Review Sunscreen Skin Aqua Untuk Kulit Berjerawat

on
Kamis, 05 November 2020

Sunscreen adalah salah satu tahapan basic skincare yang paling akhir saya minati. Dulu saya kira sunscreen tidak sebegitu penting dalam memperbaiki kondisi kulit. Saya kira, manfaatnya hanya biar nggak gosong aja kulitnya, sedangkan saya merasa kulit saya nggak pernah gosong karena jarang sekali terpapar sinar matahari secara langsung, dalam waktu lama.


Setelah lebih banyak baca, saya jadi mulai paham, bahwa sunscreen justru tahapan yang sangat penting dalam skincare routine. Bahkan ada yang bilang, semua skincare yang kita pakai akan percuma jika kita nggak memakai sunscreen. Waduh, pantas saja selama ini skincare yang saya pakai terasa nggak ada efeknya.


Efek buruk dari tidak memakai sunscreen, mungkin nggak bisa dilihat dalam waktu dekat. Seringkali efeknya baru terasa saat usia kita sudah di atas 35 tahun. Dan saat sudah mulai terlihat, terlambat sudah untuk mencegah dan meperbaikinya pun akan jauh lebih sulit.

 

Memangnya apa saja sih efek buruk jika kita nggak rutin memakai sunscreen? Tiga di antaranya adalah:

1. Kulit menjadi belang, warna kulit tidak merata

2. Muncul flek hitam

3. Penuaan dini. Yes, salah satu penyebab utama penuaan dini adalah kulit yang sering terpapar sinar UV.

 

Setelah memiliki kesadaran tentang pentingnya memakai sunscreen, akhirnya saya mencari produk sunscreen yang sekiranya cocok untuk kulit saya, serta nyaman dipakai. Kenyamanan produk saat diaplikasikan ke kulit sangat penting khususnya untuk sunscreen, karena sunscreen harus sering di re-apply. Kalau nggak nyaman, misal susah menyerap, ada whitecast, dll, pasti akan jadi malas untuk sering re-apply.

 

Setelah membaca beberapa review produk sunscreen, akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada Skin Aqua yang varian UV Moisture Gel. Skin Aqua memiliki beberapa varian sunscreen. Karena kulit saya cenderung berjerawat atau acne prone, saya memilih varian UV Moisture Gel, yang diperuntukkan untuk kulit normal to oily dan water based formula.




Review Sunscreen Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++

 

Komposisi

 

Water,  Ethylhexyl Methoxycinnamate, Methylene Bis-benzotriazolyl Tetramethylbutylphenol, Cyclopentasiloxane, Glycerin, Ethylhexyl Triazone, Polysorbate 60, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Betaine, Phenoxyethanol, Ammonium Acryloydimethyllaurate, /VP Copolymer, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Hydrogenated Lecithin, Triethanolamine, Panthenol, Disodium EDTA, Methylparaben, Propylparaben, Sodium Hyaluronate, Dipotassium Glycrrhizate, Sodium Acetylated Hyaluronate, Arginine, Hydrolyzed Collagen, Tetrahexyldecyl Ascorbate, Tocopheryl Acetate.

Kemasan

 

 Skin Aqua dikemas dalam sebuah karton berwarna putih kombinasi biru, yang berisi informasi tentang komposisi, dan info-info lain terkait produk. Saya suka sekali dengan bentuk botolnya. Imut, travel friendly banget, dan kalau dimasukkan di dalam tas, tipe botolnya bukan yang mudah tergencet lalu bikin isi produknya keluar gitu. Mulut botolnya pun kecil, jadi sangat bisa mengontrol produk yang akan dikeluarkan mau seberapa banyak.


Masing-masing varian dibedakan dengan warna tutup botol yang berbeda. Untuk varian UV Moisture Gel, warna tutup botolnya hijau muda.


Tekstur

 



Tekstur dari Skin Aqua UV Moisture Gel adalah cream yang cenderung agak encer. Sempet ada teman saya yang baru pertama kali mencoba, langsung chatt saya, "ini skin aqua tuh memang encer ya?" -- hihi, dia takut teksturnya encer karena dapat produk palsu.

 

Klaim VS Impresi

 


 

Klaim

Improved Hyaluronic Acid & Collagen yang membantu melembutkan, melembabkan dan mempertahankan elastisitas kulit.

Impresi

Sesuai klaim sekali! Setelah memakai Skin Aqua UV moisture Gel, kulit rasanya jadi makin lembut dan lembab, tapi enggak berminyak. Soal mempertahankan elastisitas kulit, sepertinya butuh waktu jangka panjang untuk bisa membuktikannya ya.

Klaim

Vitamin B5, E dan C memberikan nutrisi kulit sehingga kulit tetap sehat dan lembut.

Impresi

Soal menutrisi kulit sih terlalu susah dibuktikan ya. Gimana cara membuktikannya? Ke lab gitu? Hehe.

Tapi so far, saya memang merasa kulit saya sedikit lebih sehat, meskipun menurut saya ini bukan peran tunggal dari Skin Aqua, melainkan dari kombinasi beberapa produk yang saya pakai.

Kalau jadi lebih lembut, iya sih memang.

Klaim

Oil free formula sehingga cocok untuk kulit berminyak.

Impresi

Salah satu yang membuat saya memutuskan untuk mencoba Skin Aqua, awalnya adalah saat saya mencari sunscreen yang oil free dan non-comedogenic. Dan Skin Aqua termasuk dalah satu yang ada di list sunscreen dengan karakteristik seperti itu.

Karena meski kulit wajah saya nggak tergolong berminyak banget (hanya kombinasi), tapi memilih yang oil free sepertinya akan jauh lebih aman. Dan Alhamdulillah, klaimnya sesuai sekali dengan impresi yang saya rasakan. Saat diaplikasikan ke kulit, Skin Aqua UV Moisture Gel ini terasa melembabkan, tapi nggak bikin kulit berminyak. Termasuk saat di re-apply setiap dua jam sekali.

Klaim

Lembut di kulit dan tidak lengket sehingga dapat digunakan setiap hari.

Impresi

Absolutely YES! Sama sekali nggak lengket. Setelah diaplikasikan ke kulit, meresapnya cepat sekali.

Klaim

Dapat digunakan sebagai dasar make up.

Impresi

Monmaap saya nggak pernah pakai make up, jadi nggak punya impresi atas klaim ini. Hehe.

Klaim

Tidak ada tambahan pewarna dan parfum.

Impresi

Yup. dari yang saya lihat, Skin Aqua UV Moisture Gel warna produknya plain putih aja gitu. Aromanya juga plain. Nggak ada aroma parfum sama sekali.

 

Yang paling saya suka dari Skin Aqua UV Moisture Gel sih selain cocok sama kulit saya dan enggak greasy meskipun sering re-apply, adalah harganya yang ramah untuk kantong saya. Nggak sampai 50 ribu. Ohya satu lagi, Skin Aqua UV moisture Gel ini nggak ada whitecast. Eh, ada, tapi dikiitt.


Kekurangannya? Kalau di Semarang, Skin Aqua ini masih agak susah dicari di toko-toko offline sih. Jadi harus beli online lewat marketplace.

 

Kalian sudah rajin re-apply sunscreen atau belum, hayooo?

22 komentar on "Review Sunscreen Skin Aqua Untuk Kulit Berjerawat"
  1. Sayaaaaa malas pake sunscreen, apa lagi reapply. Hihihi. Suka kesel sama rasa lengketnya itu, lho. Yang ini ntar dicoba deh, soalnya kulitku emang berminyak.

    BalasHapus
  2. Wah, sepertinya sunscreen Aqua ini memang direkomendasikan buat kulit cenderung berminyak dan yang berjerawat pun aman ya. Harganya berapa sih? AKu pengen coba deh. Sama, kulit wajahku juga berminyak kombinasi di daerah T. Kemasannya bagus ya ga bikin tumpah.

    BalasHapus
  3. Aku nih belum pernah pakai sunscreen. Sekarang karena udah gak muda lagi, kayanya memang kudu mulai pakai deh biar usia 30-an tetap kaya ABG

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah aku rutin pakai sunscreen gak pernah absen. Cuma suka gonta ganti sun screen buat nemuin yang paling cocok. Mau nyobain Skin Aqua ah apalagi ada varian UV Moisture Gel yang cocok buat kulit normal

    BalasHapus
  5. Aku pun menggunakan sunscreen setiap hari, walau di rumah pun pasti gak lupa pakai sunscreen tapi yang spf 30 kalau keluar pas sepedahan aku pasti pakai yang 50.

