ads

5 Resep Lezat dan Sederhana yang Bisa dibuat Bareng Anak selama #dirumahaja

on
Senin, 20 April 2020
Pandemi Covid-19 yang sedang melanda banyak negara, tidak terkecuali Indonesia, membawa banyak cerita. Selain didominasi oleh cerita-cerita menyayat hati tentang perjuangan para tenaga kesehatan yang jatuh bangun menangani banyaknya pasien, tentang kurangnya APD, dan banyaknya orang dermawan yang akhirnya berlomba-lomba membantu, dan banyak sekali cerita lainnya.

Selain hal-hal memilukan di atas, ada juga cerita tentang ibu-ibu dan bapak-bapak yang punya tugas dan kegiatan baru sejak ada himauan untuk #dirumahaja. Yang sehari-hari memang sudah jadi stay at home mom, mendadak punya tugas baru menjadi guru kelas setelah anak-anak diharuskan belajar di rumah. Yang sehari-hari biasanya menjadi working mom, mendadak mencicipi menjadi stay at home mom, beserta segala macam penyesuaiannya.

Yang biasanya ketemu anak cuma sore sampai malam, tiba-tiba harus bersama 24 jam. Bukannya nggak seneng ya, tapi tetep aja gagap. Sehari-dua hari sih mungkin masih oke. Lha kalau sudah masuk minggu ketiga gini kan bener-bener harus mutar otak untuk mengajak anak berkegiatan, supaya tetap seru dan nggak bosan meski hanya di rumah terus-terusan.

Kalau anaknya udah sekolah mungkin ada tugas-tugas dari guru di sekolahnya, yang bisa dijadikan untuk mengisi waktu di rumah ya. Nah yang bener-bener harus kreatif tuh yang anaknya masih balita dan belum sekolah seperti saya. Setelah mencari ide sana-sini, akhirnya saya mendapatkan ide kegiatan bermanfaat dan seru bareng anak. Yaitu, memasak bareng!

Jadi, sekali mendayung, dua-tiga pulau terlampaui. Pertama, bisa menyajikan makanan yang lezat tapi cara masaknya sederhana. Kedua, anak bisa punya kegiatan sekaligus bisa jadi sarana stimulasi motoriknya.

Kalau dipikir-pikir, banyak juga kan sebenernya hikmah baik dari pandemi ini. Semoga after Covid-19, kita semua menjadi pribadi yang jauh lebih oke ya. Para ibu menjadi lebih kreatif dan pandai manajemen waktu. Kedekatan dengan anak semakin terbangun, dan keharmonisan rumah tangga semakin baik. Aamiin.

Nah, apa saja sih menu lezat dan sederhana yang bisa kita masak bareng anak selama #dirumahaja ?

1. Stik Kentang-Keju

Ini cemilan super gampang, dan hampir semua anak suka. Sayang gak sempet difoto yang proper kemarin pas bikin. Udah keburu ludeeesss.

Bahannya:

Kentang (yang direbus)
Parutan keju
Tepung Maizena
Garam
Oregano (atau seledri)

Campur semua bahan, lalu bentuk jadi stik, kemudian goreng. Nah, beri anak tugas ngupas kentang setelah direbus. Selama dia ngupas, kita bisa ngerjain yang lain dulu, karna pasti akan lamaaaa sekali, hihi. Tugas kedua, bisa juga ajak anak gelindingin adonan untuk jadi stik. Kan udah sama dengan mainan sensori tuh, hehe.

Timbangannya bener-bener se-pasnya aja ya, sampai adonan kalis dan bisa dibentuk.

2. Pie Susu Teflon

Ini saya kasih resep pie susu dari Mbak Dian Pelangi yang sempet bikin semua orang tiba-tiba bikin pie susu yaa. Hihi. Tapi saya belum sempat bikin sendiri sih yang ini, hehe.

Bahan:

Kulit:

200 gr terigu
1 butir telur
5 sdm mentega
2 sdm SKM

Uleni adonan sampe kalis, ratakan di teflon, tusuk-tusuk dengan garpu permukaannya.

Filling:
2 butir telur
150 ml air
2 sdm maizena
15 sdm SKM

Aduk semua, tuang ke kulit yang sudah diratakan di teflon. Letakkan di atas api kecil, dan ditutup. Tunggu sampai filling set.

Terus anak dikasih tugas ngapain nih? Suruh bantu tuang-tuang bahan ke mangkok, aduk-aduk, atau kalao perlu nguleni, mak. Wah, pasti seneng banget tuh mereka.

3. Churros

resep-churros


Huaa, saya terharu banget ada cemilan super lezat dan super sederhana bikinnya seperti churros ini. Cobain mak, gak bakal nyesel dan anti gagal. Saya kasih resep dari Channel Youtube-nya Puguh Kristanto Kitchen yaa.

Bahan:

125 ml Air
50 Gram Mentega
75 Gram Tepung Terigu
1 Sachet Kental Manis Plain
2 Butir Telur

Bahan cocolan:
Coklat yang dilelehkan dengan susu UHT dan mentega
Atau bisa juga cuma ditaburi gula castor

Cara membuat:
Lelehkan mentega ke dalam air yang diletakkan di atas api. Setelah mentega meleleh semua, masukkan terigu dan aduk dengan cepat sampe tercampur semua dan kalis, lalu matikan api. Aduk-aduk adonan sampe dingin, kemudian masukkan kental manis dan telur. Aduk lagi sampe tercampur rata. Masukkan adonan ke dalam piping bag atau plastik biasa juga boleh. Kasih spuit di ujungnya, keluarkan adonan ke dalam minyak yang sudah panas. Apinya sedang aja ya.

Saat bikin churros ini, anak paling cuma bisa disuruh bantu nuang-nuang sih. Atau bisa juga disuruh latihan memecahkan telur. Tapi harus siap kalau akhirnya telurnya diremes sampa dia, hihi.

4. Brown Sugar Boba

Siapa yang penggemar boba hayooo? Karna lagi #dirumahaja dan mall pada tutup, yaudah bikin aja! Gampang banget kok. Budget segelas boba di mall bisa jadi buat serumah kalau bikin sendiri. Hehe. Saya kemarin bikin, tapi lagi-lagi, gak sempet foto yang proper. Di story-in doang.

Resep berikut saya dapat dari akun Ig @kinarahasan yaa

Bahan:

200 gr tepung tapioka
1 bks nuttrijell coklat
2 sdm palm sugar
Kurleb 150 ml air panas (secukupnya sampe adonan kalis)
gula merah (sesuai selera)

Cara Membuat:

Campurkan adonan tepung, jelly dan gula. Aduk sampai rata, setelah itu kasih air panas sedikit demi sedikit dan aduk sampai kalis. Kalau sudah kalis adonan siap di bentuk. Nah, ajak anak untuk ikut membentuk adonan menjadi bulatan kecil-kecil boba. Dia pasti semangat banget.

Ohya, biar bulatannya gak saling lengket satu sama lain, masukkan bulatan-bulatan adonan ke dalam tepung tapioka ya. Setelah selesai semua, masukkan bulatan-bulatan tersebut ke dalam air yang sudah mendidih. Angkat setelah kurang lebih 8 menit.

Setelah bulatan biba diangkat dan ditiriskan, masak gula merah dan air. Tunggu sampai gula merah hampir mendidih, kemudian masukkan bobanya, aduk-aduk sampai gula merah mengental. Jadi deh! Siap diminum pake susu UHT.

5. Dalgona Coffee


dalgona-coffee


Ini sih kayaknya semua orang udah nyoba bikin ya. Sampai kopi nescafe kosong di mana-mana. Wkwkwk. The power of socmed!

Resepnya?

Cuma kopi, gula, air. Takarannya beragam sekalii, silakan cari di instagram karna sudah terlalu banyak, hihi.

Terus anak disuruh ngapain?

Suruh ngaduk dong, wkwkwkwk. Pake saringan kawat ya, biar gak lama-lama amat, kasian nanti tangannya gempor. Gantian sama emaknya juga boleh. Hihi.

Meski tampaknya cuma aduk-mengaduk, ngupas, nuang, jangan dikira nggak ada manfaatnya lho. Untuk anak usia balita, kegiatan-kegiatan sederhana semacam itu punya banyak sekali manfaat. Di antaranya, melatih koordinasi mata dan tangan, melatih motorik halus, dll.

Jadi, nggak ada alasan untuk mati gaya yaaa selama #dirumahaja. Masak bareng anak yuk :)
2 komentar on "5 Resep Lezat dan Sederhana yang Bisa dibuat Bareng Anak selama #dirumahaja"
  1. After covid-19 tambah pinter masak. Yeay!

    BalasHapus
  2. Wah mba aku pengen banget bikin Dalgona Coffee kayanya seger banget ya untuk buka puasa

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature