Kamis, 06 Oktober 2016

Tips Merawat Kulkas Untuk Ibu Rumah Tangga


Dewasa ini, kulkas sudah seperti kantung ajaib bagi ibu rumah tangga. Ingin menyimpan bahan makanan segar, jus, buah-buahan, dan bahan lainnya? Langsung saja simpan di kulkas. Akan tetapi, ibu rumah tangga mana yang tidak panik bila kulkas mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan? Untuk menghindari malapetaka tersebut, mari simak tips merawat kulkas di bawah ini!

Pastikan Pintu Kulkas Kita Tertutup Rapat

Anda pasti tahu karet segel yang terdapat di balik pintu kulkas. Nah, karet itulah yang mencegah udara keluar dari kulkas dan memastikan pintu tertutup rapat. Karet yang sudah longgar akan menyebabkan pembentukan bunga es yang berlebihan, kerja kulkas menjadi lebih berat, bahkan dapat membuat kulkas tidak lagi dingin. Untuk mencegahnya, Anda dapat menggunakan sikat gigi, soda kue, dan air untuk membersihkan kotoran dan sisa makanan pada karet.

Bersihkan Kumparan Secara Berkala

Salah satu penyebab umum kerusakan kulkas adalah kumparan kulkas tidak dibersihkan secara rutin. Hal ini akan menyebabkan debu menumpuk pada bagian ini dan menyebabkan kulkas bekerja lebih keras. Imbasnya, umur AC tidak akan awet dan makanan akan lebih cepat basi. Untuk membersihkannya sebenarnya cukup mudah, Anda tinggal mematikan kulkas Anda, menariknya, dan menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu.

Jaga Fan/Kipas Agar Tetap Terawat

Biasanya terdapat di pintu atas, atau di pintu atas dan bawah untuk sebagian tipe kulkas. Guna kipas ini adalah untuk membagi angin atau sirkulasi udara agar tersebar ke seluruh ruang di kulkas. Bila sudah rusak, dapat menyebabkan bunga es menumpuk pada pipa evaporator sehingga menyebabkan kulkas tidak dingin. Kalau sudah begini, makanan akan lebih rentan rusak.

Service Kulkas Kita Secara Rutin

Tidak semua bagian pada kulkas dapat dijangkau dan dapat dibersihkan dengan mudah. Ada baiknya bila kita menggunakan jasa service kulkas untuk membersihkan kulkas kita secara rutin agar kulkas awet.


Kini hadir marketplace jasa bernama Sejasa.com yang dapat membantu kita mendapatkan jasa service kulkas terpercaya. Cukup dengan membuka Sejasa.com dan mengisi form permintaan, kita akan mendapatkan penawaran berupa estimasi harga dari beberapa penyedia jasa. Bandingkan harga, baca review, lihat profil usaha penyedia jasa, pilih yang terbaik!

5 komentar:

  1. Whah tukang service langganan kayaknya harus gabung di sejasa deh biar diberdayakan

    BalasHapus
  2. enaknya sekarang semua semua bisa online :D

    BalasHapus
  3. Smoga kulkasku awet wkwkwkw

    BalasHapus
  4. tips yang sangat bermanfaat sekali kak

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)