    BalasHapus
  6. Aku belum nyoba yg varian ini. Sebagai pemakai setia sunscreen kudu beli nih

    BalasHapus
  7. Kadang-kadang saya masih ada malasnya. Tetapi, kalau dibandingkan dulu lebih rajin, sih. Gak mau juga mengalami penuaan dini

    BalasHapus
  8. sama mbak aku juga dulu nyangka enggak penting banget pakai sunscreen eh lama lama kok wajah jadi gosong, akhirnya waktu kuliah di semarang, saya mulai pakai sunscreen deh.

    btw murah juga ya harga skin aqua, nanti coba saya cari di alfa terdekat kali ada

    BalasHapus
  9. Aku pakai juga mba yang skin aqua tapi yang warna biru untuk kulit normal kering. Selama ini sih rasakan kalau efektif lindungi wajah dr sinar matahari

    BalasHapus
  10. Biasanya kalo cocok sama skincare, salah satunya yang paling kerasa kulit lebih lembut dan kenyal ya mbk. Aku belum nyobain skincare Skin Aqua,ceki ceki dulu di onlineshop

    BalasHapus
  11. Aku masih bandel nih suka lupa pakai padahal sering jalan kaki, padahal penting banget untuk kesehatan kulit..soalnya kadang berminyak dan lengket kudu pintar pilih produk ya

    BalasHapus
  12. Duh, selama ini saya pakai sunscree kalau mau ke luar rumah aja. Kalau di rumah malah gak pernah pakai apa-apa. Padahal kulit wajah kita butuh perlindungan meski diam di rumah aja ya..

    BalasHapus
  13. saya sudah pernah coba sun screen aqua, enak di kulit :) saya sempet kagte pas dikeluarin yang keluar sejenis cairan bening, akhirnya tiap mau dikeluarin saya kocok kocok dulu hihi

    BalasHapus
  14. Owalah, jadi sunscreen tuh memang sepenting itu, yaaa? Duh, mana aku jarang banget pakai sunscreen, bahkan hampir nggak pernah sejak pandemi ini. Kudu tobat ini mah. Terima kasih review Sunscreen Skin Aqua nya, Mbak. Kayaknya ini bakal cocok di kulitku, deh.

    BalasHapus
  15. Teksturnya bikin nyaman di kulit yaa..
    Gak white cast juga ini penting loo..biar semakin cepet capcuuss~

    BalasHapus
  16. Aku belom pernah nih cobain sunscreen skin aqua, sebagai pemilik kulit berminyak sejujurnya memang agak berat kalo make sunscreen.. hehe. tapi kayanya skin aqua ini cocok deh untuk aku, nanti cobain aaah

    BalasHapus
  17. Ini sunscreeen terlovee setelah parasol mba. Adem banget dimuka n cocok juga. Mana harganya terjangkau pula. Tp di market place jarang nemu diskonannya akuu.

    BalasHapus
  18. wow, it can be used as a base for make-up, yes, this is a practical solution too. the product can have multiple benefits

    BalasHapus
  19. Nah sunscreen yang harga segini incaran banget nih..haha Karena umumnya harganya kan diatas 50 yak... Coba ah cari offline di sekitar sini...

    BalasHapus
  20. Sekarang ini skincare sangat menjamur dengan berbagai produk dan varian ya Mba, tinggal kita pilih yang sesuai dengan jenis wajah dan budget saja. Walau wajahku bukan type yang berjerawat tapi kayaknya recommended juga produk ini bagi mereka yang berjerawat ya Mba

    BalasHapus
  21. Anakku yang abg jerawatan nih selama pandemi. Rekomend buat usia 14 tshun gak ya? Kasian dia bete sama jerawat :D

    BalasHapus
  22. Aku jarang pakai sunscreen, Mba. Perlu aware dari sekarang nih untuk kesehatan kulit biar gak penuaan dini. Eh, kayanya udah deh. Huhu

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature