5 Alasan Tetap Ngeblog Meski Sudah Tidak Sesemangat Dulu

on
Selasa, 05 Juli 2022

 
alasan-tetap-ngeblog

 
Perjalanan ngeblog saya dimulai saat saya masih kuliah. Waktu itu motivasinya cuma satu: butuh tempat curhat! Haha.

 

Bukannya saya gak punya teman sebagai tempat curhat, ya. Punya, cuma saya bukan orang yang pintar mengutarakan perasaan melalui lisan. Tiap mau cerita secara lisan tuh sering blank duluan, dan jadi malah gak nyampe 'point'-nya.

 

Nah, beda dengan saat saya bercerita lewat tulisan. Rasanya saya lebih bisa menggambarkan dengan baik apa yang sebenarnya ingin saya sampaikan. Lebih plong juga di hati.

 

Jaman itu, kalau gak salah sekitar tahun 2010-an, rasanya bukan cuma saya yang punya motivasi serupa saat ngeblog. Karena saat itu saya masih banyak sekali nemuin postingan blog yang isinya curahan hati gitu. Jujur aku suka banget sih baca tulisan yang isinya insight tentang kehidupan semacam itu.

 

Tapi namanya juga hidup ya. Berputar. Jaman berubah silih berganti. Begitupun dengan trend ngeblog.

 

Blog yang tadinya isinya cenderung lebih banyak tentang kehidupan sehari-hari, curahan pikiran dan perasaan, berubah perlahan ke tema-tema review produk, pengalaman mengurus ini-itu, dll.

 

Saya pun juga pelan-pelan gak ketinggalan untuk mengikuti trend tersebut. Hanya saja, saya ternyata gak bisa mengingkari bahwa dorongan hati saya untuk ngeblog ini sebenarnya bukan untuk itu. Karenanya, lama kelamaan semangat ngeblog saya pun terjun perlahan-lahan. Hiks.

 

Bahkan sempat kepikiran, apa udahan aja yaaa ngeblognya, berhenti sama sekali aja. Tapi kok masih ada rasa gak rela. Tapi kenapa harus gak rela yaa, padahal udah hampir gak ada semangat untuk ngeblog lagi?

 

Setelah saya renungkan, ternyata ada 5 alasan ini yang bikin saya tetap berusaha ngeblog meski sudah gak sesemangat dulu.

 

1. Sayang Udah Bayar Domain

 

Ini alasan paling utama. Sayang banget udah keluar uang tiap tahun buat perpanjang domain. Apalagi saya punya dua domain berbayar. Blog ini dan sanirosa.com (akhir-akhir ini yang lebih sering update malah yang sanirosa.com).

 

Mau gak diperpanjang kok ya juga belum rela. Banyak kenangan dengan dua nama domain ini soalnya.

 

Jadi mau gak mau, meski sudah gak sesemangat dulu, ya tetap berusaha diisi sekali waktu.

 

2. Mendapat Banyak Teman Baru dari Ngeblog

 

 Enggak banyak juga sih sebenarnya, wkwkw. Karena saya bukan tipe yang mudah dekat atau berteman dengan orang baru.

 

Tapi saya punya beberapa teman yang awalnya kenal dari ngeblog. Dan berhenti ngeblog itu seolah rasanya seperti memutus tali pertemanan itu. Padahal ya enggak juga sih. Cuma gak rela aja jalan saya kenal mereka, saya tinggalkan begitu saja.


3. Sarana Aktualisasi Diri

 

Seperti yang saya bilang di atas, saya lebih suka mengungkapkan apa yang saya pikirkan dan rasakan melalui tulisan. Dan sarana untuk bisa menuangkan tulisan bagi saya adalah sebuah sarana aktualisasi diri bagi saya. 


4. Rekam Jejak Perjalanan Hidup

 

Sebenarnya ini yang paling membuat saya gak rela meninggalkan ngeblog.

 

Kalau sedang senggang, saya sering membaca tulisan-tulisan saya beberapa tahun silam. Dan saya merasa takjub sendiri. Karena melalui tulisan saya di masa lampau itu, saya jadi tau ternyata saya bertumbuh sebagai manusia dari hari ke hari.

 

Saya jadi bisa flashback pernah mengalami kejadian apa saja, pernah kepikiran tentang apa saja, dll.

 

Coba kalau saya gak nulis di blog, mana bisa saya membaca kembali pikiran saya di beberapa tahun silam. 


5. Jalan Rejeki

 

Ini bonus sih sebenarnya. Dan kalau udah gak istiqomah ngeblog mah gak terlalu ngarep untuk dapat job dari ngeblog.

 

Tapi saya senang pernah melewati masa saat blog menjadi salah satu jalan rejeki buat saya. Dan saya ingin tetap merawat jalan rejeki ini sampai entah kapan, semampu saya.


Adakah yang sama seperti saya, udah gak semangat ngeblog tapi tetap gak rela meninggalkan dunia bloging?

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature