Tips Mengelola Keuangan Rumah Tangga di Masa Pandemi

on
Rabu, 07 Oktober 2020
Melewati hampir delapan bulan masa pandemi covid-19, rasanya banyak sekali yang berubah. Rutinitas, kebiasaan, gaya hidup, termasuk dalam hal mengelola keuangan rumah tangga. Banyak jenis-jenis pengeluaran baru, sekaligus mengharuskan kita memangkas beberapa pengeluaran lain.
 

Dari segi pendapatan, Alhamdulillah saya pribadi tidak mengalami banyak perubahan. Karena saya bekerja di sebuah lembaga yang Alhamdulillah masih tetap bisa memenuhi gaji pegawainya seperti sediakala, dan tidak melakukan PHK di masa pandemi ini. Tapi bukan berarti saya bisa santai-santai dan tidak harus mengevaluasi pengelolaan keuangan dalam rumah tangga saya.

 

Kita nggak tahu kapan pandemi covid-19 ini akan berakhir. Kita semua pasti berharap keadaannya akan segera membaik. Tapi di sisi lain, kita juga harus siap jika sewaktu-waktu keadaannya justru semakin memburuk. Salah satu yang harus dilakukan adalah dengan mengelola keuangan rumah tangga, agar tetap bisa survive menghadapi segala kemungkinan di depan. 

 


 

Tips Mengelola Keuangan Rumah Tangga di Masa Pandemi

 

Berikut adalah beberapa tips mengelola keuangan yang beberapa bulan ini saya jalankan.

 

1. Mengurangi Pengeluaran yang Tidak Mendesak

 

 Kalau tidak bisa menambah penghasilan, maka cara alternatif yang paling efektif dan efisien adalah dengan mengurangi pengeluaran. Terutama pengeluaran yang tidak mendesak.

 

Misalnya dengan mengurangi pengeluaran di pos gaya hidup. Ngopinya kalau biasanya seminggu tiga kali, coba dikurangi dulu jadi seminggu sekali. Kalau ngopinya di kedai kopi kekinian, itu lumayan banget lho nominalnya.

 

Atau yang biasanya hobi coba-coba skincare, sekarang belinya yang beneran udah yakin cocok dan benar-benar dibutuhkan kulit aja.

 

2. Menganggarkan Pembelian Suplemen yang Menunjang Daya Tahan Tubuh

 

 Nah, anggaran daya hidup yang dipangkas itu, bisa dialihkan untuk suplemen untuk menunjang daya tahan tubuh. Apalagi untuk yang masih berativitas di luar rumah seperti saya. Rasanya mengandalkan makanan saja tidak cukup untuk kondisi seperti saat ini.


Baca juga: Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Era New Normal

 

3. Menganggarkan Bantuan Finansial Untuk Keluarga yang Terdampak Pandemi

 

Selain untuk membeli suplemen, penguragan anggaran yang tidak mendesak di atas juga bisa dipindahkan ke pos ini. Bagi yang masih memiliki penghasilan tetap, dan punya keluarga yang terdampak ekonominya karena pandemi covid-19 ini, jangan ragu untuk menganggarkan bantuan finansial untuk mereka ya.

 

Di kondisi seperti ini, saling membantu merupakan sebuah keharusan yang nggak bisa lagi diabaikan. Insyaa Allah akan diganti oleh Allah dengan rejeki yang jauh lebih baik, semoga salah satunya adalah kesehatan.


4. Dana Darurat, Apa Kabar?

 

Hayolooo, lagi-lagi soal dana darurat. Di saat mendesak seperti inilah dana darurat sangat terasa manfaatnya. Meskipun, kalau masih menerima penghasilan tetap, seharusnya sih dana darurat nggak perlu disenggol-senggol dulu yaa.

 

Bagi yang belum punya dana darurat sesuai persentase ideal, ayok semangat untuk tetap mengumpulkannya!


5. Berinvestasi

 

Emang bener ya. Waktu terbaik untuk berinvestasi adalah saat ini. Ya, saat ini. Bukan besok atau lusa.

 

Di masa pandemi ini, saya baru semakin sadar bahwa berinvestasi itu sangat penting. Nggak cukup hanya dengan menabung uang. Karna uang akan tergerus inflasi.

 

Sebelumnya saya selalu disibukkan dengan pertanyaan, investasi apa yang cocok untuk saya. Sampai akhirnya saya nggak kunjung berinvestasi. Hanya sibuk mencari info, tanpa praktek.

 

Di masa pandemi ini, akhirnya saya menemukan tipe investasi yang paling membuat hati saya nyaman dan cocok untuk saya. Jenis investasi yang saya pilih ini merupakan investasi dengan nominal yang sangat kecil. Insyaa Allah saya akan cerita di postingan berikutnya ya!

 

Semoga tips mengelola keuangan rumah tangga yang saya share di atas bermanfaat ya! Semoga kita bisa melewati pandemi covid-19 ini dengan kondisi keuangan yang tetap stabil dan aman terkendali. Aamiin.

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature