'aneh2' gini), lalu Andien - ponakan saya yang lahap banget sampe hampir ngehabisin entah 3 ato 4 potong, sepupu yang juga bilang enak sampe bilang mau order segala, dan terakhir saya bawa buat temen-temen di kantor dan semua orang langsung rame-rame minta resepnya (meskipun gak tau deh pada diprakteklin beneran apa gak).

Saya memang lumayan suka masak. suka nyobain resep-resep yang rada aneh-aneh. Emm, maksudnya saya cenderung jarang masak masakan-masakan yang biasa Ibu saya masak, seperti pecel, sup, dll. Soalnya pasti kalah sama beliau :|. Tapi anehnya, saya kalo masak tuh gak disiplin. Gak pernah pake gelas takar, timbangan, dll gitu. Jadi suka asal cemplang-cemplung. Soalnya, beberapa kali sok-sokan patuh pada resep kok ya malah gak jadi :(( Seringnya pasti di air sih, suka terlalu encer kalo airnya ngikut di resep. Trus ibu saya bilang, masak itu harus pake hati, pake feeling -- jangan kayak ngerjain matematika yang pake rumus pakem. Emm, gak tau sih prinsip itu bener apa gak. Itu tidak lebih hanya prinsip dari seorang cheff andalan keluarga saya :)))

Nah, ini niihh salah satu penampakan pizza saya :D

Oke, berhubung ada beberapa orang yang minta resepnya, saya akan coba menulisnya di sini, tapi -- sekali lagi, ini resep suka-suka a la saya. Takaran-takarannya juga bakal gak jelas, gak kayak resep-resep pada umumnya. hehe

Bahan:
3/4 gelas belimbing Tepung terigu (Tau gelas belimbing, kan? kalo gak tau monggo tanya mbah gugel :D)
1 butir telor
1 sdt fermipan
1 sendok makan margarin
2 sendok makan susu kental manis putih
air secukupnya
garam secukupnya

Cara membuat:
Pecahkan telor ke dalam baskom ukuran sedang, aduk-aduk sebentar pake sendok. Setelah itu masukkan tepung dan fermipan, aduk-aduk lagi. Lalu masukkan semua bahan lain (masukin airnya dikit-dikit aja, se-pas-nya). Lalu uleni pake tangan, sampe kalis (kayak mau bikin donat itu. tau, kan?. Setelah kalis, diamkan selama 1 jam dengan ditutup pake kain yg habis dibasahi trus diperes gitu. Setelah satu jam didiamkan di suhu ruang, masukkan ke dalam kulkas selama 1-2 jam.Kalo udah mengembang sempurna, keluarkan dari kulkas, ratakan adonan di dasar magic com, tata topingnya, lalu matangkan dengan cara seperti kalo mau masak nasi gitu (tekan tombol cook). Kalo lampu penandanya udah pindah ke 'keep warm', biarkan sekitar 15 menit. Lalu tekan tombolnya lagi (di cook lagi). Setelah pindah ke keep warm lagi, biarkan 15 menit, dan taraaaaaa..... siap dihidangkan! :D

Oh ya, untuk topingnya sesuai selera. Kalo aku biasanya pake: saos pedas, jamur tiram (sebelumnya udah di tumis dulu. jangan sampe mateng, yg penting layu aja), tomat, sosis, sama keju, mayonese. Oh ya, yang terakhir kemaren pake jagung manis juga.

Oke, itulah resep pizza suka-suka a la rosa. Maaf yaaa kalo bahasanya belibet bikin bingung. Silahkan di lihat resep yang jadi inspirasi utama saya di sini. Sekiaaan, selamat mencobaa :) Happy Cooking :))

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)