Tips Tetap Hemat Saat Jajan di Luar

on
Senin, 03 September 2018
credit: Pixabay.com

Siapa yang hobi jajan di luar, cung??

*saya ngacung pertama* 😀

Jadi, kalau teman-teman perempuan lain sebagian pada bilang boros banget karna hobi belanja, saya beda. Soal belanja gak terlalu hobi. Yang dibeli ya yang emang lagi dibutuh aja. Jarang impulsif. Tapiii, borosnya di bagian makan. Hobi banget jajan :(

Kalau lagi bete atau suntuk juga gak perlu diajak traveling -- karna saya kurang suka traveling. Diajakin jajan aja udah seneng banget!

Tapi namanya jajan, meskipun kelihatannya dana yang dikeluarkan gak seberapa, tetep aja lhoo kalau dihitung dan diakumulasi, totalnya sering bikin shock. Karna memang beneran makan dana lumayan besar.

Kalo masih single sih gak masalah ya. Kenapa dulu saya waktu single malah gak bisa nabung sama sekali ya karna habis buat jajan ini. Hahaha.

Tapi kalau udah berumahtangga, dan palagi sudah punya anak, ya gak mungkin lah hobi jajan saya di pol-polin kayak dulu. Apa kabar masa depan kalau masih mau jajan terus?

Sejujurnya, untuk kondisi ekonomi kami (saya dan suami) saat ini, beberapa kali kami berwacana untuk stop jajan di luar. Demi biar bisa lebih hemat.

Tapi apakah berhasil?

Tentu saja tidak! 😂

Jatuhnya malah saya cranky kalo gak pernah jajan sama sekali.

Yasudah, akhirnya kami berdamai dengan diri sendiri. Saya dan mas suami memilih untuk meramu cara agar bisa tetap hemat saat jajan di luar. Karna kalau dipaksa gak jajan sama sekali malah stress kan buat apa?

Tips Tetap Hemat Saat Jajan di Luar

Yang harus diperhatikan adalah frekuensi. Iyalah, mau secanggih apapun tips hemat saat jajan di luar, kalau jajannya tiap hari ya tetep gak bakal bisa berfungsi lah! 😅
Saya dan mas suami sepakat, kami jajan maksimal sebulan dua kali. Tapi jajan dalam artian makan besar di tempat makan/warung/resto gitu ya. Bukan jajan remeh-temeh macam cilok, dll gitu.

Sebulan sekali itu udah miniiiimm banget, mengingat dulunya kami jajan di luar bisa seminggu tiga kali. Hahaha.

Nah langsung aja ya, tips pertama: pilih tempat makan yang menunya sesuai banget sama selera kita dan harganya bersahabat dengan dompet kita.

Gimana kalau harganya bersahabat tapi menunya gak sesuai selera? Jangan deh. Kan tujuan jajan biar seneng dan bahagia. Kalau gak sesuai selera, artinya gak bisa bikin hati seneng. Tujuan utama jajannya gak terpenuhi dong. Sia-sia.

Kalau menu sesuai selera tapi mahal? Ya jangan juga. Karna selesai jajan pasti bakal merasa bersalah. Karna kan ceritanya sedang harus hemat.

Nah, saya dan mas suami udah punya nih tempat makan yang menunya cocooookkk banget dengan selera kami, dan harganya bersahabat banget sama kantong.

Saya kasih bocoran ya, salah satu tempat jajan favorit kami adalah SS alias Spesial Sambal. Haha. Pecinta pedas kami sih 😊


Oke, cus tips kedua ya: Kalau jajannya berdua (entah sama teman, entah sama pasangan), usahakan jangan pesan menu yang sama. Biar apa? Biar bisa saling nyicip. Xixixixi. Gak bikin hemat banget sih. Tapi kan dengan dana yang sama, bisa mencicipi lebih banyak varian menu. Bandingkan dengan jika kita dan teman jajan kita pesan menu yang sama?!

Tips ketiga: Kombinasikan antara menu dengan harga 'agak mahal' dan yang murah.

Kalau saya biasanya gini: kalau lauknya udah agak 'wah', minumnya yang biasa aja. Es teh, atau mentok es jeruk.

Nah, sebaliknya... kalau lagi pengen minuman yang agak 'wah' macam jus-jusan gitu, ya ambil lauknya yang biasa macam telur gobal-gabul gitu. Xixixi. Yang sering ke SS pasti tau telur gobal-gabul.

Dengan cara itu, saya dan mas suami rata-rata hanya habis 50 ribuan lhooo tiap makan di SS. Menurut saya itu muraaahhh banget, karna bisa sekenyang itu! Kan SS nambah nasi gratis 😂 Sudah dapet lauk, sayur, sambal, kadang plus buah juga.

Jadi dompet gak jebol, perut kenyang, hati bahagia 😍

Kalau kalian punya tips hemat yang lain, boleh ditambahi di kolom komentar yaa! Saya lagi butuh macam-macam tips hemat saat jajan nih. Hehe.
5 komentar on "Tips Tetap Hemat Saat Jajan di Luar"
  1. Hahaha saya juga sering begitu mba. Pemilihan tempat memang pengaruh banget. Cuma saya juga senang kalau makanannya super enak meski agak mahal. Tapi dongkol banget kalau sudah mahal eh nggak enak pula. Berasa berat hati bayar billnya :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mbak, aku juga sesekali kalo lagi ada rizki lebih gitu juga sih, yg agak mahal tapi enak.

      Hapus
  2. Tips kedua memang juara.. hahaha. Aku sama teman kalau makan di luar tuh suka gitu. Pilih menu yang berbeda. Biar bisa nyicipin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, ini andalan banget buat yg suka penasaran sama banyak menu tapi budget pas-pasan ya mbak.

      Hapus
  3. sepakat mba kalau pergi bareng teman beli varian menu yang beda hahaha ini dari zaman sekolah sampe emak2 masih berlaku ya hidup jajan hemat :p

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature