ads

Flip, Solusi Transfer Antar Bank Tanpa Terkena Biaya

on
Jumat, 14 September 2018


Hari gini, pekerjaan transfer-mentransfer kayaknya udah jadi salah satu aktivitas rutin harian ya? Apalagi trend belanja online yang makin berkembang luar biasa. Kayaknya semua-mua sekarang belinya online.

Cuma, bagi saya pribadi ada dua hal yang kadang bikin mikir dua kali kalau mau belanja. Pertama, ongkir. Males banget kalo ongkirnya mahal. Kecuali barangnya emang bener-bener susah dicari di daerah saya. Iya sih, marketplace sebelah ada fasilitas free-ongkir. Tapi kan ada minimal belanjanya.

Kedua, kalo si pemilik toko cuma punya satu atau dua rekening Bank, dan ndilalah beda bank dengan saya 😭 Ini konteksnya kalo belanja onlinenya gak melalui marketplace atu E-Commerce ya.

Iya sih biaya administrasi transfer beda bank itu cuma 6.500 rupiah doang. Tapi tetep aja kok rasanya nyesek ya. Ada yang gini juga kah?

Minggu lalu saya harus transfer ke rekening yang beda bank dengan bank yang saya pakai. Dan kemungkinan saya harus transfer beberapa kali ke rekening tersebut. Huhu, sedih banget.

Beberapa orang di grup WA juga ngeluh hal yang sama. Sampai pada akhirnya ada salah satu teman yang datang memberitahu sebuah solusi yang sangat mencerahkan 😍

Ternyata transfer beda bank tanpa terkenan biaya itu bisa banget lho!

FLIP solusinya 😃

Flip merupakan sebuah aplikasi yang menawarkan solusi untuk orang-orang seperti saya yang gak cukup ikhlas kehilangan uang 6.500 untuk membayar biaya transfer antar-bank 😂 Aplikasi ini bisa diunduh melalui Play Store, atau bisa juga diakses langsung webnya lewat PC di https://flip.id.

Membuat Akun Flip

Nah, kalau mau transfer antar Bank tanpa biaya pakai Flip, langkah pertama tentu saja membuat akun dulu.

Flip, solusi transfer antar bank tanpa biaya


Setelah bikin akun, kita harus masih harus melengkapi data. Meliputi kota tempat tinggal kita, nomor KTP, dll. Kita juga akan dimintai verifikasi nomor HP.

Setelah semua data kita lengkapi, kita masih belum bisa langsung transfer pakai Flip. Masih ada satu langkah lagi, yaitu aktivasi akun.

Caranya ada dua pilihan. Yang pertama dengan upload foto KTP kita, foto wajah kita, dan foto kita sedang memegang KTP. Setelah foto terupload, kita masih harus nunggu pihak Flip-nya memverifikasi foto yang kita upload. Setelah terverifikasi, Flip akan mengabari kita melalui email.

Saya kemarin sempat pilih pakai cara itu. Cuma kok agak lama ya. Udah dua hari belum ada perubahan. Masiiihh aja dalam proses verifikasi.

Karna udah keburu mau pakai, akhirnya saya pilih cara kedua. Cara kedua jauh lebih simpel, tapi kudu keluar modal dikit. Haha. Yaitu dengan cara datang ke Alfamart, dan bilang ke kasir mau aktivasi Flip. Nanti kita akan diminta menunjukkan KTP, nunggu sebentar, beres deh. Biayanya 4.000 rupiah saja!

Cara Transfer

Saya baru dua kali sih transfer antar bank pake Flip. Dan Alhamdulillah PUAS, tanpa kendala.

Saat akan melakukan transfer, kita akan disuguhi form seperti di bawah ini 👇


Saat mengetikkan nomor rekening tujuan kita, dalam beberapa detik Flip akan menampilkan atas nama siapa nomor rekening tersebut. Jadi langsung terverifikasi gitu, apakah nomor rekening yang tuju udah bener apa belum.

Setelah mengisi nominal, lalu submit, kita akan diminta transfer senilai nominal transfer yang kita mau, DITAMBAH dengan kode unik dari Flip, yang nanti akan menjadi deposit kita, dan bisa dicairkan (kalo udah banyak  kali yaa).

Langkah selanjutnya? Kita transfer deh nominal tersebut ke rekening Flip.

Iya, jadi cara kerjanya Flip tu sebenernya sebagai perantara. Misal nih rekening kita BNIdan mau transfer ke BCA, maka kita disuruh transfer ke rekening BNI-nya Flip, lalu Flip akan mentransfer uang tersebut ke rekening tujuan kita, melalui rekening Flip yang BCA. Gituuu.

Terus udah deh. Kita tinggal nunggu dikasih bukti transfer sama Flip. Bukti Transfernya bisa di download gitu. Gak lama kok nunggunya, gak ada 10 menit.

Keren bangettt yaa? Pertama kali pakai Flip, saya beneran ter-WOW gituuu lho sama ide si Foundernya Flip ini. Masyaa Allah, kok pinter dan kreatif amaaaattt nangkep peluang yang sekaligus bisa jadi solusi bagi banyaakkk sekali orang.

Kemarin saya sempat baca-baca artikel tentang Flip. Ternyata di awal-awal perjalanan Flip, Flip sempat diminta BI untuk menutup layanannya, dan mengurus ijin resmi dulu di BI. Alhamdulillah sekarang mereka sudah mengantongi ijin resmi. Jadi gak perlu ragu ya, Insya Allah Flip aman 😊

Ohya, tambahan dikit. Maksimal transfer di hari yang sama melalui Flip hanya 5 juta rupiah yaa. Lebih dari itu, kena biaya 2.500 per transaksi, tapi maksimal 20 juta.

Jadi sekian yaaa cerita tentang aplikasi penolong bagi kita semua agar bisa menabung uang 6.500 rupiah. Hahaha. Selamat mencobaaa 😘
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature