ads

Review Zalfa Miracle Acne Series

on
Jumat, 17 April 2020
Beberapa tahun lalu sempat ada campaign besar-besaran dari salah satu brand skincare baru yang bernama Zalfa Miracle. Sayangnya, saat itu saya bukan termasuk salah satu blogger yang berpartisipasi dalam campaign tersebut. Hehe. Tapi saking banyaknya blogger yang ikut serta, otomatis saya jadi membaca beberapa review tentang Zalfa, dan membuat Zalfa Miracle cukup melekat di benak saya.

Beberapa tahun setelahnya, saat saya tiba-tiba dilanda masalah jerawat tak berkesudahan dan membuat saya mulai berpikir untuk memakai skincare dengan lebih baik, saya beberapa kali melirik Zalfa Miracle. Tapi maju-mundur. Saya berusaha meyakinkan diri dulu -- salah satunya dengan sering kepo-in akun IG Officialnya mereka, lalu nyari-nyari review independennya. Nah, ketika mencari review Zalfa Miracle, ketemunya ya artikenyatemen-temen Blogger yang saat itu ikut campaign-nya beberapa tahun lalu. Nyari yang bener-bener independen susah. Ada sih, tapi gak banyak. Di Female Daily dan Soco pun belum ada satu pun review produknya Zalfa Miracle. Padahal saya tipe yang harus baca sebanyak mungkin review dulu sebelum mencoba sebuah produk.

Hingga suatu hari, saat sedang ngulik akun IG Official Zalfa untuk kesekianpuluh kalinya, saya akhirnya ketemu sama akun IG pribadi dari ownernya Zalfa Miracle. Dan saya seperti 'jatuh cinta' pada beliau. Beliau pribadi yang membuat saya sangat simpati. Dan hal itu bikin keyakinan saya untuk nyoba produk Zalfa Miracle meningkat hampir 75%. Hihi. Iya, saya memang sesubjektif itu.

review-zalfa-miracle-acne-series


Long story short, akhirnya saya mantap untuk mencoba produk Zalfa Miracle yang Acne Series. Pertama kali beli, saya beli Acne series (Day cream dan night cream) tanpa facewashnya. Facewashnya saya minta diganti dengan cleansing milk, karna saat itu saya masih punya stok facewash dari Hadalabo dan Erhalogy. Di pembelian kedua, baru deh saya beli serangkaian Acne Series yang terdiri dari Day cream, night cream plus facewash.

Saya akan review satu persatu ya day cream, night cream, facewash dan cleansing milknya.

Note: Saya pakai Zalfa Miracle ini sudah beberapa bulan yang lalu, dan saat ini semua produknya sudah habis tak bersisa. Jadi saya nggak bisa ngasih lihat foto tekstur produknya, karna dulu kelupaan moto-in. Hihi.


Day Cream Acne Series Zalfa Miracle

Komposisi:

Aqua, ethyhexyl, methoxycinnamate, butyl methoxydibenzoylmethane, benzophenone-3, butylene glycol, phospholipids, phenoxyethanol, PEG-6, stearate, PEG-32 stearate, cetyl alcohol, cyclodextrin, melaeuca alternifolia oil, isostearyl isosstearate, propylene glycol, aloe barbadensis leaf extract, dimethicone, dimethysilanol hyaluronate, sodium methylparaben, propylparaben, glycerin, titanium dioxide, ethylhexylglycerin, allantoin, disodium EDTA, BHT.

Kemasan:

Day cream maupun night cream Zalfa Miracle semua series berbentu jar dari kaca yang cukup tebal. Nggak ada sendok spatulanya, jadi harus dicolek saat mau dipakai. Day cream dan night creamnya juga dilengkapi dengan box karton, yang dilengkapi dengan keterangan komposisi, label halal, nomor BPOM, dll. Jadi jelas Zalfa Miracle bukan skincare abal-abal, Insya Allah.

Tekstur:

Day Cream Acne Series Zalfa Miracle berupa cream yang dengan tekstur sangat kental bewarna putih bersih. Aromanya tipis-tipis, enggak mengganggu, tapi juga gak bisa dibilang enak.

Klaim:

Perawatan kulit mengatasi masalah pada kulit berjerawat dengan kandungan aktif tea tree oilnya yang mencegah timbulnya jerawat. Juga kandungan UV Protector yang melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari UVA dan UVB, serta dipadu dengan witch hazelnya yang meminimalisir pori-pori.

Day cream Zalfa Miracle Acne Series ini saat dipakai cukup bikin lembab, agak terasa greasy, tapi bisa dimaafkan. Dia nggak punya efek tone up. Meski meng-klaim bisa melindungi kulit dari sinar UV, rasanya tetap harus pakai sunscreen setelahnya. Karna pemakaian sunscreen yang efektif harus sesuai takaran, sedangkan saat pakai Day Cream Zalfa Miracle ini rasanya nggak mungkin kita pakai sesuai takaran sunscreen, karna pasti akan terasa sangat greasy. Jadi mending pakai day cream secukupnya, lalu ditumpuk dengan sunscreen setelahnya.

Day Cream Zalfa Miracle ini memiliki kandungan tea tree oil yang dikenal sebagai bahan yang mampu mengatasi masalah jerawat, dan aloe vera yang bisa menenangkan kulit. Selain itu, ada juga kandungan Witch hazel yang bisa memberikan kelembaban pada kulit dan membuat kulit terasa lebih lembut.

Sayangnya, dia masih ada kandungan satu jenis kandungan paraben (methyl dan propyl paraben), serta ada kandungan PEG (Polyethylene Glycol). Saya bukannya tim yang harus semua-mua organik gitu sih. Cuma sebagai brand skincare yang memproklamirkan diri sebagai produk dengan bahan-bahan natural, tadinya saya pikir Zalfa Miracle sudah paraben free.

Night Cream Acne Series Zalfa Miracle

Komposisi:

Aqua, PEG-6 Stearate, PEG-32 Stearate, CEtyl Alcohol, Cyclodextrin, Melaleuca Alternifolia Oil, Niacinamide, Glycerin, Glycine Soja Seed Extract, Dimethicone, Hamamelis Virginiana Distillate, Propylene Glycol, DMDM Hydantoin, Allantoin, Methylparaben, Propylparaben, BHT, Disodium EDTA.

Kemasan:

Sama persis dengan Day Creamnya.

Tekstur:

Night cream Acne Series dari Zalfa Miracle in memiliki tekstur cream yang lebih creamy dibanding day creamnya. Saya ragu sih itu bener atau enggak istilahnya. Pokoknya enggak 'seberat' teksturnya si day cream. Warnya juga enggak seputih day cream. Putih tulang gitu.

Klaim:

Perawatan untuk menuntaskan masalah kulit berjerawat secara maksimal. bahan aktif alaminya tuntas bersihkan jerawat dan noda bekas jerawat, komedo dan sel kulit mati, serta efektif kurangi produksi minyak di wajah.

Night cream Acne series dari Zalfa Miracle ini memiliki aroma khas cream khusus untuk jerawat gitu. Saya nggak tau sih itu aroma yang ditimbulkan oleh bahan yang mana. Saat dipakai, meninggalkan rasa greasy yang cukup lama, tapi jujur aja saya nggak terganggu. Pagi hari setelah malamnya pakai night cream dari Zalfa ini, kulit terasa lebih lembut, kenyal dan lebih cerah. Mungkin itu efek dari niacinemide yang terkandung dalam night cream ini, yang terkenal sebagai bahan yang punya banyak manfaat, di antaranya mencerahkan, menyamarkan noda hitam, meningkatkan elastisitas kulit, dll.

Tapi -- lagi-lagi --, night cream dari Zalfa Miracle ini mengandung bahan-bahan yang menurut saya nggak sesuai dengan brnading natural skincare yang dibangun oleh Zalfa miracle.

Cleansing Milk Zalfa Miracle

Komposisi:

Aqua, Polysorbate 80, Propylene Glycol, Xantan Gum, DMDM Hydantoin, Mineral Oil, Stearic Acid, Glyceryl Stearate, Cetyl Alcohol, PEG-75 Stearate, Ceteth-20, Steareth-20, Triethanolamine, Allantoin, Methylparaben, Propylparaben, Fragrance

Kemasan:

Dikemas dalam sebuah botol berbahan platik, berwarna putih, dan dilengkapi dengan pump.

Tekstur:

Sebagaimana namanya, teksturnya seperti cleansing milk pada umumnya, berwarna putih.

Klaim:

Dibuat dengan bahan-bahan yang khusus diformulasikan untuk mengangkat kotoran dan sisa make up hingga pori-pori terkecil. Efektif membersihkan komedo yang menyumbat pori-pori wajah.

Kesan pertama saat memakai cleansing milk ini adalah aromanya. Menurut saya pribadi, aromanya kurang enak dan agak menganggu. Untuk daya angkat kotorannya, menurut saya sih cukup bagus, untuk ukuran saya yang nggak pernah pakai make up lho ya. Jadi sekedar membersihkan kotoran karna seharian beraktivitas di luar aja. Kalo untuk make up tebal, saya nggak tau karna belum pernah membuktikannya sendiri.

Untuk klaim bisa membersihkan komedo, menurut saya so-so aja sih. Iya memang komedo jadi agak berkurang. Tapi saya percaya komedo nggak akan bisa diatasi hanya oleh satu produk. Pasti dibutuhkan beberapa produk yang saling mendukung.

Facial Wash Acne Series Zalfa Miracle

Komposisi:

Aqua, SLS, Propylene Glycol, Cocmide Dea, Cocamidopropyl Betaine, Hamamelis Virginia Leaf Extract, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Cyclodextrin, Melaleuca Alternifolia Oil, Glycerin, EpilobiumAngustifolium Extract, Phenoxyethanol, Sodium Metabisulfite, Sodium Chloride, Glycolic Acid, Fragrance, Disodium EDTA, Methylparaben, Propylparaben.

Kemasan:

Sama dengan Cleansing milknya.

Tekstur:

Facial Wash Acne Series Zalfa berbentuk cairan agak kental transparan, berwarna jingga. Baunya oke-oke aja sih, nggak ganggu tapi juga nggak bisa dibilang enak. Hehe.

Klaim:

Diperkaya dengan ekstrak aloe vera dan beberapa bahan lainnya, Zalfa Miracle Facial Wash efektif digunakan untuk membersihkan wajah anda dan memberikan efek segar pada wajah.

Yang saya syukuri dari facial wash ini adalah efek setelah dipakai yang enggak menyebabkan wajah terasa tertarik dan kering. Padahal, di komposisi tertera SLS di urutan kedua. Wow. Saya agak serem sih jujur aja ketika melihat SLS. Karna SLS konon bisa membuat wajah kering, dan jika dipakai oleh wajah yang punya masalah dehidrasi, bisa membuat kondisi wajah memburuk.

Tapi, Alhamdulillah itu nggak terjadi saat saya memakai facial wash dari Zalfa ini. Cuma setelah pakai facial wash ini, memang harus buru-buru lanjut ke step skincare berikutnya (hydrating toner), biar nggak terasa kering.

Impresi Secara Keseluruhan Terhadap Produk Acne Series Zalfa Miracle

Saat mulai memakai serangkaian Acne Series dari Zalfa Miracle ini, kondisi wajah saya sedang cukup parah. Ada beberapa jerawat meradang di kening dan dagu, yang bandel sekali. Setelah mulai memakai Zalfa, kondisi wajah saya pelan-pelan mulai membaik. Saat habis paket yang pertama, jerawat meradang sudah hampir hilang, hingga akhirnya saya lanjut ke paket kedua, dan Alhamdulillah jerawat meradang sudah hilang. Tinggal bekasnya.

Jadi, meski ada beberapa ketidaknyamanan yang saya rasakan, terutama di bagian aroma cleansing milk, saya cukup puas dengan produk Zalfa Miracle ini.

Tapi pada akhirnya saya memutuskan untuk nggak lanjut pakai Zalfa Miracle lagi. Kenapa?

Ada satu alasan terkuatnya, yaitu berkaitan dengan sistem penjualan Zalfa. Seperti beberapa paketan skincare dari brand lokal lainnya, Zalfa Miracle punya kebijakan tentang harga yang lebih murah saat kita beli satu paket, dibanding dengan saat kita beli satuan. Nah tapi, kok selisihnya banyak bangettt, hiks. Jadi kalo beli satuan, harga day cream dan night cream masing-masing adalah 105 ribu, sedangkan facial wash dan cleansing milk masing-masing 45 ribu. Sedangkan kalo belia sepaket (Day cream+night cream+facial wash/cleansing milk) harganya 195 ribu. Jauh banget kan?

Padahal, 3 produk itu kan nggak selalu habis bersamaan. Masa harus selalu beli sepaket demi harga yang lebih ekonomis? Huhu.

Alasan kedua kenapa enggak repurcahe setelah habis dua paket dan padahal cocok adalah karna saya tergoda nyobain local brand lain yang punya komposisi yang lebih menggoda :)

Sekian review panjang saya. Semoga bermanfaat yaaa!
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, tinggalkan kesanmu ya :)

Signature

Signature