Senin, 03 Oktober 2016

Agar Bisa Bekerja Dengan Bahagia

pixabay.com

Kerja adalah kegiatan yang akan kita lakukan rutin, lengkap dengan berbagai rule, tuntutan dan tekanannya masing-masing. Wirausaha macam jualan online sekalipun, pasti ada lah ya tekanannya. Jadi gak cuma yang kerja kantoran yang penuh tuntutan, tekanan dan aturan. Nah, apa jadinya kalau kita melakukan kegiatan rutin dan (hampir) setiap hari itu tanpa rasa bahagia? Atau jangan-jangan bahagianya cuma pas gajian aja? Duh, stres doang dong berarti?! Bisa bayangin gak kita melakukan sesuatu yang gak bikin kita bahagia itu tiap hari? Huaaa, bayanginnya aja ngeri menurut saya.

Maka, mengusahakan diri agar bisa bekerja dengan bahagia sepertinya merupakan sebuah keharusan. Karna kalau gak, siap-siap saja dicekam stress yang mengancam sewaktu-waktu. Nah, gimana sih cara agak kita bisa bekerja dengan bahagia? Ini beberapa cara yang saya lakukan. Siapa tau bermanfaat buat kamu :)

Jangan Bekerja Hanya Demi Uang

Kedengarannya klise sekali, ya. Klise atau muna? Tapi serius, kalau kita kerja hanya semata demi uang, kita cuma akan merasa tertekan. Yah, salah satu sifat jeleknya manusia itu kan susah merasa puas toh? Hari ini dapet gaji sekian, terpacu untuk bisa mendapat gaji yang lebih dari itu. Begitu seterusnya. Nah, gimana gak stress kalau kayak gitu?

Terus demia apa bekerja kalau bukan demi uang? Seperti kata Pak Ustadz, anggap kerja sebagai bagian dari ibadah kita pada Tuhan. Jadikan bekerja sebagai salah satu pembuktian bahwa kita mau berusaha untuk mendapatkan rizki. Lagi-lagi terdengar klise, tapi silahkan dibuktikan. kalau kita sudah bisa menanamkan mindset ini, Insya Allah bekerja akan terasa lebih ringan dan kita bisa bekerja dengan bahagia.

Cintai Pekerjaanmu!

Yup, ini juga cara yang ampuh agar kita bisa bekerja dengan bahagia. Sebagaimana rumah tangga akan sulit bahagia jika kita tak mencintai pasangan kita, kita pun akan sulit bekerja dengan bahagia jika kita tak mencintai pekerjaan kita.

Gimana bisa mencintai kalau dari awal kita memang gak suka bidang pekerjaan kita?

Seperti kata para bijak bestari, cinta selalu bisa diusahakan kan, say :) Salah satunya dengan terus belajar dan berusaha untuk menjadi expert di bidang pekerjaanmu. Saya lupa pernah baca di mana, yang jelas di tulisan tersebut dijelaskan bahwa kita akan lebih mudah mencintai pekerjaan kita saat kita sudah merasa expert di bidang tersebut.

Kalau tetep gak bisa mencintai pekerjaan tersebut, gimana dong? Nah, cara ketiga ini mungkin jauh lebih cocok.

Bekerjalah Sesuai Passionmu

Nah, kalau bekerja di bidang yang sesuai sama passion kita, rasanya akan jauh lebih mudah ya bagi kita untuk bisa mencintai pekerjaan kita. Seperti seorang teman Blogger saya yang bernama Akarui Acha. Ia yang memang sejak dulu menyukai dunia kepenulisan, memilih untuk bekerja di bidang yang sesuai dengan passionnya tersebut. Dan dari cerita-ceritanya di Blog pribadinya yang bertajuk "Taman Rahasia Acha", ia tampak amat menikmati pekerjaannya di bidang kepenulisan sebagai copywriter. Ketika kita bisa bekerja dengan bahagia, bukan gak mungkin potensi kita akan semakin tergali dan melejit. Seperti Acha yang tak berhenti sebagai copywriter saja, ia juga terus berkarya melalui tulisan di berbagai media bahkan buku.

Berusahalah Untuk Selalu Meminimalkan Konflik

Sesuka-sukanya kita dengan bidang pekerjaan kita, senyaman-nyamannya tempat kerja kita, kita akan susah sekali bahagia jika terlibat banyak konflik, terutama dengan teman kerja. Iyalah ya, gimana bisa bahagia kalau sama orang-orang yang membersamai kita selama bekerja aja kita gak nyaman? Yah, walaupun namanya hidup -- tidak terkecuali dunia kerja -- gak mungkin sih kalau bener-bener gak bakal ada konflik. Pasti ada. Tapi setidaknya kita berusaha untuk meminimalkan terjadinya konflik. Contoh paling sederhana, gak usaha nyinyir jadi orang. Karna kenyinyiran adalah salah satu penyebab konflik yang paling dahsyat. Haha.

Yup, empat cara diatas semoga bisa kita terapkan saat bekerja, dan membuat kita bisa bekerja dengan bahagia, ya. Rugi banget lah kayaknya kalau tiap hari kita mengerjakan sesuatu yang gak bikin kita bahagia. Iya, kan?

Kamu punya cara lain? Share yuk di kolom komentar :)


15 komentar:

  1. Kerja sambil pacaran boleh gak wkwkwkw.. gue banget ituu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku jugaaa mbak, pacaran halal pulaa :D

      Hapus
  2. Makasih untuk share-nya mbak :)

    Mudah2an bisa tuh bekerja sesuai passion, jadi dapet duit tapi gak berasa lagi kerja hehehe..

    BalasHapus
  3. patut ditiru beneran ya chaaa semangatnyaa :D barusan udah mampir sana

    BalasHapus
  4. Aku kerja dengan cinta dulu, trus bosen karena bukan passion sejak awal. Meski udah berusaha sampai jatuh cinta tapi ternyata tetap bisa jenuh juga yak. Jenuh lihat angka-angka dan bukan duit sendiri, hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga kerjaan yg sekarang gak sesuai passion awal sebenernya mbak. Wallahu a'lam apakah pada akhirnya aku akan bosen juga seperti mba wati

      Hapus
  5. Cintai pekerjaan, dan bekerja sesuai passion ini Mbak yang masih jadi peer saya. :)

    BalasHapus
  6. semuanya berdasarkan rasa cinta, bila rasa itu tidak ada maka akan terasa berat untuk kita melakukannya.

    Sekarang saya sedang belajar mencintai pekerjaan baru di bidang pengembangan website awal awal si kesusahan tapi sedikit demi sedikit rasa cinta itu muncul ketika melihat traffic yang makin memuncak hehee. Artikel yang bermanfaat mbak untuk memompa kembali semangat saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kalo tau tulisan kita banyak yg baca tu bikin semangat banget yaa

      Hapus
  7. bagus nih untuk memotivasi, good job

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)